10 Bahan Baju Olahraga yang Menyerap Keringat dan Tips Memilihnya

Bahan baju olahraga yang menyerap keringat dirasa sangat penting untuk menawarkan rasa nyaman dan kinerja optimal saat berolahraga. Ketika melakukan aktivitas yang mengandalkan fisik, tubuh kita akan mengeluarkan keringat supaya suhu tubuh tetap aman.

Namun, jika pakaian yang kita kenakan tidak mampu menyerap keringat dengan baik, maka akan membuat kita merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Spesial di artikel ini kami akan bahas ragam jenis bahan baju olahraga yang bisa menyerap keringat serta tips memilihnya.

Apa Saja Bahan Baju Olahraga yang Menyerap Keringat?

apa saja bahan baju olahraga menyerap keringat

Di bawah ini ada banyak jenis bahan yang cocok digunakan dalam produk baju olahraga: Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing individu

1. Bahan Spandex

Spandex terbuat dari serat sintetis yang punya sifat elastisitasnya yang tinggi. Bahan ini dapat meregang hingga 7 kali lipat dari ukuran aslinya. Bisa kembali ke bentuk semula tanpa khawatir akan mengalami kerusakan secara permanen.

Bila dipakai saat melakukan olahraga, spandex akan menawarkan rasa fleksibel yang akurat. Hal ini memungkinkan orang untuk melakukan banyak gerakan yang lebih dinamis dan kompleks. 

Tidak hanya itu, bahan spandex juga memberikan kenyamanan ekstra dan dapat membantu mengurangi risiko cedera saat berolahraga.

Akan tetapi, tingkat elastis pada spandex juga dapat menyusut bila terkena panas. Penggunaan spandex dalam pakaian olahraga harus diimbangi dengan bahan lain yang juga memiliki sifat menyerap keringat yang baik.

Baca Juga: Memulai Olahraga Lari dengan Baju Lari Pilihan

2. Bahan Polyester

Polyester terdiri dari 100% serat sintetis yang sering digunakan dalam produk pakaian dengan bahan dryfit. Meskipun mudah kusut, kain ini juga tahan lama, ringan, dan mudah dirawat. Bahan polyester juga tahan terhadap sinar UV, cocok digunakan dalam olahraga luar ruangan.

Selain itu, polyester memiliki kemampuan untuk mempertahankan bentuk dan warna yang sama meskipun sudah sering dipakai. Pakaian olahraga yang terbuat dari bahan polyester jadi bisa terlihat fresh dan baru.

@tshirtbarid

Custom fullprint terlengkap hanya di Tshirtbar. Kamu bisa wujudin desain impian mu mulai di pakaian formal dan non formal sampai barang favorit mu loh.. Hasil berkualitas premium gak akan buat kamu nyesel!! #fyp

♬ –

 

Jenis polyester seperti dryfit sangat cocok dipakai untuk berbagai jenis cabang olahraga. Selain itu juga bisa custom desain lewat cara DTF, Polyflex, dan Sublim. Ketiga metode ini bisa menggunakan tipe desain berbeda sesuai kebutuhan

3. Bahan Katun

Katun adalah bahan serat alami yang terbuat dari kapas. Keunggulan dari bahan ini adalah memiliki sifat yang ringan, mampu menyerap keringat dengan baik, dan nyaman dipakai. Selain itu, katun juga memiliki kelebihan tahan lama dan mudah dirawat.

Bahan ini juga punya sirkulasi udara yang baik, sehingga orang tetap merasa adem saat berolahraga. Jenis bahan tersebut juga cocok untuk digunakan dalam olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang, seperti yoga atau jalan santai.

Kelemahan utama dari bahan katun adalah keringat bisa tembus pandang. Bahan katun juga kurang elastis. Hal ini menyebabkan bahan katun kurang cocok untuk digunakan pada kegiatan olahraga yang memerlukan gerakan lebih dinamis dan kompleks.

4. Bahan Diadora

Jenis kain ini memiliki karakteristik berupa kilatan ketika terkena sinar matahari, serta memiliki perbedaan tampilan antara bagian luar dan dalamnya. Kain ini sering digunakan sebagai bahan untuk pakaian olahraga karena memiliki ketebalan yang cukup dan tidak transparan.

5. Bahan Nilon

Nilon adalah salah satu jenis kain serat sintetis. Bahan ini tahan lama, ringan, dan memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik. Bahan nilon juga tahan terhadap kerusakan akibat sinar UV, sehingga cocok digunakan dalam olahraga luar ruangan.

Memakai baju nilon pada saat berolahraga dapat menjaga kenyamanan tubuh dengan cara menyerap keringat dari kulit, lalu menguap ke permukaan pakaian. Selain itu, bahan nilon juga dikenal tahan terhadap kerusakan dan sobekan yang mungkin terjadi akibat gerakan tubuh yang dinamis selama olahraga.

6. Bahan Dry-Fit

Bahan dry-fit merupakan bahan yang digunakan dalam pakaian olahraga dengan teknologi khusus yang bertujuan untuk mengatur suhu tubuh kamu. Dry-fit terbuat dari campuran polyester, spandex, dan nylon. Bahan ini memiliki tekstur yang padat tetapi fleksibel sehingga dapat mengikuti bentuk tubuh. Perpaduan bahan-bahannya memungkinkan penyerapan kelembaban air, lalu mengeluarkannya dalam bentuk uap. 

Proses tersebut dikenal juga sebagai wicking. Salah satu keunikan dari teknologi dry-fit adalah adanya saluran ventilasi tiga dimensi yang meningkatkan sirkulasi udara di daerah sekitar kulit. Pengaturan suhu tubuh yang baik ini juga membantu tubuh untuk mengatur pengeluaran keringat dengan baik.

7. Bahan Cotton Bamboo

Kain jenis cotton bamboo telah menjadi populer di kalangan bahan kaos olahraga beberapa tahun terakhir karena memiliki kelebihan yakni nyaman dan segar pada kulit. Bahan ini memiliki tekstur yang lembut, memberikan rasa sejuk, dan sangat cocok digunakan untuk aktivitas di bawah sinar matahari. Bahkan beberapa orang menganggap kelembutan cotton bamboo setara dengan wol Cashmere!

Kemampuan cotton bamboo untuk menyerap kelembaban dengan baik dan menjaga tubuh tetap sejuk membuatnya cocok untuk aktivitas olahraga di luar ruangan. Tak hanya itu, bambu juga mengandung zat alami “penny quinone” yang tidak disukai oleh bakteri atau serangga.

8. Bahan Cotton Combed

Bahan kaos katun combed ini sangat populer sebab nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun sebagai bahan baju olahraga. Bahan ini terbuat dari 100% serat kapas, sehingga membuatnya mudah menyerap keringat dengan sangat baik. Cotton combed mempunyai beberapa opsi ketebalan, mulai dari 20s, 24s, hingga 30s. Untuk kegiatan olahraga, kamu disarankan menggunakan ketebalan 30s karena bahan yang lebih tipis, memberikan sensasi sejuk, halus, serta nyaman.

9. Bahan Neoprene

Neoprene adalah salah satu bahan sintetis yang memiliki ketebalan paling besar di antara semua bahan baju olahraga yang sudah disebutkan sebelumnya. Teksturnya menyerupai busa serta berfungsi sebagai isolator, dan juga memiliki sifat yang sangat tahan air sehingga mudah kering. Bahan neoprene ini secara khusus dipakai untuk kegiatan olahraga air.

10. Bahan Hyget

Bahan hyget kerapkali dipakai untuk kaos partai dan bahan pakaian olahraga. Jenis bahan ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan kaos lainnya. Bahan hyget ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu hyget tipis, hyget sedang, serta hyget tebal. Karakteristik dari bahan ini juga cenderung mengkilap dan kurang memiliki daya serap yang baik.

Baca Juga: 4 Model Baju Olahraga yang Nyaman Digunakan

Bagaimana Tips Memilih Baju Olahraga yang Menyerap Keringat?

tips memilih baju olahraga menyerap keringat

Di bawah ini adalah segudang tips untuk bisa memilih baju olahraga yang punya daya serap keringat tinggi:

1. Pilih Baju yang Breathable

Sirkulasi udara yang baik bisa membantu kamu dalam menjaga suhu tubuh dan mencegah keringat dan bakteri  menumpuk pada kulit.

2. Ukuran Harus Pas dan Nyaman

Penting untuk memastikan bahwa ukuran baju olahraga yang dipilih cocok di badan. Lebih baik pilih baju yang tidak terlalu ketat atau longgar untuk mencegah terjadinya gesekan pada kulit dan bisa tetap leluasa selama berolahraga.

3. Gunakan Warna Cerah

Warna cerah dan terang bisa memantulkan panas, sehingga tubuh bisa tetap adem pada saat berolahraga di bawah sinar matahari.

4. Mudah Dirawat

Pilihlah baju olahraga yang mudah dirawat dan cepat kering untuk memudahkan perawatan dan penggunaan pada saat berolahraga.

5. Beli di Tempat Terpercaya

Tidak semua produsen lama bisa menjamin kualitas produk mereka. Walau begitu, memilih untuk membeli baju olahraga perlu diamati dengan cermat. Faktor reputasi penjual juga sangat penting untuk dipertimbangkan ketika memilih baju olahraga yang tepat. 

Baca Juga: Penuhi Hobi Olahraga Dengan Baju Atletik Lari

6. Sesuaikan dengan Jenis Olahraga

Selayaknya dress code untuk acara formal, tiap cabang olahraga juga ada ketentuan khusus dalam berpakaian. Pilih model baju yang sesuai juga akan berdampak positif pada performa saat olahraga.

Pentingnya memilih bahan baju olahraga yang menyerap keringat dan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tidak hanya penting untuk menghindari kejadian tak terduga, namun juga berperan penting dari segi kenyamanan. Maka dari itu, memilih bahan yang tepat sangat penting ketika memakai baju olahraga.

Tshirtbar menyediakan banyak jenis baju olahraga dengan bahan nyaman dan kualitas terjamin. Dapatkan info lengkap di customer service kami.

CTA Banner Sportswear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222