Apa Itu Bahan Taslan? Ini Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan jaket memiliki banyak ragam tergantung dari fungsi dan tujuannya. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, mulai dari sisi kehangatan, kemampuan menahan air dan perawatannya. Salah satu bahan yang populer dijadikan bahan jaket karena fungsi dan kenyamanannya adalah bahan Taslan. Dalam artikel kali ini, Thsirtbar akan membahas mengenai seputar bahan taslan mulai dari pengertian hingga cara perawatannya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Bahan Taslan?

Pada awalnya penggunaan bahan taslan adalah untuk keperluan militer sebelum akhirnya dipakai untuk umum. Bahan taslan adalah kain yang terbuat dari serat nylon atau serat polyester dan memiliki serat sangat rapat yakni microfibre. Bahan taslan diproduksi dengan mesin berteknologi tinggi sehingga menghasilkan dengan bermacam kelebihan dibanding kain lainnya. Harganya dinilai pun cukup terjangkau dan banyak bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat.

Bahan taslan adalah salah satu kain yang digemari oleh masyarakat banyak. Hal itu disebabkan kain ini bersifat modern serta dibuat dengan teknologi tinggi (nanoteknologi). Selain itu bahan taslan juga memiliki daya serap keringat yang baik ketika penggunanya sedang melakukan aktivitas di luar.

Baca Juga: Apa Itu Bahan Polyester dan Karakteristiknya

Jenis-jenis Bahan Taslan

Terdapat beberapa jenis kain taslan yang bisa kamu temukan di pasaran. Setiap jenis memiliki persamaan yaitu permukaan kain luarnya bertekstur rata serta benangnya tidak menonjol. Lalu apa saja perbedaan dari masing-masing jenis bahan taslan? Berikut penjelasannya.

jenis bahan taslan

1. Taslan Milky

Bahan taslan milky memiliki coating warna putih yang cukup lembut yang mampu menahan air dengan baik. Berbeda dengan heavy taslan, taslan milky cukup lembut dan nyaman untuk dipakai. Bagian dalam kain taslan milky berwarna putih susu, sehingga warna dipermukaannya sangat tajam. Cocok untuk dipakai untuk keperluan jaket dan celana.

2. Taslan Coating Bening

Bahan taslan coating bening ini sesuai namanya memiliki lapisan coating yang berwarna bening serta sifatnya hampir mirip dengan bahan taslan milky yakni lapisan anti air (water resistant).

3. Taslan Balon

Jenis bahan taslan balon adalah jenis taslan yang permukaannya licin, kerapatan serat cukup tinggi, ringan, serta dilapisi coating balon di bagian dalamnya. Coating balon ini memiliki sifat waterproof atau tahan air dan berguna untuk menghalau segala bentuk cairan dari permukaan luar kain agar tidak tembus.

4. Heavy Taslan

Taslan jenis ini adalah jenis taslan yang memiliki ketahanan air paling tinggi, sehingga sering disebut waterproof. Seratnya lebih besar daripada bahan taslan lainnya namun tetap sangat rapat. Namun bahan ini terbilang kaku dan tekstur lebih kasar dari bahan taslan lainnya. Cocok untuk dipakai untuk jaket, jas hujan, tas dan perlengkapan kemah.

Baca Juga: Apa Itu Bahan Polysilk? Ini Keunggulan dan Kelemahannya

Kelebihan Bahan Taslan

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa bahan taslan adalah kain yang cukup digemari oleh banyak orang karena memiliki keunggulan dan ciri khas-nya tersendiri. Selain bahannya yang berkualitas, kain taslan juga memiliki beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui, antara lain sebagai berikut:

kelebihan bahan taslan

1. Water repellent

Bahan Taslan terkenal karena memiliki serat benang yang teramat rapat sehingga air tidak mudah masuk menembus kain Taslan. Bahan ini juga memiliki lapisan coating khusus bernama Nuva yang membuat permukaannya mirip dengan teflon di mana jika kain taslan disiram air, maka air akan menggumpal dan mengalir seperti efek daun talas. Akan tetapi bahan Taslan biasanya tidaklah 100% anti air, berarti memiliki ketahanan terhadap air yang terbatas. Sehingga jika air yang disiram semakin deras, maka akan air berpotensi untuk tembus.

2. Stain-resistant

Selain menahan air, bahan taslan juga mampu menahan minyak dan noda, sehingga bahan Taslan tidak mudah kotor dan ternodai. Jika bahan Taslan terkena noda minyak, noda akan mudah hilang saat dicuci karena noda tidak bisa menyerap ke dalam serat kain.

3. Quick dry

Dikarenakan bahan ini bersifat moisture wicking, air dan kelembapan lainnya akan lebih mudah untuk mengering karena masih terdapat serat pori-pori yang memberikan ruang agar air dan keringat cepat menguap keluar.

Bahan taslan juga menahan air, sehingga jika terbasahi, jaket taslan tidak akan bertambah berat dan akan cepat kering. Jika jenis jaket ini telah dicuci, hanya membutuhkan waktu singkat untuk menunggunya kering, sehingga kita tidak harus memasukan jaket ke dalam mesin pengering.

4. Anti Jamur

Kemudian bahan taslan juga umumnya telah memiliki perlindungan khusus terhadap jamur ataupun noda membandel lainnya sehingga para penggunanya akan semakin mudah ketika merawatnya.

5. Anti Angin dan Tahan Udara Dingin

Karena bahan kain taslan ini terbentuk dari jalinan serat yang rapat dan mempunyai tekstur cukup tebal namun lentur. Maka bahan taslan ini sangat cocok digunakan untuk mengahalau udara dingin dan juga anti angin, sehingga tubuhmu menjadi lebih hangat.

Fitur-fitur di atas membuat bahan Taslan cocok untuk dijadikan sebagai bahan dasar jaket motor, jaket gunung, baju olahraga, tas dan keperluan berkemah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bahan Kaos yang Menyerap Keringat

Kekurangan Bahan Taslan

Dibalik segelintir kelebihan yang dimilikinya, bahan taslan juga mempunyai beberapa kekurangan yang mesti kamu ketahui. Kekurangan tersebut diantaranya seperti:

  • Bahan taslan adalah kain yang terbuat dari serat polyester sehingga kurang cocok untuk digunakan di cuaca panas.
  • Kain taslan cenderung akan terasa lengket di kulit lebih lagi ketika berkeringat atau dalam kondisi basah.
  • Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bahan taslan tidak sepenuhnya bisa menahan air dalam intensitas tinggi, terkecuali jenis kain taslan balon.

Cara Merawat Bahan Taslan

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat dan mencuci bahan taslan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Mencuci bahan taslan dengan memakai air kran atau air dingin.
  • Menggunakan sabun cuci yang tidak ada kandungan detergent. Karena zat detergent lama-kelamaan akan merusak serat kain taslan.
  • Menggosok noda di bahan taslan menggunakan sikat berbulu lembut atau mengucek dengan tangan langsung secara halus.
  • Setelah dicuci dan dibilas, kamu bisa menggantungkannya saja dan terkena angin. Bahan taslan tak perlu terkena sinar matahari langsung karena hal itu dapat merubah warna kain.
  • Ketika bahan taslan sudah kering, kamu dapat menyetrikanya dengan suhu low-medium. Namun agar semakin aman, kamu juga dapat melapisi bahan taslan dengan kain bekas saat disetrika.
  • Setelah itu, kamu bisa menyimpan bahan taslan pada hanger atau lemari agar tidak kusut saat dipakai.

Baca Juga: Apa Itu Bahan CVC? Pengertian dan Perbedaannya dengan Katun Lainnya

Karena bahan Taslan terbuat dari benang sintetis, kelebihan bahan ini adalah mampu dicetak dengan print sublimasi. Di Tshirtbar kamu bisa memesan jaket berbahan taslan untuk melindungi kamu dari cuaca ekstrim dan sulit untuk diprediksi. Kamu juga tetap bisa tampil trendy dengan custom jaket atau custom tas lipat dan tas fitnes lipat berbahan taslan dengan desain custom sesuai keinginan kamu. Tunggu apalagi segera hubungi tim sales kami untuk dapatkan informasi selengkapnya!

Referensi:

CTA BANNER FASHIONWEAR

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224