Last Update: November 25th, 2022 at 1:47 pm

5 Rekomendasi Bahan Kaos yang Menyerap Keringat

Bahan kaos yang menyerap keringat itu biasanya terbuat dari cotton combed dan cotton carded. Kedua kain ini memang sering digunakan dalam pembuatan baju, selain itu ada kain lain juga seperti polyester dan bisa dipadukan dengan chief value cotton

Kaos adalah pakaian yang biasanya digunakan sehari-hari, oleh karena itu pemilihan kaos tidak dapat sembarangan. Jika membeli kaos dengan bahan bersifat menyerap keringat maka bisa digunakan kapan saja seperti saat musim panas tiba.

Oleh karena itu bahan utama untuk pembuatan baju adalah cotton. Semua kain termasuk cotton memiliki karakteristiknya masing-masing. Apa saja karakteristik bahan katun? Baca informasi selanjutnya pada artikel berikut ini.

Bagaimana Karakteristik Bahan Kaos yang Menyerap Keringat?

Katun atau cotton adalah salah satu bahan kaos yang punya daya serap keringat dan sering digunakan karena rasanya nyaman, selain itu katun juga membuat pemakainya merasa adem. Karakteristik pertama dari katun ini adalah ada yang memiliki efek mengkilap sehingga pakaian jadi lebih keren.

Karakteristik kedua adalah bisa memberikan sensasi nyaman di kulit serta bisa digunakan untuk berbagai jenis cuaca entah saat musim panas maupun musim dingin. Adapun untuk karakteristik berikutnya adalah katun tidak akan membuat kulit pemakainya alergi atau iritasi.

Katun merupakan bahan pakaian untuk menjaga kelembaban kulit. Alasan lain mengapa banyak orang membeli baju dari katun adalah karena sifatnya tahan lama, kuat, lembut serta halus. Adapun untuk bahan asli dari cotton adalah serat tanaman kapas.

Berdasarkan informasi dari Cotton Mill, masyarakat Amerika banyak membeli pakaian dari kain ini. Alasannya adalah agar mereka terhindar dari bahaya alergen sehingga membuat kulit gatal. Selain itu, cotton memiliki sifat ramah lingkungan.

Jadi apabila pakaian dari katun itu dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), maka bisa menyuburkan area di tempat baju tersebut dibuang. Hal ini dikarenakan cotton sebagai salah satu bahan kaos yang mampu menyerap keringat tidak mengandung zat kimia.

Baca Juga: Macam Macam Kain untuk Bahan Kaos Anda

Apa Saja Kelebihan Bahan Kaos yang Menyerap Keringat?

Pakaian jenis katun yang sering digunakan adalah cotton combed. Cotton combed ini memiliki banyak kelebihan, oleh karena itu banyak pebisnis pakaian menggunakan cotton combed sebagai bahan utama. Berikut ini ada beberapa kelebihan dari cotton combed.

1. Mampu Menghasilkan Banyak Kaos

Kelebihan pertama adalah bisa membuat kaos dalam jumlah besar apabila dijadikan untuk membuat baju distro atau baju polos. Dalam 1 kilogram kaos katun ini bisa menghasilkan 4 sampai 6 buah pakaian dengan ukuran L.

2. Halus dan Lembut

Sebagai salah satu bahan kaos yang mampu menyerap keringat, cotton combed adalah bahan yang sangat lembut dan halus. Kehalusan dan kelembutan itu didapatkan melalui proses penyisiran serat atau disebut dengan proses combing.

3. Permukaannya Rata

Kelebihan berikutnya adalah permukaannya rata juga didapatkan dari proses pembuatan kainnya. Permukaan rata ini bisa kamu lihat ketika pakaian diarahkan ke sinar matahari. Jadi, memilih baju dengan  cotton combed adalah pilihan tepat.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Bahan Kaos Esport Terbaik

Rekomendasi Bahan Kaos yang Menyerap Keringat

Memilih bahan kaos yang punya daya serap keringat sangat penting agar bisa digunakan untuk segala jenis cuaca. Misalnya ketika cuaca panas tentu Anda akan terganggu jika keringat terus bercucuran, oleh karena itu pilih pakaian dari bahan penyerap keringat berikut ini:

1. Modal Cotton

modal cotton

Pertama, ada bahan modal cotton yang mungkin kamu belum pernah mendengarnya. Bahan modal cotton adalah salah satu jenis katun yang sifatnya lebih stretchy dari katun biasanya. Kain ini punya bahan yang tipis sehingga tidak mudah terasa gerah. Namun sifatnya juga tidak menerawang.

2. Bamboo Cotton

bamboo cotton

Bamboo Cotton adalah bahan katun yang terbuat dari campuran serat bambu. Punya tekstur yang sangat halus dibanding katun biasa dan nyaman untuk dipakai setiap hari. Dari segi harga, cotton bamboo terbilang jauh lebih mahal. Namun sangat cocok untuk digunakan bagi orang yang kulitnya sensitif

3. Cotton Combed

cotton combed

Cotton combed adalah kain yang paling sering digunakan untuk membuat kaos. Sifatnya mudah menyerap keringat dan sangat cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia.Selain itu juga sifatnya adalah hypoallergenic. Sehingga bebas alergi bagi penggunanya.

Baca Juga: Bagaimana Bahan Kaos Terbaik Untuk Beraktivitas?

4. Jersey

jersey

Jersey adalah jenis bahan berikutnya yang juga cocok untuk musim panas. Sifat jersey adalah mengkilap, licin, jatuh ketika digunakan dan agak transparan dan tipis. Kendati demikian, Jersey adalah kain yang mampu memberikan kenyamanan di kulit. Biasanya digunakan untuk baju sepak bola.

5. Dryfit

dryfit

Lanjut, ada bahan dryfit yang sering jadi andalan para brand fashion. Bahan ini sifatnya mengkilap sehingga keringat di tubuh tidak terlalu terlihat. Punya tekstur bintik-bintik yang diformulasikan untuk membuang keringat. Kain ini juga tdak terasa gerah, sebab punya sirkulasi udara yang baik.

6. Eco Cotton

eco cotton

Bahan ini dibuat dari campuran polyester dan katun. Punya ratio antara 50:50 dari masing-masing bahan. Atau dominan bahan katun, tergantung dari produsennya. Kelebihan dari Eco cotton adalah tingkat elastisitas bahan yang tinggi. Selain itu, kandungan kapas pada bahannya pun lebih banyak. Bahan ini bisa dijadikan opsi lain untuk produksi kaos.

Baca Juga: Bahan Kaos yang Bagus Digunakan untuk Disablon

Kaos adalah pakaian yang dipakai sehari-hari, oleh karena itu kamu tidak bisa asal memilih. Pakaian kaos yang bagus dibuat dari bahan berkualitas seperti katun dan linen. Ada juga bahan kaos yang menyerap keringat lainnya yang direkomendasikan seperti jersey dan eco cotton. 

Tshirtbar sebagai tempat jual kaos menyediakan berbagai jenis bahan kain yang bisa menyerap keringat dengan baik. Selain itu juga kamu bisa buat custom baik design dan ukurannya. Semua bahan yang dipakai juga sudah punya jaminan kualitas yang terpercaya. Silakan kontak langsung tim sales kami atau langsung cek akun sosial media Tshirtbar.

Custom Produk Tanpa Minimal

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *