Last Update: November 13th, 2019 at 3:34 pm

Sering Digunakan untuk Jilbab, Bahan Poly Silk Seperti Apa?

Hijab bagi umat muslim merupakan kewajiban dalam berpakaian. Dalam memilih hijab, selain melihat model dan motifnya seorang muslimah akan memerhatikan bahan kain yang digunakan untuk hijab. Pemilihan bahan kain yang pas merupakan hal yang sangat penting karena jika bahan hijabnya yang dipilihnya tidak sesuai kondisi lingkungan atau cuaca maka muslimah akan merasa tidak nyaman saat mengenakannya, bisa terjadi gerah, berbau keringat, mudah kusut maupun sulit dikreasikan. Sehingga wajib hukumnya bagi Muslimah untuk mengetahui ciri bahan kain hijab.

Seringkali, bahan yang beredar di pasaran untuk hijab adalah poly silk. Tahukah Anda apa itu bahan poly silk? Apa keunggulan dan kekurangannya?

Bahan poly silk adalah bahan kain buatan, bukan berasal dari bahan alami seperti kapas melainkan melalui proses kimia. Poly silk merupakan salah satu jenis bahan polyester. Polyester sendiri berasal dari dua kata: polymer yang berarti plastik dan ester yang adalah hasil percampuran antara alkohol, asam karboksilat, dan minyak bumi. Luar biasa bukan prosesnya? Kata silk dalam poly silk sendiri diambil berdasarkan sifat permukaan kain ini yang terlihat sangat mengkilap.

Karena bukan berasal dari bahan alami, maka apa keunggulan dan kekurangan dari bahan poly silk?

Keungggulan Bahan Poly Silk:

Tahan Lama

Bahan poly silk dikenal memiliki daya tahan yang lama sehingga Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, bahan poly silk ini juga tahan bakteri dan kuat terhadap bahan kimia lainnya, maka Anda juga tidak perlu risau akan hijab yang rusak.

Tidak mudah kusut

Beberapa jenis kain yang alami sangat mudah kusut atau berkerut. Namun lain halnya dengan bahan poly silk ini. Bahan ini tidak mudah berkerut meskipun dilipat-lipat atau digunakan seharian. Dengan sifat yang tidak mudah kusut, maka bahan poly silk ini tentunya tidak mudah melar. Sehingga ini yang menyebabkan kenapa hijab poly silk Anda lebih tahan lama.

Cepat kering

Jika hijab poly silk ini Anda cuci maka Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengeringkannya. Maka dari itu hijab dengan bahan poly silk sangat cocok dipakai di daerah yang basah atau dingin, karena mudah kering.

Namun jangan terlalu terpana pada keunggulan-keunggulannya. Di balik semua itu, bahan ini juga punya beberapa kelemahan.

Kelemahan Bahan Poly Silk

Tidak memiliki sirkulasi udara yang baik

Bahan poly silk yang juga adalah jenis dari polyester memiliki tekstur yang rapat. Maka dari itu bahan yang satu ini terasa sedikit panas apabila dipakai, sehingga membuat Anda mudah berkeringat. Maka hijab poly silk tidak akan nyaman digunakan pada kondisi cuaca panas. Ditambah dengan kandungan kimia yang terdapat didalamnya, membuat beberapa orang dengan kulit sensitif akan teriritasi.

Mudah terbakar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahan poly silk juga mengandung plastik. Oleh karena itu, bahan poly silk ini sangat mudah terbakar. Maka, berhati-hatilah saat Anda sedang menyetrika hijab berbahan poly silk, jangan sampai menggunakan panas yang berlebih. Sama halnya juga ketika Anda mungkin mencuci hijab poly silk menggunakan air panas, yang ditakutkan adalah terjadinya penyusutan pada hijab.

Bedasarkan pemaparan di atas maka kini Anda telah mengenal lebih jauh bahan poly silk, dari bahan penggunaannya, bagaimana keunggulan serta kekurangannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menyesuaikan kebutuhan hijab berdasarkan bahan dan kaitannya dengan cuaca atau kenyamanan saat menggunakannya.

Artikel Terkait

 

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *