Apa Itu Bahan CVC? Pengertian dan Perbedaannya dengan Katun Lainnya

Chief Value Cotton atau Bahan CVC adalah salah satu jenis kain yang banyak digunakan untuk membuat kaos. Saat ini jenis katun CVC banyak digemari untuk kaos. Selain adem, tingkat higienis nya juga lebih baik jika dibandingkan jenis katun lainnya.

Katun sendiri memiliki terdiri dari beberapa jenis tergantung pada kombinasi benangnya, salah satunya ada bahan CVC. Nah, jika kamu masih sulit untuk membedakannya dengan jenis katun lain. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Apa Itu Bahan CVC?

Bahan kain CVC atau Chief Value Cotton adalah kain yang dibuat dari campuran serat cotton dan polyester. Umumnya menggunakan perbandingan 50% untuk masing-masing jenis atau bisa juga dominan menggunakan bahan katun.

Bahan CVC adalah kain yang paling umum dijadikan sebagai kaos polos dengan sablon. Dalam hal kualitas maka CVC mengungguli dibandingkan viscose dan teteron. Ini karena kandungan kapasnya lebih banyak atau sama dengan polyester.

Apa Saja Karakteristik dari Bahan CVC?

Jika melihat sekilas maka sulit untuk membedakan jenis-jenis katun. Terlebih kaos pada dasarnya memiliki bentuk dan tekstur yang serupa. Oleh karena itu, sebaiknya kenali karakteristik CVC atau Eco Cotton agar bisa cermat memilih pakaian kaos nantinya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Bahan Katun dan Jenis Bahannya

1. Terbuat dari Serat Alami

Karakteristik utama dari Eco Cotton menggunakan campuran serat alami lebih banyak dibandingkan poliester. Kandungan serat alami pada bahan ini umumnya 45% keatas. Ini juga yang membuat kaos Eco Cotton cenderung lebih adem.

2. Umum Dijumpai Pada Baju Kaos

Jenis CVC atau Eco Cotton sangat umum dijumpai pada baju kaos. Selain bahan cotton combed, Eco Cotton memiliki peminat yang tinggi karena tingkat kenyamanannya lebih baik. Perbedaan kualitas ini membuat harga kaos dari bahan chief tidak lebih murah dibandingkan bahan kaos lainnya.

3. Memiliki Kerutan

Karakteristik dari kain CVC ini yang cukup terlihat adalah tekstur kainnya. Dimana kerutan yang muncul cukup sulit dihilangkan. Namun, dapat disamarkan dengan bantuan setrika.

Apa Saja Jenis Kain CVC?

jenis kain cvc

Image Source: https://dtfsablon.com/bahan-cvc/

Sejatinya bahan CVC tidak hanya terpaku pada satu jenis saja. Jika ditilik lebih luas lagi, terdapat banyak jenis kain CVC dengan ciri khas yang berbeda-beda yang biasa digunakan oleh para produsen baju. Berikut beberapa diantaranya:

1. CVC Pique

CVC Pique adalah jenis kain CVC yang dikenal kuat sebab memiliki model rajutan yang padat hingga membentuk pola segiempat atau segienam. Walaupun begitu, tingkat kekuatannya berbeda dengan bahan taslan yang biasa dipakai sebagai bahan pembuatan jaket, hoodie, serta jas anti air.

CVC Pique ini kerap kali digunakan untuk menjadi bahan dasar pembuatan kaos polo. Meski teksturnya sedikit lebih tebal, tetapi kain ini mampu memiliki daya serap keringat yang baik. Opsi warnanya pun juga beragam dengan harga yang relatif cukup terjangkau.

2. CVC Lacoste

Kain CVC Lacoste juga sering disebut sebagai Lacos CVC. Apabila dilihat secara seksama, bahan ini memiliki pori-pori pada permukaannya. Hal itu dikarenakan komposisi kain ini tak lagi memakai serat polyester, melainkan katun serta viscose sebanyak 60% berbanding 40%.

Dari adanya campuran bahan viscose itulah yang dimana kain tersebut merupakan turunan dari rayon, membuat CVC lacoste memiliki tekstur yang halus, lembut, dingin, dan nyaman saat dikenakan. Daya serap keringatnya pun cukup baik dan tidak akan menimbulkan efek gatal pada kulit.

3. CVC Star

Kemudian yang terakhir adalah jenis kain CVC Star yang ciri khas bahannya lebih tebal akan tetapi mempunyai permukaan yang lebih halus. Jika dibandingkan dengan kedua jenis kain CVC sebelumnya, CVC star ini cenderung lebih sering digunakan sebagai bed cover.

Apa Saja Kelebihan dari Bahan CVC?

kelebihan bahan cvc

Diantara banyaknya jenis katun, tentu masing-masing hadir dengan kekurangan dan kelebihan berbeda. Untuk jenis katun chief value salah satu kelebihannya adalah lebih adem dan menyerap keringat. Dibawah ini terdapat uraian lengkap tentang kelebihan dari bahan cvc adalah sebagai berikut.

1. Bahannya Awet

Karena terbuat dari bahan serat alami yang lebih banyak, membuat pakaian dari bahan tersebut tidak mudah rusak. Benangnya lebih kuat dan ketika dicuci tidak mudah menyusut. Ini cukup berbeda dengan kebanyakan baju kaos yang gampang menyusut.

2. Warna Cerah dan Tahan Lama

Perpaduan bahan polyester dan kapas yang dominan membuat daya serap kain terhadap warna sangat tinggi. Ini membuat warna pada pakaian CVC tampak lebih cerah. Menariknya, warna pakaian juga lebih awet dan tidak mudah luntur.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Bahan Tekstil Dari Katun dan Jenis-jenisnya

3. Kuat dan Tingkat Higienis Tinggi

Dapat dipastikan bahwa diantara jenis katun, maka CVC memiliki tingkat higienis tinggi. Tidak heran jika menggunakan jenis ini lebih nyaman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Perpaduan dengan polyester juga membuat baju kaos menjadi lebih kuat.

4. Tidak Mudah Menyusut

Jika kebanyakan baju kaos ketika dicuci berulang kali akan menyusut, hal ini tidak berlaku untuk jenis kain Chief Cotton. Susunan serat alami dan polyester membuat tekstur kain menjadi awet walaupun dicuci berulang kali.

Apa Saja Kekurangan dari Bahan CVC?

kekurangan bahan cvc

Tentunya CVC juga memiliki kekurangan, namun ini tidak menurunkan kualitas katunnya. Dalam hal kenyamanan dapat CVC sangat berperan baik. Namun untuk perawatan cenderung lebih sulit, berikut penjelasan mengenai kekurangan dari bahan CVC adalah:

1. Sulit Disetrika

Ketika muncul kerutan pada kain, kerutan tersebut akan sedikit sulit dihilangkan. Bahkan jika disetrika tekstur kerutan tetap terlihat. Namun, tentunya ini bisa diatasi dengan perawatan ekstra. Misalnya saat mencuci baju sebaiknya menggunakan hanger agar kerutan tidak muncul saat dijemur.

2. Harga Cenderung Mahal

Kualitas Chief Value Cotton lebih baik jika dibandingkan jenis lainnya karena penggunaan bahan berbeda. Maka dari segi harga beli CVC jauh lebih mahal dibandingkan jenis kaos lainnya.

Perbedaan harga ini tentu sebanding dengan kualitas yang didapat. Jika penggunaan serat alami lebih banyak maka bisa dipastikan harganya juga akan lebih tinggi.

3. Memiliki Rongga

Ciri utama dari jenis bahan CVC adalah dominan penggunaan serat alami sehingga membuat kaos tampak berongga. Namun, rongga ini juga membantu untuk mengatasi penyerapan keringat dengan baik.

Apa Saja Perbedaan Bahan CVC dengan Bahan Katun Lainnya?

Tentu sulit untuk membedakan berbagai jenis katun yang beragam. Bahan kain Chief sendiri memiliki perbedaan dengan katun lainnya. Berikut ini yang membedakan CVC dengan bahan katun lainnya.

1. Kandungan Serat Alami Dominan

Perbedaan utama CVC dengan jenis katun lainnya yang paling mencolok adalah penggunaan serat alami. Bisa dipastikan kalau CVC menggunakan lebih banyak serat alami sehingga membuat kualitasnya dengan katun lain juga berbeda.

Baca Juga: Apa Itu Bahan Polyester dan Karakteristiknya

2. Bahan Adem dan Menyerap Keringat

Baju kaos dari bahan katun CVC merupakan produk pakaian berkualitas premium yang berasal dari kombinasi katun dan polyester. Peminatnya banyak karena bahannya dingin dan menyerap keringat dengan baik ketika panas.

Dengan penggunaan baju kaos yang umumnya untuk kegiatan sehari-hari. Kenyamanan tentu saja diperlukan terutama pada kondisi cuaca panas agar tubuh tetap adem dan tidak berkeringat.

3. Perbedaan Harga

Perbedaan selanjutnya adalah soal harga, dimana CVC dibandrol dengan harga lebih mahal dibanding jenis katun lainnya. Perbedaan ini sebanding dengan kualitas yang didapat.

Bahan CVC adalah yang paling banyak digemari untuk baju kaos dan sablon. Ini karena ia memiliki kualitas yang baik dalam menyerap keringat sehingga lebih nyaman digunakan sehari-hari. Bahan tersebut juga selalu jadi andalan untuk produk-produk dari Tshirtbar. Di sini kamu bisa dapatkan dengan CVC berkualitas yakni Eco Cotton.

Apa Saja Penggunaan Bahan CVC untuk Kaos?

Tersedia berbagai macam bahan yang dapat digunakan untuk memproduksi kaos. Jika kamu menginginkan harga yang terjangkau namun kualitasnya tetap terjamin, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan kain CVC. Kain ini umumnya digunakan dalam pembuatan kaos dengan kualitas yang baik denga harganya cukup terjangkau. Di bawah ini adalah beberapa contoh kaos yang bisa dibuat menggunakan bahan CVC, antara lain:

1. Kaos Sehari-hari

Jika kamu mencari kaos yang cocok untuk digunakan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar rumah, maka kaos dari bahan CVC tetap menjadi pilihan yang pas. Selain harganya yang terjangkau, kaos bahan CVC juga hadir dalam beragam pilihan warna.

2. Kaos Olahraga

Kaos yang terbuat dari bahan CVC mengandung campuran polyester dan katun. Hal itulah yang menjadikan kaos tersebut tetap nyaman dipakai dalam berbagai aktivitas olahraga, misalnya jogging, senam, badminton, dan lain-lain.

3. Kaos Gathering

Kaos yang dipakai untuk kegiatan gathering atau outing ini biasanya memiliki warna dan potongan yang seragam. Kamu dapat melakukan pemesanan kaos untuk kegiatan tersebut melalui Tshirtbar, dengan menggunakan bahan CVC yang berkualitas.

4. Kaos Merchandise

Jika kamu ingin memberikan merchandise atau hadiah kepada teman atau kerabat dekat, kaos bisa menjadi salah satu pilihan yang pas. Selain harganya yang terjangkau, kaos dari bahan CVC juga mempunyai kualitas yang bagus dan nyaman.

Reference:

https://sintesakonveksi.com/info/bahan-kain/cvc/

Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211