4 Tips Memilih Topi Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah

Tips memilih topi pria bisa dilihat dari kegunaan dan bentuk wajah. Topi adalah aksesoris penting bagi sebagian besar pria yang suka dengan gaya trendy. Penggunaan topi kini bukan hanya sekedar untuk pelindung kepala saja, namun bisa jadi pendukung terbesar bagi seluruh penampilan outfit pria.

Ada cara terbaik yang bisa membuat penampilan dengan topi jadi lebih maksimal. Ikuti tips di artikel ini hingga dapatkan rekomendasi outfit yang perlu kamu tiru di kemudian hari.

Apa Saja Jenis-jenis Topi Pria?

Terdapat berbagai jenis topi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, gaya, dan fungsinya. Antara lain sebagai berikut:

1. Premium Hat

Jenis topi satu ini punya bentuk yang sama dengan topi pada umumnya. Namun, yang membuat jenis topi premium berbeda adalah bagian pengencangnya yang dilengkapi dengan fitur snap back closure, fungsinya untuk menyesuaikan dengan ukuran kepala pemakainya. Ciri lainnya adalah terdapat visor kaku yang melindungi pengguna dari sinar matahari. 

2. Bucket Hat

Topi satu ini jadi benda hits sejak tahun ‘90-an akibat pengaruh budaya hip hop yang merajai industri fesyen anak muda. Bentuknya seperti ember dengan tepi bulat yang menutupi seluruh lapisan inti topi.

Kamu bisa memakai ini untuk acara santai seperti pergi ke pantai, menonton konser, datang ke festival jajanan hits, dan bahkan jadi fashion statement yang menunjukkan gaya kalcer anak muda paling hits.

3. Trucker Hat

Trucker hat punya jaring di bagian belakang yang berfungsi untuk mengalirkan sirkulasi udara supaya tetap adem. Awalnya topi ini dirancang untuk para pengemudi truk di Amerika Serikat. Namun seiring waktu, kini trucker hat digandrungi oleh pria, terlebih bagi penggila gaya Y2K yang sedang merajai mode fesyen.

Bagian depan yang keras dan datar, serta visor melengkung yang berfungsi sebagai perlindungan dari sinar matahari. Selain itu, topi ini dapat disesuaikan dengan menambahkan logo atau gambar pada bagian depan dan belakangnya.

4. Baseball Hat

Topi baseball merupakan salah satu komponen dari seragam baseball tradisional yang digunakan oleh para pemainnya. Topi ini punya pinggiran yang menghadap ke depan, bertujuan untuk melindungi mata dari sinar matahari. Sejak tahun 1980-an, variasi topi ini telah menjadi populer di Amerika Serikat dan negara-negara lainnya, tidak hanya sebagai perlindungan mata dari sinar matahari, tetapi juga sebagai aksesori mode yang trendy.

5. Topi Sepeda

Dirancang khusus untuk dikenakan saat mengendara sepeda. Karakteristik utama dari topi ini adalah adanya visor yang panjang di bagian depannya. Fungsinya adalah melindungi mata dari sinar matahari dan hujan, serta mengurangi pantulan cahaya yang bisa mengganggu pengendara sepeda.

Keunggulan utama dari topi adalah bisa di-custom secara full print secara mandiri. Sehingga para pria bisa bebas berkreasi lewat topi satu ini. Bahkan sudah banyak pria yang menggunakan topi satu ini sebagai aksesoris fesyen mereka.

Baca Juga: 7 Fungsi Topi Untuk Fashion dan Sehari-Sehari

Bagaimana Tips Memilih Topi Pria Sesuai dengan Bentuk Wajah?

tips memilih topi pria sesuai bentuk wajah

Aksesoris seperti topi adalah fashion statement yang memfokuskan penampilan pada bagian kepala. Sebagai pria, tentu ingin terlihat menarik dipandang berkat topi yang digunakan. Supaya tak salah pilih, ikuti tips berikut:

1. Untuk Wajah Bulat

Bagi pria yang punya wajah bulat, disarankan untuk menghindari topi dengan bentuk yang terlalu bulat atau lebar di bagian atas. Sebagai gantinya, pilih topi dengan bentuk yang lebih tinggi seperti bucket hat, yang akan memberikan kesan vertikal pada wajah. Selain itu, sebaiknya menghindari visor yang terlalu datar, dan pilihlah visor yang melengkung untuk memberikan dimensi pada wajah.

2. Untuk Wajah Oval

Wajah dengan bentuk oval mudah serasi dengan berbagai macam topi, sehingga mudah memilih model apa saja. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai bentuk topi, seperti snapback, premium hat, atau baseball cap, dan menemukan yang paling sesuai dengan gaya pribadi Anda.

3. Untuk Wajah Panjang

Gunakan topi yang punya garis datar di bagian atas untuk memberikan kesan memperpendek tampilan wajah. Hindari topi dengan tinggi yang berlebihan, seperti bucket hat karena dapat membuat wajah terlihat lebih panjang. Topi dengan visor yang lebar dapat membantu menciptakan ilusi memperpendek tampilan wajah.

@tshirtbarid

Pasti dari kalian sering kepikiran desain buat dicustom di barang kesayangan? Sudah coba untuk di topi? Kalau belum, sekarang kesempatannya tampil stylist pakai topi dengan desain yang kamu mau. #fyp #xyzbca #foryou

♬ DJ Maafkan Soibah Ku X Akon Right Now Menimisu Mas – Ucil Fvnky

4. Untuk Wajah Persegi

Disarankan untuk memilih topi yang memiliki bentuk yang lebih melengkung, seperti bucket hat atau topi beanie. Tujuannya untuk mengurangi kesan kekakuan pada wajah. Sebaiknya menghindari topi dengan garis datar di bagian atas dan memilih topi yang memiliki sedikit volume di atas kepala.

Baca Juga: 5 Style Topi Pria dan Jenis-jenisnya

Rekomendasi Outfit Pria dengan Topi dari Tshirtbar

rekomendasi outfit pria dengan topi

Sudah siap dengan topi yang ada? Kamu bisa ikuti beberapa ide di bawah ini untuk penampilan anti gagal dan lebih maskulin. Antara lain:

1. Gaya Y2K

Gaya ini mengadopsi kultur ‘2000-an awal yang melekat dengan segala sesuatu yang sifatnya gombrang. Baju oversize, celana lebar, bahkan topi trucker adalah tiga contoh paling dasar dari gaya satu ini. Sekarang mulai trend kembali, jadi, apa salahnya untuk dicoba.

2. Gaya Sporty

Penggunaan gaya ini sejatinya tidak pernah lekang oleh waktu. Tak peduli dengan segala tren yang ada, sporty look tetap jadi dambaan bagi sebagian besar para pria. Coba gunakan topi premium atau baseball hat, bersama hoodie dan kaos polos kesayangan.

Baca Juga: 5 Model Topi Keren untuk Pria

3. Gaya Edgy

Sontar terdengar nyeleneh, nyatanya gaya edgy bisa jadi gaya pas untuk yang ingin coba. Kuncinya adalah tambahkan aksesoris penting lainnya, dan sandingkan bersama topi seperti bucket hat serta sepatu dengan warna cerah.

Nah, berikut tadi tips memilih pria yang sesuai dengan bentuk wajah dan ide outfit untuk dicoba. Selain memilih topi tepat, tentu perlu memperhatikan kualitas dari topi itu sendiri. Pastinya, kamu bisa custom dan beli topi berkualitas di Tshirtbar.

CTA BANNER Merchandise

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 201