5 Style Topi Pria dan Jenis-jenisnya

Style topi pria punya banyak varian tergantung dari kebutuhannya. Aksesoris satu ini sudah jadi produk utama bagi para pria dalam menunjang penampilan mereka. Fungsi utama dari topi memang melindungi kepala, namun nyatanya topi juga bisa menambah aksen sehingga look jadi semakin menawan.

Untuk menambah kesan terbaik dalam penampilan, memang topi bisa jadi pilihan. Supaya tidak salah pilih, kamu bisa pilih beragam jenis topi yang disesuaikan dengan gaya, selera dan kebutuhan yang diinginkan.

Apa Saja Jenis-jenis Topi Pria?

Pilih beberapa model topi di bawah ini yang akan digunakan ketika melakukan aktivitas. Diantaranya:

1. Premium Hat

Jenis topi satu ini punya bentuk yang sama dengan topi pada umumnya. Namun, yang membuat jenis topi premium berbeda adalah bagian pengencangnya yang dilengkapi dengan fitur snap back closure, tujuannya untuk menyesuaikan dengan ukuran kepala pemakainya. Ciri lainnya adalah terdapat visor kaku yang melindungi pengguna dari sinar matahari. 

2. Bucket Hat

Bucket hat memiliki bentuk seperti ember terbalik, dengan alas yang melengkung dan biasanya memiliki tepi yang lebar. Pada awalnya, bucket hat dipakai oleh para nelayan di abad 20-an. 

Namun, saat ini bucket hat telah menjadi tren fashion yang populer di kalangan remaja dan dewasa dengan berbagai bahan dan desain yang berbeda. Bucket hat tersedia dalam berbagai warna, pola, dan bahan, termasuk katun, denim, kulit, kanvas, dan sebagainya.

3. Trucker Hat

Awalnya, trucker hat dipakai oleh para pengemudi truk dan pekerja konstruksi di Amerika Serikat pada era ‘60 – ‘70an. Tapi, sekarang trucker hat jadi populer di seluruh dunia dan menjadi bagian dari mode dan gaya hidup. 

Jenis topi ini punya ciri khas bagian depan yang keras dan datar, serta visor melengkung yang bisa melindungi mata dari sinar matahari. Bagian belakang trucker hat terdapat dari jaring (mesh) yang dirancang untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik pada kepala pemakainya. Selain itu, trucker hat bisa ditambahkan logo atau gambar di bagian depan dan belakangnya. 

4. Baseball Hat

Sesuai dengan namanya, baseball hat dikhususkan untuk para pemain baseball. Ciri utama dari baseball hat yaitu visor yang kaku dan melengkung di bagian depannya. Bagian pengencang pada topi tersebut juga menggunakan cakop besi yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan ukuran kepala pemakainya. 

Selain sebagai aksesori fashion, baseball hat juga bisa jadi pilihan yang tepat bagi para atlet baseball dan penggemarnya untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap tim favorit.

5. Topi Sepeda

Topi sepeda adalah jenis topi yang dirancang khusus untuk digunakan oleh para pengendara sepeda. Ciri utama dari topi sepeda adalah memiliki visor yang panjang pada bagian depannya. Tujuannya supaya mata terlindung dari sinar matahari dan hujan, serta mengurangi pantulan cahaya yang bisa mengganggu pengendara sepeda. 

Selain itu, topi sepeda memiliki desain aerodinamis yang membantu mengurangi hambatan angin ketika pengendara sepeda melaju dengan kecepatan tinggi. Bahan dryfit yang digunakan pun memungkinkan topi untuk di-custom fullprint.

Baca Juga: 7 Fungsi Topi Untuk Fashion dan Sehari-Sehari

Bagaimana Cara Memadukan Outfit dengan Topi Pria?

cara memadukan style topi pria

Mengkombinasikan pakaian dengan topi pria dapat menambah kesan gaya yang unik dan menarik. Berikut adalah beberapa tips untuk memadukan pakaian dengan topi pria:

1. Sesuaikan dengan Outfit

Pemilihan topi tidak terlepas dari tema outfit yang akan dipakai. Beberapa topi tidak cocok jika dipakai dengan gaya tertentu, misalnya trucker hat yang sudah jelas tidak cocok bagi acara resmi.

2. Mix and Match Warna

Paduan warna antara topi dengan outfit lainnya tentu harus saling menyatu. Kamu bisa cek diagram warna, atau mungkin pilih paduan monokrom maupun all black.

@tshirtbarid

Pasti dari kalian sering kepikiran desain buat dicustom di barang kesayangan? Sudah coba untuk di topi? Kalau belum, sekarang kesempatannya tampil stylist pakai topi dengan desain yang kamu mau. #fyp #xyzbca #foryou

♬ DJ Maafkan Soibah Ku X Akon Right Now Menimisu Mas – Ucil Fvnky

3. Hindari Saat Kegiatan Formal

Penggunaan topi saat acara formal, apalagi berada di dalam gedung sangat tidak diperbolehkan. Alasannya karena dianggap tidak sopan, sebab fungsi topi hanya boleh dipakai saat di luar ruangan.

4. Jangan Memakai Aksesoris Berlebihan

Hindari memakai terlalu banyak aksesoris agar tidak terlihat nyeleneh dan overdress. Cukup gunakan satu sampai dua jenis perhiasan saja.

5. Percaya Diri adalah Kunci

Terakhir, supaya tetap terlihat percaya diri, sangat penting untuk memilih topi yang cocok dengan preferensi masing-masing. Pilihlah topi yang tidak hanya sesuai dengan bentuk wajah, tetapi juga menggambarkan gaya dan kepribadian. Dengan memilih topi yang pas, kamu akan merasa lebih nyaman dan percaya diri saat mengenakannya.

Baca Juga: 5 Model Topi Keren untuk Pria

Ide Style Topi Pria dari Tshirtbar

ide style topi pria

Jika masih bingung bagaimana tampil dengan cermat, berikut kami rangkum rekomendasi gaya outfit yang bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi:

1. Casual Look

Gaya kasual tidak menggunakan sesuatu yang berlebihan. Pastikan kamu pilih pakaian kasual seperti kaos regular dan celana panjang atau ankle pants. Kamu bisa pilih model topi apa saja untuk menghasilkan casual look.

2. Sporty Look

Atasan yang bisa digunakan untuk sporty look bisa pilih kaos oversize polos. Untuk bawahan bisa pilih jogger pants warna netral dan pilih topi baseball hat.

3. Edgy Look

Buat pria yang suka berpenampilan nyentrik, bisa gunakan kaos sebagai dalaman dan kemeja oversize di luarnya. Gunakan trucker hat dan celana sporty pendek seperti anak muda di era awal 2000-an.

4. Korean Look

Para pecinta K-Pop pasti sudah banyak terpengaruh oleh gaya personil boyband dari Korea Selatan. Bisa pakai bucket hat dan kaos oversize, ditambah celana baggy seperti kulot atau plisket pants.

Baca Juga: 5 Tips Tepat dalam Memilih Desain Topi Polos

5. Smart Casual Look

Kombinasikan atasan seperti polo shirt dengan celana chino atau jeans yang lebih santai. Lalu pilihlah topi dengan desain sederhana premium hat. Lebih baik hindari topi dengan logo yang mencolok, cukup pakai topi polos saja. 

Nah, itu tadi style topi pria dan tipsnya supaya tidak salah kostum. Tshirtbar juga menyediakan berbagai topi dan fashion item lainnya dengan berbagai pilihan warna. Bisa custom tanpa minimum pemesanan.

CTA BANNER Merchandise

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211