Perbedaan Goodie Bag dan Tote Bag serta Tips Memilihnya

Goodie bag dan tote bag, semua pasti pernah dengar kedua istilah ini, baik didengar di acara-acara, ulang tahun, pameran maupun pusat perbelanjaan. Biarpun kedua istilah ini terdengar sama bahkan memiliki produk jadi yang serupa, namun sebenarnya keduanya adalah barang yang berbeda.

Goodie atau Tote bag memiliki kemirip yang paling utama yaitu definisi dasarnya sebagai tas tempat menyimpan berbagai keperluan, seperti dokumen, hadiah, perlengkapan dan lain-lain. Biasa tas ini diberikan secara gratis di acara pertemuan, seminar dan lain-lain atau dijual dengan harga bervariasi. Bentuknya pun sangat menyerupai, biasanya memiliki bentuk pipih tinggi atau melebar agar bisa memuat berbagai macam barang. Yuk cari tau perbedaan goodie bag dan tote bag di bawah ini

Pengertian Goodie Bag

goodie bag

Goodie Bag sesuai dengan istilah awalnya yaitu Goodie yaitu adalah hadiah, yang biasa diberikan oleh penerima tamu kepada tamu atau pengunjung. Bentuk umumnya adalah bentuk persegi panjang dengan tali pegangan. Serta memiliki cetakan gambar yang ada di satu atau kedua sisi goodie bag tersebut.

Jenis bahan desain yang dipakai untuk goodie bag sangatlah bervariasi mulai dari bahan art paper, art carton, paper bag serta bahan non-woven atau spunbond, semua tergantung dari keperluan  konsumen.

Printing cetak yang dipakai untuk goodie bag umumnya dilakukan menggunakan mesin offset atau digital yang dapat menghasilkan gambar baik dan memberikan penampakan khusus untuk brandingnya. Jika goodie bag terbuat bahan non woven atau bahan spunbond, maka biasanya menggunakan sablon manual atau print sublimasi. Bahan non woven atau spunbond akan memberikan kesan kain pada goode bag yang umumnya terbuat dari kertas, dan umumnya juga akan lebih tahan lama dan ramah lingkungan.

Budget yang dibutuhkan untuk membuat goodie bag biasanya tidaklah mahal. Sebab tujuan utama goodie bag adalah untuk  dibagi-bagi secara gratis. Di mana inilah ada perbedaan utama goodie bag dan tote bag.

Oleh karena itu, goodie bag biasanya tidak dijahit, namun disatukan menggunakan lem atau mesin pemanas untuk non woven sehingga merekat tanpa harus memerlukan tenaga kerja yang mahal, berbeda dengan proses jahit yang jauh lebih mahal.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tote Bag untuk Kuliah

Perbedaan Tote Bag

tote bag

Tote bag memiliki fungsi yang hampir sama dengan goodiebag yakni sama-sama berguna untuk membawa barang, namun perbedaan terbesar terdapat pada ukuran tas tersebut. Tote bag umumnya dipakai untuk jangka waktu yang lebih panjang, tidak hanya sekali pakai dan terbuat dari bahan yang jauh lebih awet.

Jenis bahan yang dipakai biasanya adalah bahan kanvas, blacu, nylon, microfibre, katun dan lain-lain. Bahan-bahan ini hanya disatukan menjadi tas dengan mesin jahit, berbeda dengan goodie bag yang bisa menggunakan mesin pemanas untuk non woven dan lem.

Perbedaan goodie bag dan tote bag juga ada pada harga, karena tote bag memiliki harga lebih mahal daripada goodie bag, serta proses pengerjaan yang akan lebih lama juga. Namun, totebag biasanya memiliki desain lebih unik dan menarik, serta memiliki nilai jual yang tinggi. Contoh seperti tote bag tas belanja lipat yang tersedia di Tshirtbar adalah jenis tote bag unik karena ukurannya yang besar namun bisa dilipat menjadi sangat kecil.

Baca Juga: Tote Bag: Salah Satu Jenis Tas Yang Wajib Kalian Punya

Tips Memilih Tas Jinjing dengan Tepat

Setelah mengetahui perbedaan dari kedua jenis tas jinjing yakni goodie bag dan tote bag, selanjutnya Anda perlu memilih tas tersebut dengan tepat. Lantas bagaimana cara memilih tas jinjing yang baik? Di bawah ini terdapat beberapa tips dalam memilih tas jinjing yang bisa Anda coba.

  • Memilih kualitas bahan tas. Dalam memilih kualitas bahan, Anda harus cermat ketika menentukannya, yakni memilih bahan sesuai dengan desain serta kebutuhan. Misalnya seperti bahan kanvas, blacu atau spunbond.
  • Memilih desain yang sesuai. Jika Anda membuat tas jinjing sebagai media promosi perusahaan sebaiknya Anda menggunakan desain yang sederhana namun tetap profesional. Sementara jika untuk dipakai sehari-hari, Anda bisa menggunakan desain yang unik, menarik, serta sesuai karakter Anda.
  • Mencetak dengan kualitas sablon berkualitas. Anda juga perlu memilih tempat percetakan sablon yang tepercaya dan terbaik, utamakan kualitas demi menjaga daya tahan serta tampilan tas yang lebih baik.

Baca Juga: Sebelum Memproduksi Tote Bag Full Color, Kenali Dulu 4 Jenis Kainnya!

Untuk proses cetak custom tote bag biasanya dicetak menggunakan poliflex, DTG, sablon manual dan sublimasi tergantung dari bahan dan desain yang diinginkan. Tote bag yang di cetak menggunakan print sublimasi akan sangat awet, sebab akan menyatu langsung dengan bahan kainnnya. Berbeda dengan tas tote bag yang diprint menggunakan print lainnya, print sublimasi memungkikan tote bag untuk mendapatkan cetakan gambar diseluruh permukaan kain.

Bagi Anda yang sedang mencari tas goodie bag atau tote bag custom yang memiliki kualitas bahan serta sablon yang berkualitas, Anda bisa percayakan kepada Tshirtbar. Hubungi tim sales kami sekarang juga!

Referensi:

https://blog.printerous.com/id/goodie-bag-tote-bag-kenali-perbedaannya-sebelum-mencetak/

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 201