Cara Merawat Jaket Kulit agar Tetap Awet

Jaket kulit adalah jaket yang eksklusif dan tidak semua orang miliki. Biasanya pengguna jaket kulit memiliki kebanggaan tersendiri saat dipakai, contohnya seperti jaket pilot tentara Amerika, jaket motor gede dan klub organisasi lainnya. Jaket bahan kulit juga biasanya bernilai sangat tinggi, terutama jika terbuat dari kulit asli. Harganya bisa mencapai jutaan, atau belasan juta, bahkan lebih. 

Oleh karena itu kita tidak bisa merawat jaket ini, maka akan cepat rusak dan nilainya akan menurun terus menerus. Tidak sedikit barang-barang berbahan kulit asli seperti jaket kulit masih bisa dijual kembali di kemudian hari jika memiliki nilai sentimental atau memorabilia.

Baca juga: Cara Mencuci Jaket Jeans agar Tidak Pudar

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk merawat jaket kulit dengan benar:

  1. Baca instruksi perawatan
    Pastikan kamu memeriksa instruksi perawatan jaket yang biasa menggantung bersamaan dengan label ukuran jaket. Di situ biasanya pembuat jaket memberikan cara mencuci dan larangan apa saja yang dapat merusak jaket tersebut. Pastikan kita mengikuti instruksi tersebut. Namun tidak jarang juga jika label tersebut tidak terpasang pada jaket.
  2. Pastikan mencuci jaket dengan cara yang benar
    Mencuci jaket kulit tidak sama dengan mencuci pakaian biasa, kita bisa mencampur jaket kulit ke dalam cucian baju lainnya. Jaket kulit sebaiknya dicuci menggunakan deterjen cair dan dilap dalam keadaan kering. Membersihkan residu deterjen juga dilakukan dalam keadaan kering.
  3. Gunakan semprotan waterproof
    Salah satu cara agar jaket kulit tetap awet untuk waktu yang lama ialah dengan menyemprotkan permukaan jaket dengan semprotan waterproof. Sebaiknya begitu kita membeli jaket kulit yang baru, hal pertama yang harus kita lakukan ialah disemprot waterproof. Semprotan ini yang berguna untuk memberikan lapisan waterproof di permukaan kulit, gunanya ialah agar pori-pori bahan kulit tidak mudah tembus oleh cairan. Jika terdapat cairan terlalu lama pada pori-pori kulit, maka kulit akan mudah rusak karena basah. Dengan kondisi waterproof jaket kulit akan jauh lebih awet.
  4. Gunakan conditioner untuk produk tekstil kulit
    Untuk menjaga permukaan bahan kulit, kita perlu rutin memberikan conditioner atau obat perawat bahan kulit. Aplikasinya tidak perlu terlalu sering, cukup dengan diberikan sekali dalam setahun. Tak jauh beda dengan kulit manusia, bahan jaket kulit pun bisa mengalami degradasi akibat pemakaian. Faktor eksternal seperti cuaca, debu dan lain-lain dapat memperpendek usia jaket kulit. Dengan conditioner, jaket akan tetap lembut untuk waktu yang lebih lama.
  5. Gunakan jasa pembersih professional
    Merawat jaket kulit, terutama yang berharga mahal tidak lah mudah. Metode pencucian jaket kulit juga tidak mudah, bahkan terkadang membutuhkan alat khusus seperti dry cleaner yang kita belum tentu punya. Maka ada baiknya jika kita serahkan saja ahlinya. Jasa pencuci jaket kulit bisa ditemukan di laundry atau tempat cuci sepatu. Tentu biayanya akan lebih mahal dari baju biasa.
  6. Simpan dengan baik
    Menyimpan jaket kulit tidak sama dengan jaket atau baju biasa. Untuk menyimpannya, jaket harus digantung dihanger atau diletakkan terbuka tanpa terlipat. Jika jaket kita lipat seperti baju biasa, maka bahan kulit akan cepat rusak.

cara merawat jaket kulitMerawat jaket kulit memang tidak mudah, perlu perhatian khusus untuk memeliharanya. Hal ini berbeda jauh dengan jaket berbahan dasar fleece cotton atau fleece PE, sebab cukup dengan melakukan pencucian standar, jaket tetap bisa tahan lama.

Baca juga: Apa itu Sablon Plastisol beserta Kelebihan dan Kekurangannya?

Di Tshirtbar, kamu bisa memesan jaket berbahan fleece cotton atau fleece PE yang kamu bisa custom dengan desain kamu sendiri. Desain dicetak dengan printing DTF yang awet dan tahan lama, untuk informasi lebih lanjut kunjungi lama berikut https://tshirtbar.id/print-jaket-satuan/ atau hubungi sales kami untuk melakukan pemesanan https://tshirtbar.id/pesan-sekarang/ 

Sumber: https://www.wikihow.life/Clean-a-Leather-Jacket 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *