Last Update: August 18th, 2021 at 8:22 am

Cara Mencuci Jaket Jeans agar Tidak Pudar

Jaket jeans cukup populer dikalangan anak muda untuk tampil gaya karena bahannya yang cukup tebal dan bisa tampil keren jika dipadukan dengan pakaian atau bawahan yang cocok. Jaket Jeans terbuat dari bahan jeans yang biasanya dipakai untuk celana jeans. Jaket ini juga sering disebut dengan jaket denim sebab bahan jeans juga seringkali disebut sebagai bahan denim.

Sebelum mulai membahas cara mencuci bahan jeans, pertama-tama kita harus mengenali apa itu bahan jeans. Jeans sendiri merujuk kepada bentuk hasil jadinya, sedangkan bahan kain tersebut lebih tepat jika disebut dengan nama Denim. Bahan denim itu sendiri adalah bahan yang terbuat dari katun yang ditenun silang atau twill weave sehingga menghasilkan hasil tenun yang menyilang, tebal dan kuat. Ciri tebal dan kuat ini didapat disebabkan karena penggunaan bahan ini waktu itu dibutuhkan untuk celana pekerja tambang. Celana ini akhirnya disebut dengan celana jeans dan menjadi trend di seluruh dunia.

Langkah-Langkah Mencuci Jaket Jeans

Untuk mencucinya, sebenarnya tidak terlalu sulit sebab bahan ini terbilang cukup bandel. Namun kita tetap perlu memperhatikan beberapa hal agar jaket jeans kita bisa awet dan terutama warnanya tidak pudar. Berikut adalah caranya:

Sebelum memasukan bahan jeans ke dalam cucian, ada baiknya untuk membuat kotor, debu dan bulu yang menempel pada bahannya dengan sikat lembut atau dengan lint roller. Sebenarnya bahan jeans bukanlah bahan yang perlu dicuci terus menerus, menggunakan sikat lembut atau lint roller untuk membersihkan kotoran pada bahan bisa dilakukan setiap saat dan mengurangi kebutuhan pencucian untuk dilakukan setiap saat.

1. Hindari Penggunaan Deterjen yang Keras

Deterjen keras di sini berarti deterjen dengan campuran kimia yang keras yang sering ditemukan di deterjen yang dipakai untuk menghilangkan noda biasanya sulit dibersihkan dengan deterjen biasa. Karena deterjen yang keras dapat membuat warna bahan jeans jadi cepat pudar.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Jaket Parka dan Fungsinya

2. Cuci Jaket Dengan Keadaan Bagian Dalam Jaket Keluar

Sebelum melakukan pencucian, tarik bagian dalam jaket hingga bagian dalam menjadi bagian luar. Tujuannya adalah untuk melindungi warna bahan sehingga terkena kucekan secara langsung sehingga mengurangi kemungkinan terjadi penurunan warna bahan. 

Baca Juga: 3 Bahan Jaket yang Bagus dan Nyaman Dipakai

3. Gunakan Setting Pencucian Air Dingin dan Kucekan Ringan

Jika memungkinkan, cuci jaket jeans dengan pencucian tangan ketimbang mesin cuci, namun jika tidak memungkinkan, gunakan setting kucekan ringan dan setting temperatur air agar dicuci dalam keadaan dingin. Jika kita menggunakan air panas untuk mencuci bahan jeans, maka bahan tersebut akan berpotensi untuk menyusut dan warnanya memudar.

Jika terdapat noda membandel satu bagian jaket atau lebih, kita bisa membersihkannya dengan mengaplikasikan deterjen ke areal tersebut, mengucek dan membilas jaket sampai bersih.

Baca Juga: 4 Hal Jaket untuk Lari yang Penting kamu Perhatikan

Untuk pengeringan, penggunaan dryer untuk mengeringkan sangat tidak disarankan. Sehingga disarankan untuk membiarkan jaket agar dapat kering dengan sendirinya dengan cara diletakkan di atas permukaan rata. Hindari menggantung jaket jeans dengan hangar, agar bentuk jaket tetap rapi dan tidak berubah akibat hangat.

Sekarang kalau sudah tau cara mencuci jaket jeans, maka kita bisa tetap pede untuk dipakai kapan saja. Jaket jeans cocok dipadukan dengan kaos sebagai pakaian dalam. Bahan yang cocok adalah bahan cotton combed 30s yang tidak tebal dan nyaman dipakai. Untuk memesan kamu bisa menghubungi sales kami di https://tshirtbar.id/pesan-sekarang/ 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *