Cara Memulai Bisnis Kaos Custom dari Rumah

Bisnis rumahan menjadi salah satu aktivitas usaha yang semakin banyak diminati. Ide bisnisnya pun sangat beragam, mulai dari produk hingga jasa. Adapun salah satunya yang masih memiliki potensi cerah di masa kini dan mendatang adalah bisnis kaos custom.

Kaos custom punya pasar yang sangat luas, baik di kota besar maupun kecil, untuk kalangan konsumen muda maupun dewasa, hingga kelompok sosial tertentu. Maka dari itu, wajar jika pelaku usaha kaos custom pun telah menjamur.

Namun, hal tersebut sama sekali tak menutup peluang Anda untuk meraih kesuksesan jika ingin berkecimpung dalam usaha ini. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan bisnis kaos custom rumahan yang dapat dilakukan untuk dapat bersaing.

Melakukan Riset

Setiap bisnis—apa pun jenis dan skalanya—harus didasari dengan riset. Dalam riset ini, beberapa hal penting yang perlu dilakukan seperti melihat kompetitor (kualitas dan harga yang ditawarkan), menentukan segmentasi pasar (jumlah minimal pesanan, kelompok tertentu yang biasanya memiliki permintaan khusus, hingga ke cara pemasaran ke masing-masing kelompok), mengetahui jenis-jenis kaos custom (mulai dari teknik hingga tren terkini), dan lain-lain.

Guna memudahkan riset, Anda bisa menggunakan tool khusus berupa Business Model Canvas. Kerangka kerja ini akan membantu Anda dalam melakukan perincian serta pemahaman bisnis kaos custom secara keseluruhan sehingga persiapan dapat dilakukan secara lebih matang.

Menyiapkan Modal

Banyak orang yang berpikir bahwa modal utama bisnis kaos custom adalah dengan membeli mesin-mesin produksi. Nyatanya, hal tersebut sangat bergantung pada cara bisnis yang akan dilakukan. Jika Anda memilih untuk bermitra dengan pihak lain yang memang sudah memiliki perangkat tersebut, tentu tidak perlu membeli lagi, bukan?

Oleh karena itu, modal utama dalam bisnis kaos custom adalah mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan kaos custom itu sendiri, seperti teknik atau teknologi yang terkait, kualitas produk, tren yang digemari konsumen, dan sebagainya.  Barulah setelah itu, Anda dapat menentukan modal lainnya yang dapat dibutuhkan dan menghitung jumlahnya, mulai dari kebutuhan suplai, ongkos produksi, hingga bujet untuk pemasaran.

Baca juga: Pilihan Merchandise Unik untuk Hadiah Acara Kantor

Mendapatkan Pemasok Berkualitas

Kualitas kaos merupakan salah satu elemen penting dalam menentukan kualitas produk dan kepuasan serta loyalitas konsumen. Carilah supplier bahan kaos berkualitas yang memberi harga kompetitif serta dapat dipercaya untuk diajak bekerja sama.

Perlu diketahui, ada sangat banyak jenis kaos yang dapat digunakan, antara lain: cotton combed, cotton modal, cotton bamboo, fancy fabrics, dan sebagainya. Masing-masing mempunyai karakter serta peruntukan yang berbeda.

Memasarkan dengan Tepat

Ingatlah bahwa Anda bukan satu-satunya pelaku bisnis kaos custom. Karena itu, promosi merupakan kunci penting lainnya untuk memenangkan persaingan usaha konveksi yang satu ini.

Teknik pemasaran yang akan dilakukan perlu disesuaikan dengan segmentasi pasar. Jika Anda mengejar pelanggan korporat, maka pendekatannya cukup berbeda dibandingkan dengan pelanggan lainnya seperti mahasiswa, anak sekolah, atau kelompok lainnya. Mempelajari karakter konsumen akan membantu Anda memperoleh engagement lebih tinggi sehingga peluang sukses pun turut meningkat.

Tak lupa, pastikan Anda ‘mudah ditemukan’ oleh calon konsumen. Manfaatkan online platform untuk memudahkan penyebaran informasi keberadaan bisnis Anda. Selain media sosial, Anda juga dapat menggunakan website untuk kesan lebih profesional.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis kaos custom dari rumah. Sebagai langkah awal, tak perlu terburu membuat dalam skala besar sehingga lebih mudah pula bagi Anda untuk mengamati progress usaha. 

Semoga bermanfaat!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *