Last Update: October 20th, 2020 at 11:47 pm

Inspirasi Model Sablon Glow in the Dark yang Tidak Mainstream

Sablon glow in the dark kini populer di kalangan anak muda. Sablon jenis ini memang unik karena saat terang justru tak terlihat, dapat terlihat bahkan menyala ketika dalam gelap. Awalnya sablon kaos jenis ini digunakan saat musim dingin atau musim salju di negara-negara Eropa dan lain-lain yang mengalami musim ini. Di mana matahari akan lebih jarang muncul. Artinya mereka akan selalu diliputi kegelapan. Maka terciptalah sablon glow in the dark. Kita di Indonesia yang tak mengalami musim dingin, juga bisa mencoba sablon yang satu ini. Berikut adalah inspirasi model sablon glow in the dark yang tidak mainstream.

Motif Rasi Bintang

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa sablon glow in the dark akan terlihat saat justru saat gelap. Maka waktu terbaik untuk menggunakan pakaian ini adalah saat malam hari. Ketika bintang-bintang mulai bermunculan. Menarik tentunya jika ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat desain bertema astrologi.

Baca Juga : Tips Mencuci Baju Sablon Agar Tidak Luntur dan Rusak

Anda bisa membuat semacam rasi bintang favorit pada kaos atau jumper hoodie Anda. Selain menarik ini juga dapat menjadi media belajar yang seru untuk anak-anak. Anda bahkan dapat menyablon rasi bintang ini pada tirai kamar jendela anak. Pasti akan terlihat sangat menarik, sebuah kamar yang memiliki tirai glow in the dark dengan motif rasi bintang.

Flora Fauna

Masih tentang alam. Anda juga dapat mencoba motif-motif lucu dari flora dan fauna. Anda bisa menggali lebih jauh dunia flora dan fauna yang memiliki cahaya bioluminescent, seperti ubur-ubur, kunang-kunang, atau jamur. Tentunya akan benar-benar keren saat menyala dalam kegelapan. Untuk pengenalan anak pada dunia sains, Anda bisa mencetaknya di atas piyama katun mereka. Ini akan menjadi hadiah yang sempurna untuk anak-anak yang biasanya sangat antusias pada fakta-fakta menarik tentang alam. Coba Anda gali pengetahuan ikan-ikan di laut dalam, seperti anglerfish yang sangat menawan ketika glow in the dark.

Geometris

Jika Anda penggemar matematika. Maka sangat inspiratif tentunya jika Anda dapat menuangkan ide-ide geometris atau bangun ruang pada kaos Anda. Warna neon pada hoodie hitam misalnya akan terlihat sangat bagus jika didesain menggunakan materi-materi yang ada di ilmu matematika. Mainkan imajinasi visual Anda untuk mendapatkan hasil motif glow in the dark yang memumaskan

Misteri

Tinta silkscreen sebagai bahan dasar pembuatan sablon ini sempurna untuk menuangkan ide kreatif dengan kerangka tengkorak yang dicetak pada kain berwarna gelap, bayangkan jika motif tengkorak ada di kaos glow in the dark. Beberapa negara yang memiliki budaya pesta hantu atau semacam itu melakukan hal ini. Kostum-kostum bertemakan horror akan menjadikan malam Anda semakin seru. Lakukan bersama dengan keluarga kecil Anda di rumah.

Teknik sablon glow in the dark ini memang lebih cocok diaplikasikan pada kain-kain atau kaos sablon berwarna gelap, namun tidak menutup kemungkinan juga pada kain putih. Namun feel-nya akan lebih mudah dapat dengan kain-kain gelap.

Namun sebelum kamu memutuskan membuat sablon glow in the dark, perlu kamu ketahui bahwa sablon ini akan menghasilkan cetakan yang tebal sehingga dalam penggunaanya akan sedikit mengganggu kenyamanan. Maka disarankan untuk mengaplikasikan teknik sablon ini pada satu atau dua pakaian saja.

Selain itu, dalam perawatan kain dengan sablon glow in the dark mempunyai treatment khusus. Anda harus mencucinya secara terpisah dengan pakaian lain. Menjaga kemungkinan lunturnya sablon. Lalu saat mencuci kaos sablon Anda harus lebih berhati-hati saat sedang mengucek. Sangat tidak disarankan menggunakan mesin cuci. Ketika menyetrika, jangan kenakan sablon pada permukaan panas setrika. Hal ini karena tinta sablon kaos akan meleleh dan menempel pada setrika nantinya. Setelah sudah siap dengan semua resiko itu. Berikut tahapan penyablonannya:

  1. Pertama yang dilakukan dalam sablon tentunya proses desain. Anda dapat menggambar apa pun yang Anda inginkan. Sesuaikan ukurannya pada baju yang ingin Anda aplikasikan. Media gambarnya bisa berupa gambar tangan, vektor, bahkan foto.
  2. Setelah proses gambar selesai dibuat, berikutnya adalah proses pembuatan film.
  3. Proses pembuatan selanjutnya dinamakan stencil. Proses ini memindahkan desain yang telah tercetak pada film menuju screen
  4. Berikutnya adalah proses penyablonan. Tahapan ini adalah penentu, apakah hasil sablon akan baik atau tidak. Maka beberapa teknik sablon perlu diperhatikan, seperti teknik sapuan rakel. Proses ini terdiri dari dua langkah: Sablon menggunakan warna dasar dan sablon menggunakan pasta, tinta, dan serbuk glow in the dark. Untuk tipe tinta plastisol atau rubber dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pengeringannya. Sehingga biasanya akan digunakan alat pemanas khusus.

Setelah kering, sablon kaos glow in the dark Anda siap untuk digunakan. Selamat mencoba dan berksplor ya!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *