Last Update: July 8th, 2021 at 1:09 pm

Cara Menghilangkan Getah di Baju

Pada setiap batang pohon, daun atau bunga terdapat cairan dari dalam yang disebut dengan getah. Biasanya berwujud seperti cairan kental dan pekat yang mudah menempel ke permukaan benda lain. Tidak jarang juga getah dapat menempel pada baju. Misalnya jika kita harus mengupas buah atau memotong batang pohon, maka getah bisa mengalir keluar dari batang pohon. Jika terkena baju, maka getah akan langsung menempel begitu saja seperti lem, lalu jika kita hendak mengusap getah tersebut akan sulit sebab getah cukup meresap ke serat kain oleh karena itu kita perlu tau cara menghilangkan getah di baju secepatnya agar tidak meninggalkan bekas noda.

Biasanya getah memiliki bau khas yang sering kita temui pada batang pohon dan bisa membuat kita jadi tidak nyaman ketika memakai baju yang terkena noda getah. Warna noda pun cukup mudah terlihat, biarpun jika menggunakan baju berwarna hitam, sebab getah bisa berwarna putih pekat dan akan mudah terlihat pada baju warna hitam atau warna lainnya. Lalu bagaimana jika mendapati noda getah pada baju kita? Ada beberapa cara menghilangkan getah di baju, berikut adalah cara-caranya:

Menghilangkan getah di baju dengan alkohol

Menghilangkan getah di baju dengan alkohol

Sebelum bisa mulai menggunakan alkohol untuk membersihkan getah, baju harus dimasukan ke dalam freezer selama beberapa menit sampai getah membeku. Setelah membeku kita akan bisa menggosok getah menggunakan pisau plastik atau spatula, getah yang membuka akan mudah pecah biarpun mendapatkan sedikit sentuhan dari pisau plastik. Baru lalu kita gunakan cairan alkohol untuk membersihkan sisa noda yang masih ada di baju. Getah akan terlihat cukup mudah dihilangkan dengan alkohol, setelah itu baru masukan baju ke dalam mesin cuci menggunakan setting yang paling panas, namun masih terhitung aman untuk baju tersebut.

Menghilangkan dengan Pembersih Noda dan Pemutih

Menghilangkan dengan Pembersih Noda dan Pemutih

Pastikan terlebih dahulu bahwa cara ini dilakukan ke baju putih karena adanya penggunaan pemutih. Jika tidak, maka akan memungkinkan untuk merusak warna baju yang bukan putih. Gunakan pembersih noda yang bisa didapat dipasaran dengan cara mengusap cairan tersebut ke areal noda sampai merata. Diamkan baju selama 30 menit, setelah baru cuci baju dengan deterjen seperti biasa. Jika noda ternyata masih membandel dan baju kebetulan juga berwarna putih, campurkan pemutih di mesin cuci. Proses pencucian mungkin harus dilakukan berulang kali sampai noda benar-benar bersih.

Menggunakan deterjen dan ammonia untuk atasi noda

Menggunakan deterjen dan ammonia untuk atasi noda

 

Segala jenis deterjen yang umum dipakai bisa kita gunakan juga untuk membersihkan noda getah. Sebelum langsung memasukan baju ke dalam cucian, tuang sedikit deterjen ke areal noda dan gosok bagian tersebut sampai merata. Diamkan baju selama 30 menit. Campur cairan ammonia bening dan air, masukan ke dalam botol semprotan halus. Semprotkan larutan tersebut ke permukaan noda. Dilanjutkan dengan memasukan cucian ke dalam mesin cuci sambil mengstel air ke setting air hangat dan bilas sampai bersih.

Jangan lupa untuk mengunjungi tshirtbar.id untuk memesan kaos custom dengan desain yang kamu inginkan, tersedia kaos berbahan katun 100% berkualitas, bahan dryfit yang bisa difullprint sesuai desain keiinginan kamu, jaket, topi dan banyak produk lainnya. Semuanya bisa dipesan tanpa minimum order. Cukup hubungi sales Tshirtbar untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *