Apa Itu Tote Bag? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu tote bag? Bagi sebagian orang, sebutan tote bag mungkin tidak terlalu familiar. Tote bag juga sering dikenal dengan istilah tas bahu atau tas cangklong karena memang cara membawa tote bag adalah dengan menggantungnya di pundak atau sekadar menjinjingnya di tangan. Untuk lebih tahu soal apa itu tote bag, berikut ulasan lengkapnya untuk Anda. 

 

Pengertian dan fungsi tote bag

Bagi yang belum tahu apa itu tote bag, tas ini pada dasarnya adalah tas klasik Amerika yang cenderung dipakai untuk membawa apa saja. Desainnya sederhana dan lebih difokuskan pada usability, alias fungsi. Di awal kemunculannya, tas ini bentuknya besar, terbuka, dan memiliki pegangan yang ditempatkan di bagian tengah masing-masing. Tote bag klasik menggunakan tali melengkung, meski sekarang ini variasi tali sudah lebih banyak ditemukan. 

 

Seiring dengan perkembangan dan perubahan, tote bag tidak lagi dipakai hanya untuk membawa barang belanjaan. Banyak anak muda yang menggunakan tas ini sebagai fashion. Tote bag dipakai untuk jalan ke mall, piknik, wisata, atau bahkan pergi ke tempat kursus dan kuliah. 

 

Keunggulan tote bag

Sampai di sini Anda pasti sudah lebih memahami apa itu tote bag beserta dengan fungsinya. Tas satu ini dapat Anda gunakan sebagai kantong belanja untuk barang-barang bawaan yang tidak terlalu berat atau besar. Boleh juga tote bag dipakai untuk tas fashion saat jalan ke mall, sekadar jalan atau nongkrong, dan piknik. Jadi, sangat multifungsi sekali, kan?

 

Lalu, alasan mengapa tote bag sangat populer di kalangan anak muda maupun orang tua, selain karena fungsi, antara lain sebagai berikut:

  • Simple

Tote bag termasuk golongan tas yang simple dan tidak akan merepotkan penggunanya. Tas ini hanya perlu digantungkan ke bahu atau dijinjing dengan menggunakan tangan. Cukup dengan satu tangan, Anda sudah bisa membawa tote bag ke mana-mana. 

 

  • Elegan

Sebagai salah satu barang fashion, tote bag memiliki tampilan kasual nan elegan. Biasanya anak muda melakukan mix and match outfit kasual mereka dengan tote bag. Contoh, celana jeans, kaos, jaket, sneakers, lalu tote bag. Kalau mau ganti jeans dan kaos dengan dress juga bisa. Intinya, tote bag bisa dipakai untuk outfit apa saja karena terlihat santai dan modis. 

 

  • Motif dan ukuran beragam

Dulu mungkin variasi jenis dan model tote bag lebih sedikit. Tetapi sekarang karena ada lebih banyak kalangan yang menyukai dan menggunakannya, tote bag dibuat lebih bervariasi dalam hal motif dan ukuran. Ada motif tote bag sangat simple dengan hanya gambar kecil atau kata-kata quote. Ada pula yang polos, namun memiliki warna-warna colorful. Ukuran tote bag pun kini semakin bertambah. Ada ukuran kecil, sedang, hingga besar. 

 

Baca juga: Rekomendasi Tote Bag untuk Kuliah

 

Jenis bahan tote bag

Mengetahui apa itu tote bag tidak akan lengkap tanpa memahami jenis bahan pembuatnya. Pasalnya, tote bag saat ini dibuat dengan berbagai jenis bahan berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan dan harga jual. Berikut ini jenis bahan tote bag yang paling banyak digunakan:

  • Kain spunbond

Kain spunbond adalah bahan yang terbuat dari plastik dan diolah dengan menggunakan bahan kimia serta cat yang dipanaskan. Karena bahan ini tidak terlalu kuat menahan beban, maka tote bag dari bahan spunbond direkomendasikan sebagai tas belanja untuk menampung barang hingga 3-4 kg. 

 

  • Kain blacu

Kualitas blacu ada di atas spunbond. Makanya, tote bag dari bahan ini lebih bisa menampung beban barang hingga 4-6 kg. Kain blacu sendiri adalah daur ulang kain mori yang belum diputihkan, sehingga warnanya cenderung krem atau putih gading. Namun, ada juga kain blacu yang sekarang ini warnanya sudah putih keseluruhan. 

 

  • Kain kanvas

Kain kanvas adalah bahan yang paling banyak dipakai untuk tote bag. Kain ini menggunakan tenunan polos dengan teknik rajut yang membuatnya kokoh, kuat, dan tahan lama untuk membawa beban berat. Kain kanvas adalah pilihan terbaik bahan tote bag berkualitas dan awet. 

 

Pertanyaan mengenai apa itu tote bag kini sudah terjawab. Tas ini biasa dipakai untuk membawa barang belanja, meski tidak menutup kemungkinan jadi barang fashion. Apabila Anda tertarik mencetak sendiri desain tote bag yang sesuai dengan selera, silahkan hubungi Tshirtbar. Kami menyediakan jasa Cetak Tas Tote Bag Custom Satuan dengan berbagai pilihan bahan, mulai dari kanvas hingga taslan, tanpa ada minimum order! 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *