Apa Itu Cotton Bamboo dan Keunggulannya?

Industri pakaian terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Bukan hanya dari segi mesin yang digunakan untuk produksi, bahan materialnya juga semakin bervariasi. Salah satu contohnya adalah jenis kain yang digunakan untuk membuat baju kaos yakni cotton bamboo atau katun bambu. Apa itu cotton bamboo dan apa saja kelebihannya dibanding kain katun yang lain?

Apa itu cotton bamboo? Seperti namanya, kain katun satu ini dibuat dengan campuran antara benang katun dengan benang yang dihasilkan dari serat batang bambu pilihan. Karena memiliki beragam keunggulan, katun bambu sering digunakan sebagai material pembuat baju bayi. Harganya pun cenderung lebih mahal.

Karena harga jualnya tinggi, kualitasnya pun tak perlu diragukan. Teksturnya lembut, halus dan terasa sejuk di badan. Selain itu, cotton bamboo juga memiliki beberapa kelebihan yakni:

 

Mampu Menghalau Bakteri

Secara alami, bambu memiliki zat anti bakteri yang bernama penny quinone.  Zat ini juga terkandung dalam serat benang yang dipakai dalam produksi kain katun bambu. Tidak heran jika katun satu ini memiliki sifat anti bakteri yang tentu saja membuatnya semakin nyaman dikenakan.

 

Nyaman Dipakai

Kain katun bambu memiliki bobot yang cenderung ringan. Permukaannya halus, lentur serta memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi. Ini menjadikan katun bambu sebagai material pembuat kaos yang baik. 

Baca juga: Bagaimana Bahan Kaos Terbaik Untuk Beraktivitas?

 

Breathable dan Punya Daya Serap Tinggi

Salah satu kemampuan kain yang banyak dicari orang adalah kemampuan kain untuk ditembus udara. Kain katun bambu memiliki serat-serat yang dapat dengan mudah dilalui udara sehingga tidak gerah saat dipakai. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa katun bambu banyak dipakai untuk membuat baju bayi.

Selain memiliki sifat breathable, jenis katun ini juga punya daya serap tinggi. Ini membuatnya tidak mudah lembab dan tidak cepat berbau saat dipakai.

 

Menangkal Efek Buruk Sinar Ultraviolet

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh cotton bamboo adalah kemampuannya menghalau efek buruk sinar UV. Daya tahannya bahkan 417 kali lebih tinggi dibanding material pakaian lainnya. Tak heran jika katun ini sangat cocok digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan.

 

Mampu Beradaptasi dengan Lingkungan

Jika Anda mengenakan baju berbahan katun bambu di siang hari, kainnya akan terasa dingin di kulit. Sebaliknya, jika dikenakan pada malam hari atau ketika Anda sedang berada di daerah bercuaca dingin, kainnya akan menghangatkan kulit.

 

Tidak Menyebabkan Alergi

Katun bambu merupakan jenis kain yang dibuat dengan menggunakan serat halus, tanpa proses kimia. Bagi orang-orang yang rentan terhadap alergi kulit, pemilihan pakaian dengan bahan katun bambu sangat cocok karena tidak menyebabkan alergi.

 

Ramah Lingkungan

Secara mengejutkan, sampah bekas pakaian ternyata menyumbang angka yang cukup besar dalam pertambahan volume sampah yang dihasilkan manusia setiap tahunnya. Selain mendaur ulang pakaian, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir nya adalah dengan mengganti material pakaian dengan yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu pilihan yang tersedia saat ini adalah katun bambu. Katun bambu merupakan kain ramah lingkungan dan mudah terurai ketika dibuang (degradable).

 

Setelah mengetahui apa itu cotton bamboo dan keunggulannya, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih material ini. Tidak hanya untuk digunakan sendiri, tapi juga untuk material produksi jika Anda adalah pengusaha pakaian atau konveksi. 

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *