Jenis-jenis jaket hoodie

Disaat cuaca sedang sering hujan, sering bepergian menggunakan kendaraan bermotor atau sering keluar masuk yang sangat dingin. Maka kita memerlukan pakaian tambahan di luar kaos kita saja untuk melindungi tubuh. Jaket pun bisa berfungsi menjadi pelindung kulit ekstra dari debu polusi dan faktor lainnya.

Jaket hoodie adalah jaket yang memiliki topi kupluk yang sering dinamakan sebagai hoodie yang bisa melindungi kepala kita. Hoodie ini bisa bermanfaat jika cuaca sangat dingin, terdapat tiupan angin kencang. Hoodie menjadi populer di tahun 70an di New York di tengah-tengah kalangan musisi hip hop dan menjadi trend fashion.

Biasanya hoodie menggunakan bahan fleece yang cukup tebal. Namun ada beberapa jenis jaket hoodie yang paling umum dipakai dipasaran? Berikut adalah penjelasannya.

Berdasarkan bahan, ada beberapa jenis bahan hoodie yang sering dipakai:

  1. Bahan Fleece Cotton

    Istilah fleece merujuk pada bahan yang memiliki dua permukaan, yang di dalam berbulu dan hangat, sedangkan bagian luar licin dan halus. Bahan Cotton Fleece merupakan bahan paling premium yang dipakai untuk hoodie, sebab bahan ini terbuat dari katun 100%. BIasanya bahan ini tebal memiliki gramasi di atas 280 gsm. Sehingga cocok dipakai cuaca dingin, seperti di musim dingin. Walhasil, hoodie ini memiliki harga yang mahal karena harga bahan bakunya yang tinggi.

  2. Bahan PE Fleece

    Karena bahan hoodie cenderung mahal, maka diciptakanlah bahan PE fleece. Sama-sama jenis fleece namun terbuat dari 100% polyester. Sekilas bahan ini tampak serupa, namun akan terasa berbeda saat dipakai. Bahan PE Fleece tidak sehalus Cotton fleece, tidak stretch dan tidak senyaman fleece cotton.

  3. Bahan baby terry

    Sepintas bahan fleece dan baby terry terlihat serupa, namun jika dipegang akan terasa perbedaannya. Baby terry memiliki tekstur bagian dalam yang tidak lebat berbulu seperti fleece. Selain itu baby terry juga lebih tipis. Ini adalah bahan nomor 2 yang paling sering dipakai untuk hoodie. Namun biasanya bahan ini dipakai untuk cuaca yang tidak terlalu dingin. Bahan baby terry sendiri juga memiliki versi katun dan versi polyesternya.

Bahan-bahan lain seperti microfibre, parasut, taslan juga sering dipakai untuk bahan dasar hoodie sebab istilah hoodie sering dipakai hanya untuk bagian penutup kepalanya, dan badan jaketnya tidak harus seperti hoodie pada umumnya. Contohnya jaket motor bisa saja memiliki hoodie.

Dari segi model, jaket hoodie sebenarnya tidak terlalu banyak variasinya, yaitu:

  1. Hoodie

    jenis jaket hoodieIni adalah bentuk umum dari hoodie, di bagian badan serupa dengan sweater tapi memiliki kantong di bagian tengah yang bisa diakses dengan kedua tangan kita dari kanan dan kiri. Di pergelangan tangan terdapat rib, di pinggang juga terdapat rib. Hoodie jenis ini sering memiliki sablon di bagian dada sebab areal cetaknya cukup luas. Harga hoodie seperti tergolong lebih murah dari jenis lainnya sebab pembuatannya tidak terlalu rumit.

  2. Zip Hoodie

    Jenis Jaket HoodieBerbeda lagi pada jenis hoodie seperti ini, pada dasarnya zip hoodie mirip dengan hoodie biasa. Namun yang menjadi pembeda terbesarnya adalah terdapat resleting yang membelah bagian tengah jaket. Zip hoodie membuat pemakainya lebih fleksibel untuk tampil, bisa sambil tertutup atau terbuka. Kantong bagian tengah juga masih ada, namun kelemahan terbesarnya adalah bagian dada yang menjadi lebih sulit untuk disablon sebab resleting mengganggu proses sablonnya.

Di Tshirtbar kamu bisa memesan hoodie yang memiliki ragam jenis, seperti Hoodie dan Zip hoodie. Bahan yang tersedia juga ada yang premium cotton fleece dan pe fleece. Semua hoodie bisa dipesan tanpa minimum order dan bisa disablon dengan sablon digital DTF yang sedang naik daun belakangan ini. Tersedia juga jaket yang terbuat dari bahan parasut dan microfibre.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://tshirtbar.id/print-hoodie/ atau pesan langsung di https://tshirtbar.id/pesan-sekarang/ 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *