Last Update: July 8th, 2021 at 2:48 pm

Cara Menghilangkan Minyak di Baju

Noda minyak seringkali menempel baju kita, terutama jika kita sering memasak di mana minyak seringkali terlempar-lempar dan menempel ke baju. Terlebih lagi, noda minyak tergolong bandel. Penyebabnya karena minyak memiliki tendensi untuk berubah dari cair menjadi lebih padat saat temperaturnya berkurang, sehingga semakin susah juga untuk dihilangkan.  Terutama jika minyak menempel pada bahan sintentis atau polyester, sebab bahan polyester pada umumnya juga berawal dari senyawa yang sama dengan minyak sehingga minyak senang sekali bisa menempel pada bahan polyester.

Maka sering sekali noda minyak membuat pemilik baju menyerah dengan keadaan dan harus segera mencari cara menghilangkan minyak di baju. Namun, harusnya tidak perlu terlalu cepat menyerah dan berkecil hati, sebab ada kemungkinan untuk menghilangkan noda minyak pada baju.

Menghilangkan minyak di baju sangat bergantung kepada sudah berapa lama baju tersebut terkena minyak. Jika noda minyak baru saja didapat maka berikut adalah cara untuk menghilangkan noda minyak pada baju:

Menggunakan Bubuk Soda untuk menghilangkan minyak di baju

cara menghilangkan minyak di baju menggunakan bubuk soda

Cara menghilangkan minyak di baju yang pertama adalah hilangkan cairan minyak semampu mungkin lalu taburkan bubuk soda ke daerah yang ternoda dan diamkan selama 24 jam. Bubuk soda mampu menarik sisa minyak pada kain. Setelah 24 jam, semprotkan air yang sudah dicampur dengan cuka untuk menghilangkan sisa bubuk soda. Terakhir, cuci baju hingga bersih seperti biasa. Ulangi proses jika noda minyak masih tersisa.

Menghilangkan minyak di baju dengan kapur

cara menghilangkan minyak di baju dengan kapur

Caranya cukup serupa dengan menaburkan bubuk soda ke atas noda minyak, lalu dibiarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air. Cara ini cukup simpel dan mudah namun kapur tidak cocok dipergunakan untuk bekas noda minyak yang besar.

Jika noda minyak sudah terlanjur menyerap baju?

Bagaimana jika noda minyak sudah terlanjur masuk dan menyerap ke dalam kain? Tentu akan lebih sulit dan membutuhkan usaha yang lebih banyak untuk membersihkannya. Namun berikut adalah cara yang bisa diambil untuk menghilangkan minyak di baju jika sudah terlanjur menyerap ke kain:

1. Jangan siram air

Hindari menyiramnya dengan air terlebih dahulu. Sebab menghilangkan noda minyak lebih mudah jika keadaan baju masih kering. 

2. Gunakan karton untuk menghilangkan minyak di baju

Letakan sehelai karton di bawah bagian noda minyak. 

3. Usap noda minyak dengan kain

Usap bagian noda dengan kain agar mengurangi minyak sebisa mungkin namun pastikan agar minyak justru tidak menyebar ke bagian yang bersih.

4. Gunakan sabun cuci piring

Tuangkan beberapa tetes sabun cuci piring ke bagian noda. Sabun cuci piring bisa membantu menyerap ke dalam kain tersebut dan bercampur bersama minyak. Usap bagian yang ternoda dengan jari pelan-pelan. Lalu diamkan selama 5 menit.

Setelah itu bilas dengan air bersih sampai sisa sabun menghilang. Lalu cuci baju seperti biasanya dengan deterjen. 

5. Hindari mengeringkan baju bernoda minyak dengan mesin

Untuk pengeringan hindari penggunaan mesin pengering otomatis, sebab temperatur yang terlalu tinggi justru bisa membuat noda minyak semakin sulit dihilangkan.

Bagaimana jika kita sudah terlanjut mencuci dan pengeringan pakaian yang ternodai oleh minyak? Tentu ini bukanlah kondisi yang ideal, sebab apabila pengeringan dilakukan menggunakan mesin pengerin bertemperatur tinggi, sama saja seperti membuat minyak tersebut matang dan bercampur dengan bagian kain tersebut secara permanen. Proses pembersihan noda minyak tetap bisa dilakukan namun membutuhkan tahap tambahan yaitu menggunakan cairan enzyme-based cleaner ketimbang sabun cici, sebelum dicuci.

Jika semua cara gagal, mungkin memang saatnya kamu beli baju baru, di tshirtbar kamu bisa memesan kaos, jersey, jaket dan bermacam produk pakaian lainnya yang kamu bisa custom dengan desain sendiri. Kamu juga bisa memesan celemek custom agar melindungi baju kamu dari noda minyak saat memasak.

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *