Last Update: October 1st, 2020 at 11:58 pm

5 Cara Desain Kaos yang Keren

Suka pakai kaos keren? Ketahui dulu cara desain kaos yang menghasilkan pola atau gambar favorit Anda di atas kain. Sablon merupakan proses pemindahan desain ke permukaan kain menggunakan tinta. Teknik ini sudah ada sejak Abad ke-10 di Cina era Dinasti Song, tetapi perkembangan teknologi sukses menciptakan metode yang lebih beragam dan praktis.

 

Ingin tahu bagaimana cara tukang sablon memindahkan desain ke kaos? Berikut penjelasan tentang lima metode sablon terpopuler.

  • Sablon Polyflex

Sablon jenis ini menggunakan tekanan bersuhu tinggi (heat press) untuk menempelkan stiker desain langsung ke kain. Stiker ini terbuat dari vinil sehingga bisa langsung menempel setelah ditekan dengan mesin pemanas. Desainnya bisa dibuat langsung di aplikasi desain sebelum dicetak di stiker vinil.

Keuntungannya? Sablon ini tidak hanya cepat, tetapi juga menawarkan berbagai variasi desain. Metode ini juga coock untuk sablon satuan. Akan tetapi, proses ini kurang pas untuk pesanan sablon jumlah besar.

  • Sablon Digital

Inilah metode desain kaos yang cocok untuk penyuka kepraktisan. Sablon digital menggunakan teknik DTG (Direct to Garment), yaitu mencetak desain langsung ke kaos menggunakan mesin cetak khusus. Proses ini cepat karena Anda bisa langsung memindahkan desain dari komputer ke kaos. 

Sablon digital memangkas berbagai proses dalam transfer tinta ke kain. Metode ini cocok untuk penggemar desain digital atau pemilik usaha yang sering melayani pesanan berjumlah besar.

Banner DTG

  • Sablon Sublimasi

Hampir mirip dengan polyflex, sablon sublimasi menggunakan semacam stiker untuk memindahkan desain ke kaos. Bedanya, stiker yang digunakan di sini mengandung tinta sublim. Tinta tersebut dipindahkan ke kain menggunakan semacam mesin penekan (press machine) hingga meresap.

Teknik ini cocok untuk menciptakan warna lebih tajam dan sempurna. Sayangnya, metode ini hanya cocok untuk kain berwarna putih atau cerah.

  • Sablon Heat Press

Sablon heat press mirip dengan sublimasi, yaitu menggunakan kertas transfer berpola yang mengandung tinta. Metode ini juga menggunakan mesin penekan panas (heat press machine). Hasilnya adalah gambar dengan tinta yang lebih cerah dan tajam karena meresap sempurna ke dalam kain.

Sablon heat press cocok untuk kaos berwarna gelap dan cerah, sehingga menawarkan lebih banyak pilihan. Akan tetapi, metode ini sulit diterapkan jika Anda ingin gradasi warna. Kaos yang dibuat dengan metode ini juga memiliki perawatan lebih sulit.

  • Sablon Manual

Sablon manual (screen printing) adalah cara desain kaos yang sudah cukup terkenal dan banyak digunakan. Tekniknya mengadopsi metode sablon tradisional. Dalam metode ini, pola dicetak ke kaos menggunakan layar, bingkai, dan proses pemindahan tinta (afdruk) manual.

Sablon manual mungkin terlihat merepotkan, tetapi hasilnya tajam dan menawarkan detail menawan. Sablon manual juga cocok untuk mencetak desain kaos yang rumit pada warna latar belakang apa saja. Prosesnya juga murah meriah walau sedikit lama.

 

Mana yang Lebih Baik?

Sablon manual dan digital saat ini merupakan dua metode desain kaos terpopuler. Masing-masing memiliki karakteristik unik. Misalnya, sablon manual memberi kebebasan dalam membuat desain, serumit apa pun. Anda juga bebas menggunakan kaos berbahan apa saja untuk membuat desain, walau prosesnya lebih lama.

Sebaliknya, sablon digital menawarkan waktu pengerjaan lebih cepat serta risiko kecil. Jika ada kesalahan dalam proses desain, Anda bisa memperbaikinya dalam waktu singkat. Anda juga bebas membuat desain apa saja dengan program komputer. Pastikan memperhitungkan kebutuhan sablon Anda sebelum memilih salah satu.

Untuk Anda yang tidak memiliki waktu untuk desain kaos sendiri, Anda dapat memanfaatkan jasa sablon digital seperti Tshirt Bar tidak hanya membuat desain dalam waktu singkat, tetapi juga memberi Anda kebebasan untuk menentukan desain custom. Cara desain kaos yang cepat dan berkualitas cocok untuk Anda yang menginginkan fashion keren atau baju untuk event dengan cepat. 

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *