Last Update: February 17th, 2020 at 2:40 pm

4 Game yang Mampu Memajukan Esport Indonesia

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak, Indonesia tidak pernah kehabisan anak-anak mudah berpotensi untuk memajukan industri yang ada. Salah satunya adalah industri esport. Dalam beberapa tahun terakhir, industri esport Indonesia semakin besar berkat mudahnya akses untuk memainkannya. Tidak hanya dari sisi itu saja, banyak sekali game yang memiliki tingkat kompetisi yang besar hingga mampu menjadi bagian dalam industri esport.

 

Dengan kondisi seperti ini, akhirnya banyak para pemain yang masuk ke tim-tim esport sendiri. Tidak hanya untuk satu game saja, tetapi ada beberapa game yang besar di Indonesia dan memiliki peran penting dalam memajukan esport Indonesia. Berikut empat game yang membawa pengaruh besar dalam majunya industri esport di Indonesia.

Mobile Legend

Siapa yang tidak kenal Mobile Legend? Tidak dapat dipungkiri, Mobile Legend merupakan game yang membuat ranah esport Indonesia menjadi lebih luas lagi. Ketika pada masanya game esport itu hanya bisa dimainkan di komputer (PC) atau laptop, Mobile Legend bisa mendobrak sebagai game esport yang dimainkan di perangkat smartphone. Dengan konsep game 5 vs 5 dan dipenuhi puluhan karakter, banyak sekali orang yang memainkan game ini seiring berjalannya waktu.

Mobile Legend juga yang membuat banyak tim-tim esport baru bermunculan di Indonesia. Tidak hanya berhenti di situ saja. Banyak brand yang baru menyadari bahwa esport bisa dijadikan media promosi. Akhirnya mereka menjadi sponsor dari tim esport yang menaruh logo brand tersebut di baju esport.

Dota 2

Sebelum Mobile Legend besar di Indonesia dan membuat peta baru dalam industri esport di sini, Dota 2 menjadi percontohan sempurna dari game esport itu sendiri. Dari segi ekosistem para pemain profesional, sudah jauh lebih dulu. Kompetisi kelas dunia pun telah dilaksanakan dalam waktu yang lama. Inilah yang membuat munculnya berbagai macam tim esport sekaligus para pemainnya.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam tim esport Dota 2 dengan beberapa pemainnya yang sudah terkenal di dunia juga. Ada juga para pemain yang telah berkiprah di tim luar negeri. Inilah mengapa Dota 2 menjadi bagian penting dari industri esport, tidak hanya Indonesia saja tapi dunia.

PUBG

Kalau dua game sebelumnya itu memiliki sistem pertarungan 5 vs 5, berbeda dengan game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). Game ini memiliki sistem battle royale dengan sistem tim berisi 4 orang, duo, ataupun individual. Siapa yang bisa bertahan hidup paling terakhir, maka itulah pemenangnya. Sama seperti Mobile Legend, esport PUBG baru muncul beberapa tahun terakhir. Namun dari segi pemain dan kelas kompetisi yang dimainkan, sudah level dunia. Bahkan sudah ada turnamen piala dunia PUBG.

 

Counter Strike: Global Offensive

Dari semua game yang ada di daftar ini, Counter Strike: Global Offensive (CS: GO), menjadi yang paling tertua. Namun hingga detik ini, tetap banyak yang memainkan serta industri esport-nya sendiri pun tetap besar. Berbagai macam pemain terkenal dunia muncul di CS: GO. Sebagai salah satu game klasik, rasanya sulit untuk melupakan bagaimana pentingnya CS: GO dalam dunia esport.

Dari berbagai game esport yang ada, telah melahirkan berbagai macam tim esport juga. Demi bisa memberikan identitas, mereka pun memiliki baju esport sendiri dengan berbagai macam desain dan warna yang khas. Jika memang kamu ingin membuat baju esport untuk tim kamu, kamu bisa memesannya ke TshirtBar untuk memesan baju esport berkualitas.

Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *