5 Warna yang Netral untuk Semua Baju dan Tips Memilihnya

Warna yang netral untuk semua baju akan selalu jadi pilihan utama. Karena pada dasarnya, cara mix and match dari kelompok warna tersebut juga tidak sulit. Baju adalah salah satu esensi fashion utama yang tugasnya mempercantik penampilan. Bukan cuma sekedar tampil keren tapi juga dapat menunjang aktivitas.

Apa Itu Warna Netral?

Sebelum kita bahas lebih jauh, mungkin di antara kamu sudah tidak asing dengan istilah satu ini. Warna netral adalah kelompok warna yang memang difungsikan sebagai penyeimbang warna bold. Dimana warna-warna tersebut punya kesan lembut jika dilihat.

Hal yang paling mendasar ketika kita bisa tahu jika warna pada barang netral atau tidak adalah dari ronanya. Kelompok warna ini sama sekali tidak masuk ke dalam golongan warm tone atau cool tone. Sehingga, bisa diartikan juga bahwa warna netral mudah di mix and match dengan warna apa saja. Bahkan warna tajam sekali pun.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Warna Baju yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang

Apa Saja Jenis-jenis Warna Netral Baju?

jenis jenis warna netral baju

Mungkin sebagian besar dari pembaca masih punya mindset jika warna netral hanya sebatas hitam, putih dan abu saja. Namun, pada faktanya ada banyak daftar yang bisa dibilang sebagai jenis warna netral baju. Berikut diantaranya adalah:

1. Merah Muda

Barangkali ada yang masih heran kenapa warna merah mudah bisa disebut sebagai warna netral. Sampai saat ini kami belum menemukan fakta terbaru dari warna yang biasa disebut pink ini. 

Secara definisi pink adalah gabungan dari warna merah dan puti.. Warna pink juga dianggap sebagai warna yang feminin, romantis, dan manis. Biasanya sering digunakan untuk menghias ruangan atau produk-produk yang diperuntukkan bagi para wanita. Ada juga yang beranggapan bahwa pink dianggap sebagai warna yang dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati.

2. Cokelat

Coklat merupakan satu dari warna netral yang punya berbagai macam desaturasi, mulai dari yang terang hingga yang gelap. Karakter yang menonjol dari warna coklat adalah dianggap sebagai warna yang nyaman, hangat, dan natural.

Masih ada saja yang menyepelekan warna satu ini. Karena sebenarnya warna ini bisa masuk untuk segala jenis warna baju.

3. Hitam

Hitam adalah jenis warna netral yang punya rona paling gelap. Warna tersebut adalah warna yang paling sering dianggap sebagai warna netral. Karakteristik pada warna hitam mewakili kekuasaan, keanggunan, dan ketegasan.

Namun, warna ini memang terlalu dasar. Tak heran juga bila dirasa sangat membosankan. Padahal baju hitam adalah investasi jangka panjang bagi tren busana di masa yang akan datang.

4. Putih

Selanjutnya ada putih yang merupakan kebalikan dari warna hitam. Dimana warna ini sangat terlihat cerah dan segar. Warna putih juga menggambarkan arti kalem dan bersih. 

Memang tidak salah kalau kamu wajib punya baju warna putih. Sebab putih bisa jadi aksen cerah bagi warna-warna terang dan gelap. Jangan heran bila kamu sering melihat orang memakai baju putih di lingkungan sosial ataupun karir.

5. Abu-Abu

Ya, benar kalau kamu bisa tebak jika warna abu-abu adalah warna netral. Abu-abu adalah warna netral yang berada di antara hitam dan putih. Kesan yang dihadirkan pada warna tersebut adalah santai, tidak terlalu mencolok, dan mudah dicocokkan dengan warna lainnya. 

Abu-abu juga sering dianggap sebagai warna yang menunjukkan kesederhanaan, kemapanan, dan kekakuan, dan sering digunakan dalam pakaian atau produk-produk yang bertema vintage. Namun, perlu diperhatikan jika warna abu-abu menyerap keringat lebih cepat dari warna putih.

@tshirtbarid

Tampil stylish, nyaman dan adem dengan Essential Tshirt Eco Cotton dari Tshirtbar. Banyak pilihan warna sehingga cocok dipakai oleh WANITA maupun PRIA (unisex) kapanpun dimanapun!!❤️

♬ –

Sebenarnya masih ada beberapa jenis warna netral lainnya. Contoh warna netral berikutnya adalah hijau sage dan kuning muda.

Baca Juga: 7 Jenis-jenis Bahan Pewarna Tekstil dan Teknik Pewarnaannya

Bagaimana Tips Memilih Warna yang Netral untuk Semua Baju?

Sebelum kamu memutuskan warna baju apa yang akan dikenakan. Tips di bawah ini bisa kamu ikuti supaya tidak salah langkah:

  • Ketahui karakter pribadi: Kamu pasti sebagai makhluk sosial ingin terlihat keren dimata orang. Jadi, jangan sampai lupa dengan karakter pribadi dan ciptakan ciri khas sendiri. Misal: kalau kamu suka gaya streetwear mungkin bisa mencoba tampil dengan warna hitam dan abu-abu.
  • Sesuaikan dengan warna rambut: Memang benar jika rambut adalah mahkota. Dari sini kita bisa tahu warna baju apa yang bisa buat tampilan dan rambut juga tidak terlihat kusam.
  • Sesuaikan dengan tone kulit: Selain warna rambut juga tone kulit sangat ada pengaruh. Contohnya adalah warna putih yang cocok pada orang berkulit cerah.
  • Menentukan tujuan: Maksud dari poin tersebut adalah kamu tahu akan dibawa kemana baju yang akan digunakan. Baik untuk aktivitas formal, maupun informal yang bisa dicocokkan dengan warna lain yang punya karakter lebih bold.
  • Bahan baju: Warna netral seperti putih seringkali terlihat tembus pandang. Maka perlunya baju dengan kualitas bahan terbaik untuk menghasilkan produk yang awet. Cara merawat baju warna netral juga bisa dibilang berbeda, tergantung dari warnanya.

Rekomendasi Outfit Warna Netral

rekomendasi outfit warna netral

Berikut dibawah ini adalah rangkuman tentang inspirasi outfit yang bisa digunakan dengan baju berwarna netral. Tentunya perlu disesuaikan dengan waktu atau aktivitas.

1. Outfit Formal

Berbagai kegiatan formal seperti acara seminar atau kegiatan kampus juga bisa memakai baju dengan warna netral. Misalkan kamu ingin pakai polo shirt hitam, dan bisa kamu pasangkan bareng celana chino warna khaki yang keduanya pun netral.

2. Outfit Non Formal

Non formal sifatnya tidak kaku seperti kegiatan formal. Sehingga kamu bisa lebih bebas berekspresi dengan OOTD. Contoh outfit yang bisa dicoba adalah memadukan kaos polos berwarna charcoal grey dan celana pendek jeans untuk menghadiri pesta ulang tahun teman.

3. Outfit Liburan

Terakhir ada pilihan tampilan yang bisa digunakan untuk berlibur. Usahakan untuk tidak memakai pakaian dengan bahan tebal. Bisa memakai kemeja pantai dengan tekstur warna hijau muda dan disesuaikan dengan celana atau rok dari bahan kain.

Baca Juga: 9 Macam-macam Kode Warna Kain Hijau dan Biru

Berbagai kegiatan bisa dilakukan dengan warna yang netral untuk semua baju. Jadi tak heran bila setidaknya perlu koleksi baju dengan warna yang termasuk ke dalam netral. Urusan baju dan pilihan warna netral serahkan saja kepada Tshirtbar.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 214