Cara Konversi Ukuran Baju US Ke Indonesia dan Perbandingannya

Pakaian memiliki ukuran yang beragam, bukan hanya di Indonesia saja namun beberapa negara besar memiliki standar ukuran sendiri. Salah satu nya jika produk pakaian yang berasal dari US atau Amerika Serikat. Produk yang berasal dari US menjadikan konversi ukuran sangat penting dilakukan. Termasuk salah satunya ukuran baju US ke Indonesia.

Jika dilihat ukuran baju US ke Indonesia maungkin terlihat sama karena menggunakan standar huruf. Tetapi harus tahu, bahwa sebenarnya penggunaan huruf berbeda dalam ukuran secara aktual atau lebar dan panjang (dalam cm). Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Mengukur Ukuran Baju dengan Tepat?

Mencari ukuran pakaian sebenarnya sangat mudah. Walaupun begitu, ternyata ada banyak yang belum mengetahui cara tepatnya merubah pakaian dengan ukuran luar negeri dengan ukuran yang bisa digunakan oleh kita saat membeli pakaian standar lokal.

1. Menggunakan Lingkar Dada dan Lebar Bahu

Cara pertama merupakan cara yang paling sering digunakan. Bukan tanpa alasan, lebar bahu dan lingkar dada khususnya wanita memiliki ukuran yang berbeda dan beragam. Sehingga saat ini cukup banyak online shop internasional, khususnya yang berasal dari Amerika menjelaskan pakaian mereka dengan memberikan detail informasi terkait lingkar dada dan lebar bahu.

Jelas saja hal ini mempermudah penggunaan pakaian dan pemesanan pakaian. Cara ini juga mempermudah konsumen Indonesia yang ingin membeli pakaian secara online. Tubuh/baju juga akan lebih fit dan sesuai dengan bentuk badan.

2. Ukuran Baju Internasional

Cara selanjutnya yaitu ukuran pakaian dengan standar internasional. Ada 3 negara yang menggunakan ukuran standar, mulai dari US, UK atau Inggris dan juga Australia. Namun cara ke-2 yang paling populer termasuk di Indonesia adalah ukuran pakaian internasional. Hal ini bahkan banyak diserap oleh brand populer yang ada di Indonesia.

Ukuran standar juga banyak digunakan di beberapa pakaian lokal. Apalagi jika brand tersebut import atau berasal dari luar negeri. Sebagian brand memberikan 2 label agar lebih mudah melakukan konversi. Jika tidak ada 2 label/konversi maka anda harus mencari informasi terkait standar antara pakaian tersebut dan juga ukuran lokal. Ketahui juga asal negara barang tersebut, mengingat standar internasional sendiri beragam tergantung negara-nya.

3. Sistem All Size

Cukup banyak yang menggunakan sistem seperti ini. Menerapkan ukuran all size pada semua pakaian yang akan dijual untuk mempermudah pembeli dalam memilih pakaian. Tanpa memikirkan pakaian tersebut terlalu terbatas ataupun terlalu besar.

All size diterapkan pada beberapa tipe atau model pakaian. Dengan target bisa menembus pasar dengan ukuran tubuh beragam. Sayangnya ukuran all size ini tidak bisa didapatkan untuk jenis pakaian yang diimpor atau berasal dari luar negeri. Bisa jadi karena standar dari luar terlalu besar atau berlebihan saat digunakan oleh orang Asia.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Ukuran Baju Indonesia dan Internasional

Bagaimana Cara Konversi Ukuran Baju US ke Indonesia?

Lalu bagaimana dengan ukuran baju US? apakah banyak digunakan di Indonesia. Faktanya ukuran pakaian ini juga digunakan, walaupun kembali pada brand atau merk produk, ada yang dengan otomatis mengkonversi pakaiannya ke ukuran Indonesia agar lebih mudah digunakan.

1. Konversi Ukuran

Ukuran baju US ke Indonesia pertama yakni dengan menggunakan standar ukuran. Di Indonesia kita menggunakan ukuran seperti S, M, L ataupun seperti XXL. Namun US menggunakan angka untuk pakaiannya. Berikut tabel konversi yang bisa dilihat. Faktanya US juga menggunakan ukuran huruf untuk bisa memberi label pada pakaiannya. Sehingga tidak jauh berbeda dengan ukuran Indonesia.

2. Konversi Ukuran Angka

Walaupun ukuran huruf cukup sama antara Indonesia dan juga US. Namun konversi atau perhitungan ukuran yang dimaksud berbeda. Pada konversi kedua, ukuran pakaian US lebih besar dibandingkan ukuran pakaian Indonesia. L di Indonesia memiliki lebar 52 cm dan panjang 70 cm. Sedangkan untuk L di US memiliki lebar 55 cm dan panjang 73 cm.

Bukan tanpa alasan, ukuran tubuh dan anatomi orang US jelas lebih besar dan lebih lebar. Begitupun ukuran kecil yang dimaksud dalam standar US. Sehingga lebar dan panjangnya memiliki range lebih tinggi dibanding Indonesia. Pastikan untuk memilih lebar/panjang yang 3 cm lebih kecil dibanding ukuran yang seharusnya saat membeli pakaian dari US. Agar tidak terlalu besar. Misalnya saja ukuran L untuk US walaupun sebenarnya anda menggunakan ukuran XL.

Baca Juga: 3 Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan

Standar Ukuran Baju US untuk Anak-Anak

Lalu bagaimana dengan ukuran pakaian untuk anak-anak? Bagi lokal/Indonesia ukuran anak umumnya kembali pada usia dan juga tinggi badan. Sehingga masing-masing usia memiliki ukuran yang berbeda. Misalnya saja usia 3-5 tahun maka maksimal ukuran serta panjang dan lebar pakaiannya terbatas saja.

Apabila anak berusia 4 tahun bertubuh sangat besar, masyarakat Indonesia membelikan pakaian untuk usia lebih tua. Misalnya saja 7 tahun atau 9 tahun. Lalu bagaimana dengan ukuran baju US ? untuk pakaian anak-anak ukuran baju US lebih beragam dengan range yang panjang. Misalnya saja ukuran baju anak-anak bukan terbagi dengan usia, tetapi sama dengan ukuran dewasa yakni terbagi huruf S, M atau L dan sejenisnya.

Hal ini karena di US memiliki ras sangat beragam, sehingga ukuran pakaian anak-anak dibuat lebih beragam. Ada yang sangat kecil mengikuti ukuran anak-anak umumnya. Namun ada juga yang cenderung ukuran besar khususnya pakaian remaja. Contoh yang sering didapat pada pakaian olahraga yang umumnya impor.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Ukuran Atau Fit Pada Kaos

Memahami ukuran pakaian sendiri jelas sangat penting. Sehingga memudahkan kita untuk membeli pakaian Adanya ukuran baju US ke Indonesia, serta cara konversinya dapat membantu anda dalam menemukan pakaian. Bicara soal ukuran baju, Tshirtbar juga menyediakan banyak size chart. Mulai dari ukuran XS hingga 10XL.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *