Cara Membuat Kaos di Corel Draw dan Photoshop

Jika kita mampu membuat desain kaos sendiri, tentu saja ada beberapa kelebihan yang didapatkan, misalnya seperti desain kaos tak ada kembarannya, kemudian muncul kebanggaan dalam diri saat memakainya sebab kaos tersebut benar-benar buatan sendiri. Terlebih lagi, kini ada banyak jasa percetakan kaos digital, karenanya kita lebih mudah untuk merealisasikan ide tersebut.

Untuk pembuatan desain baju distro, Anda bisa memanfaatkan software corel draw lalu disimpan berbentuk gambar dengan format PNG background transparan yang beresolusi tinggi supaya gambar tetap jelas saat dicetak. Setelah mendesain gambar, Anda bisa langsung mengirimnya ke jasa print kaos.

Cara Membuat Desain Kaos dengan CorelDraw

Dapat dibilang, cukup mudah untuk membuat desain kaos di Corel Draw secara mandiri. Namun bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara memulainya, berikut ini terdapat langkah-langkah pembuatan desain kaos distro sendiri yang bisa Anda coba:

  1. Pertama-tama tentukan lebih dulu warna kaos yang akan dicetak gambar, seperti misalnya warna abu-abu. Kemudian tentukan warna corak pada desain kaos menyesuaikan warna kaosnya itu sendiri, seperti warna putih dan hitam. Lalu, tentukan pula ukuran gambar, bisa berukuran A3, A4, dan sebagainya.
  2. Selanjutnya buka software corel draw lalu setting dokumen/file baru yang ukuran tingginya 8 cm dan lebarnya 21 cm. Rencananya di sini kita mencoba desain bentuk kaos yang memiliki perpaduan antara motif dan tulisan.
  3. Langkah berikutnya buat gambar berbentuk elip memakai elips tool. Lalu buat duplikatnya, caranya dengan klik gambar dan tekan secara bersamaan tombol CTRL+D. Setelah itu, tempel gambar yang kedua pada gambar yang pertama dan perkecil ukurannya. Selanjutnya Anda dapat mengatur ketebalan garis pada gambar pertama, caranya dengan klik object properties lalu pilih outline dan pilih 2 pt.
  4. Buat gambar dengan corak memakai artistic media. Dari sini Anda cukup membentuk corak di bagian samping kanan saja, lalu jika sudah selesai Anda bisa duplikat dengan memblok semua gambar lalu tekan tombol CTRL+D secara bersamaan dalam keyboard. Kemudian balik posisinya, yakni dengan cara menekan tombol CTRL berbarengan dengan menarik kotak hitam berukuran kecil pada mouse ke arah kiri.
  5. Lalu buat gambar bintang memakai star toll selanjutnya tempatkan di bagian tengah elip. Anda bisa merapikan posisi motifnya.
  6. Setelah itu, buat tulisan memakai text tool kemudian pilih jenis dan ukuran teks sesuai keinginan Anda.

Baca Juga: Tutorial Photoshop Desain Gambar Kaos untuk Pemula

Cara Membuat Desain Kaos Menggunakan Photoshop

Selain bisa menggunakan corel draw, Anda juga bisa membuat desain kaos sendiri menggunakan photoshop agar hasil desain menjadi lebih kompleks dan menarik. Adapun cara-caranya dalam menggunakan photoshop adalah sebagai berikut :

  1. Pertama-tama download template atau mockup baju kaos di internet.
  2. Selanjutnya buka software photoshop, lalu pilih open dan pilih file hasil download gambar kaos yang Anda pilih.
  3. Kemudian buat pola kaos atau desain baju distro tadi memakai path tool, pen tool.
  4. Selanjutnya ikuti pola desain kaos pada mockup sampai berbentuk pola desain tertentu.
  5. Jika sudah selesai memakai pen tool, selanjutnya klik kanan lalu pilih make selectionuntuk pembuatan blok template pada desain kaos.
  6. Lalu buat layer baru dan beri warna hitam sementara di layer pertama.
  7. Ubah warna pada baju kaos hitam berwarna merah atau warna kesukaan sesuai dengan tema yang Anda pilih, memakai blending option kemudian pilih layer style.
  8. Selanjutnya ubah background berbentuk layer 0 lalu atur posisi pada layer 0 tepat di atas layer 1. Lalu ubah mode berbentuk multiply untuk pemberian efek warna pada baju kaos yang asli.
  9. Kini saatnya Anda menerapkan desain gambar yang hendak dibuatkan di template mockup kaos.
  10. Selanjutnya potong bagian pada gambar utama lalu masukkan pada layer baru, bisa di drag atau di copy paste.
  11. Kemudian atur posisi pada layer tepat di atas layer 2, agar memberikan desain kaos natural.
  12. Selanjutnya hapus di bagian leher desain yang dimasukkan dalam baju distro dengan menghapus dalam kaosnya.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Desain Label Baju Unik

Tips Mendesain Kaos Sendiri Agar Menarik dan Unik

Setelah Anda mengetahui lang-langkah serta cara membuat kaos di Corel Draw dan Photoshop secara lengkap. Hal selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah tips jitu ketika mendesain kaos sendiri agar hasil desain kaos yang telah dibuat bisa menarik dan keren. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Memilih Warna Dasar Kaos dengan Tepat

Tips pertama adalah, Anda harus menentukan warna dasar kaos yang sesuai dengan desain kaos Anda. Hal ini dilakukan agar kaos yang akan Anda produksi nantinya bisa menarik dan stylish.

2. Memperhatikan Tren yang Ada

Kemudian, di zaman yang serba digital saat ini, Anda juga bisa memperhatikan dan memanfaatkan tren yang sedang berlangsung. Hal ini bertujuan agar desain kaos lebih kekinian dan menarik minat banyak orang.

3. Mencari Sumber Inspirasi Desain Kaos

Lalu ketika ingin membuat desain kaos sendiri, tentunya Anda perlu mempunyai ide-ide yang cemerlang. Maka dari itu, Anda juga perlu memiliki sumber inspirasi untuk mendapatkan ide-ide tersebut. Ada banyak sumber inspirasi yang bisa Anda temukan, seperti mengikuti kegiatan tertentu, liburan, olahraga, dan sebagainya.

4. Merancang Konsep Desain yang Menjadi Ciri Khas Anda

Kemudian, konsep desain yang menjadi ciri khas pribadi Anda juga salah satu faktor penting untuk sebuah kaos. Dengan hal ini, kaos yang Anda buat dapat semakin menarik dan beda dari desain kaos yang sudah ada.

5. Buatlah Desain Kaos yang Sesuai dengan Target Pasar

Lalu bagi Anda yang ingin membuat desain kaos untuk dijual, tentunya desain tersebut harus memiliki target pasarnya tersendiri. Sebisa mungkin untuk menyesuaikan desain kaos dengan tema toko distro yang Anda miliki.

6. Menentukan Teknik Sablon

Terakhir, setelah Anda membuat desain kaos secara tepat, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih teknik sablon. Pemilihan teknik sablon ini perlu dipertimbangkan dengan tepat dan tidak bisa asal-asalan.

Faktor yang perlu dipertimbangkan diantaranya dari segi bahan sablon, proses sablon, warna, waktu pengerjaan, serta biaya yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Desain Hoodie Kelas Keren dan Cara Membuatnya

Demikian pembahasan mengenai cara membuat kaos di Corel Draw dan Photoshop serta tips mendesain kaos sendiri agar lebih menarik. Bagaimana, cara membuat desain kaos sendiri di atas cukup mudah kan?

Namun bagi Anda yang tidak ingin repot-repot mendesain kaos sendiri, percayakan saja ke Tshirtbar untuk membuat kaos secara custom sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Hubungi tim sales kami sekarang juga!

Referensi:

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211