Mengenal Olahraga Triathlon, Sejarah, dan Manfaatnya

Olahraga triathlon adalah olah raga berbasis endurance atau daya tahan yang memiliki tiga cabang olah raga berbeda, yaitu berenang, bersepeda dan berlari. Para pelari berkompetisi untuk dapat menyelesaikan race dalam waktu yang paling cepat.

Sejarah Triathlon

Olah raga ini memiliki sejarah di awal 1900an di mana olah raga Triathlon pertama kali diselenggarakan di Val-De-Marne, Perancis, di mana Triathlon waktu itu dinamakan dengan Les Trois Sports. Waktu itu, olah raga dalam race nya berisi berlari, bersepeda dan mendayung. Namun pada tahun 1921, cabang olah raga mendayung digantikan dengan berenang. Sehingga race berisikan 3 km lari, 12 km sepeda dan berenang mengarungi sungai Marne.

triathlon adalah olahraga yang menggabungkan sepeda, berlari dan renang

Format race dan jarak tempuh

Format dari Triathlon adalah selalu dimulai dengan berenang, bersepeda dan diakhiri dengan berlari. Namun setiap event race memiliki jarak tempuh yang berbeda-beda tergantung tingkat event-nya. Dimulai dari Kids of Steel yang diikuti oleh atlet anak-anak dimulai dari berenang (100 m-750 m), bersepeda (5-15 km) dan berlari (1-5 km).

Untuk level pemula memiliki jarak tempuh berenang (400 m), bersepeda (20 km) dan berlari 5 km. Sedangkan untuk standar internasional atau olimpiade adalah berenang (1.5 km), bersepeda (40 km) dan berlari (10 km).

Ada juga race kelas ironman yang memiliki jarak tempuh renang (3.9 km), bersepeda (181 km) dan berlari (42.2 km). Event ironman dianggap sebagai full distance race.

Baca Juga: 5 Desain Kaos Lari Pria yang Keren Abis

Berlatih Triathlon

triathlon adalah olahraga yang menggabungkan sepeda, berlari dan renang

 

Untuk dapat berpartisipasi di olah raga ini, atlit memperlukan endurance stamina yang kuat, serta menguasai teknik semua cabang olah raga tersebut. Mampu mengkonservasi stamina dan kekuatan otot juga menjadi tehnik tersendiri. Terutama pada tahap akhir race tersebut di mana berlari menjadi bagian akhir. Sebab berbeda dengan olah raga lainnya, di Triathlon berlari dilakukan setelah otot sudah melalui dua cabang olah raga sebelumnya yang sangat menguras endurance tubuh.

Oleh sebab itu, sering kali Tritahlon sering dikaitkan dengan gelar Ironman sebab yang berhasil menyelesaikan race ini dianggap memiliki daya tahan luar. Disamping itu dalam berlatih kompetisi triathlon, terdapat 3 kunci sukses utama yang perlu diterapkan, yakni konsistensi, istirahat, serta kesehatan mental.

Baca Juga: Jersey Sepeda Gunung yang Nyaman Digunakan

Manfaat Triathlon

Jenis olahraga triathlon juga banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, baik dari segi fisik hingga mental. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan pada saat melakukan rangkaian tiga olahraga ini, diantaranya:

1. Cross-training

Apabila seseorang hanya berlatih satu cabang olahraga saja, maka mungkin saja kekuatannya menjadi kurang seimbang. Akan tetapi dengan latihan triathlon, Anda dapat melakukan cross-training sebab harus melakukan tiga cabang olahraga sekaligus. Alhasil, tentunya kekuatan tubuh pun menjadi lebih optimal.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mungkin olahraga triathlon dapat membantu memenuhi aktivitas latihan fisik secara teratur. Hal itu disebabkan, ketiga olahraga tersebut yakni berenang, bersepeda, dan berlari sangat efektif untuk membakar kalori.

3. Menyehatkan jantung

Jika Anda rutin melakukan olahraga triathlon maka akan berdampak positif juga bagi kesehatan jantung. Bukan hanya itu, kualitas hidup pun juga akan meningkat karena tubuh semakin sehat, tentunya diiringi dengan makanan dan pola istirahat yang ideal.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Tentu puas rasanya apbila kita berhasil melewati garis finish dan merasa percaya diri atas pencapaian dari olahraga triathlon ini. Perlu diingat bahwa triathlon bukanlah olahraga berat yang sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, selebrasi ringan setelah berhasil menuntaskan triathlon tentu merupakan hal positif.

Beberapa manfaat diatas membuat triathlon menjadi salah satu olahraga yang semakin populer di Indonesia belakangan ini. Menurut riset Reuters, adanya peningkatan minat masyarakat untuk melakukan olahraga triathlon sampai 60% dalam satu dekade terakhir semenjak tahun 2013.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Bahan Spandek dan Cara Merawatnya

Perlengkapan yang diperlukan

triathlon adalah olahraga yang menggabungkan sepeda, berlari dan renang

 

Sebab olahraga ini berlangsung untuk waktu yang sangat lama, atlit sudah dipastikan harus memakai pakaian yang tidak berat dan mudah mengeringkan dan membuang keringat. Sebab bila keringat terus menggumpal dipakaian maka akan semakin berat dan mempengaruhi performa. Pakaian juga harus ringan dan tidak mengganggu atlit saat bergerak. Sudah dipastikan bahwa bukan pakaian yang terbuat dari bahan katun.

Oleh karena itu pakaian yang cocok untuk Triathlon adalah yang terbuat dari bahan polyester atau serat sintetis yang mampu memberikan rongga bernafas untuk kulit sehingga keringat cepat kering dan mengucur keluar. Polyester juga dikenal sebagai bahan yang sangat ringan karena memiliki gramasi yang kecil dengan satu stel pakaian yang memiliki berat beberap ratus gram saja.

Selain itu, atlit juga sangat disarankan untuk memakai bahan yang lebih ketat ke badan atau bersifat compression. Dengan adanya fitur compression peredaran darah akan lebih lancar. Pakaian ini terbuat dari bahan poly spandex atau percampuran antara polyester dan elastane sehingga lebih memiliki stretch dan daya tahan yang kuat, terutama ketika dipakai saat berenang.

Tshirtbar menyediakan baju rashguard yang terbuat dari poly spandex yang bisa dicustom dengan desain yang kita inginkan. Untuk printingnya, dengan print sublim, tinta bisa menyerap dengan sempurna dan tidak memiliki handfeel sama sekali dipermukaan.

CTA Banner Sportswear

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222