Last Update: May 15th, 2024 at 1:35 pm

Tips dan Cara Merawat Jas Hujan yang Efektif

Jas hujan atau raincoat merupakan perlengkapan penting untuk melindungi diri dari basahnya hujan saat beraktivitas di luar ruangan. Dengan merawat jas hujan dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa jas hujan tetap efektif dalam menjaga Anda tetap kering dan nyaman selama hujan. Pada artikel ini, kami akan membahas tips dan cara merawat jas hujan yang terdiri dari jenis jas hujan dan pertimbangan yang perlu Anda lakukan saat memilih jas hujan yang tepat.

Tips dan Cara Merawat Jas Hujan Untuk Anda Ketahui!

Tips dan Cara Merawat Jas Hujan agar awet bahannya

Merawat jas hujan dengan benar akan memperpanjang usia pakainya dan memastikan kinerja optimal. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk merawat jas hujan:

  • Cuci Jas Hujan dengan Teratur

Setelah digunakan, cuci jas hujan dengan air bersih dan rendam dalam air sabun ringan. Hindari penggunaan deterjen atau penghilang noda yang kuat, karena dapat merusak bahan jas hujan. Bilas hingga bersih dan gantung jas hujan di tempat teduh untuk mengeringkan.

  • Menjemur Jas Hujan dengan Tepat

Hindari menjemur jas hujan di bawah sinar matahari langsung, karena ini dapat merusak bahan dan memudarkan warna. Sebaiknya jemur di tempat yang teduh dengan sirkulasi udara yang baik.

  • Simpan di Tempat Kering

Setelah jas hujan kering, simpan di tempat yang kering dan bersih. Hindari tempat yang lembab atau basah karena dapat menyebabkan kerusakan pada bahan jas hujan.

  • Hindari Lipatan

Lipatan pada jas hujan dapat meninggalkan bekas dan merusak tekstur kain. Sebaiknya gulung jas hujan dengan rapi atau gantung di gantungan baju.

  • Hindari Kontak dengan Benda Tajam

Jagalah jas hujan dari benda tajam atau kasar yang dapat merusak permukaannya.

  • Lindungi dari Minyak

Hindari kontak dengan minyak, karena dapat merusak tekstur dan warna jas hujan. Minyak juga dapat mengurangi kemampuan jas hujan untuk menahan air.

  • Periksa Jas Hujan Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan rutin pada jas hujan untuk memastikan tidak ada bagian yang rusak atau sobek. Segera perbaiki jika ada bagian yang rusak sebelum digunakan kembali.

  • Hindari Mesin Pengering

Jangan menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan jas hujan, karena dapat merusak bahan. Jemur jas hujan secara alami di tempat yang teduh.

  • Gunakan Pelindung Ekstra

Anda dapat menyemprotkan perlindungan khusus pada jas hujan untuk menjaga kualitasnya tetap tahan lama dan optimal.

  • Simpan dengan Benar

Jika jas hujan tidak digunakan dalam jangka waktu lama, pastikan menyimpannya di tempat yang aman, kering, dan terlindungi.

Baca juga: Pakaian Saat Musim Hujan yang Perlu Disiapkan

Apa Saja Jenis-jenis Jas Hujan?

Tips dan Cara Merawat Jas Hujan transparan

Ada berbagai jenis jas hujan yang tersedia di pasaran, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut adalah beberapa jenis jas hujan yang umum digunakan:

  • Jas Hujan Ponco

Jas hujan ponco berbentuk seperti mantel lebar yang dirancang untuk menutupi seluruh tubuh dan tas yang dibawa. Jas hujan ini fleksibel dan nyaman digunakan, sehingga cocok untuk berbagai kegiatan outdoor seperti hiking atau camping.

  • Jas Hujan Full Body

Selanjutnya jas hujan full body menutupi seluruh badan dari kepala hingga kaki. Bahan jas hujan ini cenderung lebih tebal dan memiliki daya tahan yang baik terhadap hujan deras. Namun, penggunaan jangka panjang bisa membuat penggunanya merasa gerah.

  • Parka

Parka adalah jenis pakaian luaran yang sering kali digunakan sebagai jas hujan karena bahan dan desainnya yang tahan air. Parka memberikan perlindungan dari hujan sambil tetap menjaga gaya dan penampilan.

  • Cagoule

Cagoule adalah jenis jas hujan yang lebih ringan dan tipis dibandingkan jenis lainnya. Meskipun demikian, cagoule memiliki kualitas yang baik dan tahan terhadap hujan deras.

  • Jas Hujan Sekali Pakai

Jas hujan sekali pakai biasanya terbuat dari bahan plastik tipis dan murah. Jenis jas hujan ini praktis untuk situasi darurat, tetapi tidak tahan lama dan kurang efektif dalam kondisi hujan yang intens.

  • Jas Hujan Half-Body

Jas hujan half-body hanya menutupi bagian atas tubuh, meliputi kepala, tubuh bagian atas, dan lengan. Anda bisa melengkapi perlindungan dengan menggunakan celana waterproof.

Baca juga: Jenis Kain Waterproof (Anti Air) untuk Pakaian Sehari-Hari

Pertimbangan dalam Memilih Jas Hujan

Memilih jas hujan yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan perlindungan maksimal dari hujan. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan saat memilih jas hujan:

  • Kesesuaian Aktivitas

Pilih jas hujan yang sesuai dengan aktivitas yang akan Anda lakukan. Misalnya, jika Anda sering bersepeda, pilih jas hujan yang dirancang khusus untuk kegiatan tersebut.

  • Bahan Berkualitas

Pastikan jas hujan terbuat dari bahan berkualitas tinggi agar dapat melindungi Anda dengan baik dan tahan lama.

  • Ukuran yang Tepat

Sesuaikan ukuran jas hujan dengan ukuran tubuh Anda agar pas dan nyaman saat digunakan.

  • Warna dan Desain

Pilih warna dan desain jas hujan yang sesuai dengan preferensi dan gaya pribadi Anda.

Merawat jas hujan dengan baik dan memilih jas hujan yang sesuai dengan kebutuhan Anda akan memastikan perlindungan maksimal saat cuaca hujan. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga jas hujan tetap awet dan menjaga kualitasnya. Jika Anda membutuhkan jas hujan berkualitas tinggi dengan berbagai pilihan desain, silakan cek Tshirtbar sekarang!

CTA Whatsapp

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222