Last Update: October 7th, 2019 at 2:33 pm

Berikut Ini Beberapa Jenis Tipe Mesin Sablon Kaos Digital

Mesin sablon kaos digital – Bisnis sablon sekarang ini sangatlah mudah, terutama dengan adanya mesin yang sangat mendukung proses pembuatan sablon yaitu mesin digital yang mampu bekerja tanpa harus ada keterampilan tertentu. Namun, meskipun demikian masih banyak juga yang menggunakan mesin manual. Akan tetapi semakin berkembangnya teknologi, turut membantu perkembangan mesin sablon yang lebih efektif yaitu mesin digital yang menggunakan tinta spesial yaitu tekstil.

Mesin ini adalah sebuah mesin dengan sistem sablon segera ke media kaos. Untuk proses pengerjaannya tidak memerlukan waktu yang berhari-hari, dikarenakan mesin ini membuatnya dengan sangat mudah dan tentunya sangat efesien dan efektif.

Mesin digital mempunyai banyak tipe untuk proses percetakan sablon kaos, diantaranya:

Sablon Kaos dengan Transfer Paper

Jenis yang satu ini merupakan sablon dengan cetak gambar, design logo maupun tulisan terlebih dahulu melalui kertas kemudian di transfer ke kaos dengan menggunakan mesin heat press.

Jenis sablon ini ada dua tipe, yaitu paper untuk kaos yang berwarna putih atau warna yang jelas, dan yang kedua paper untuk koas dengan warna hitam atau warna yang gelap yang umum.

Yang pertama dalam sablon tipe transfer paper ini yaitu design atau imagenya menggunakan perangkat software corel draw atau menggunakan photoshop. Setelah design ini selesai dibuat lalu di transfer dengan menggunakan printer inkjet dengan tinta original. Jika memang terpaksa untuk menggunakan tinta infus, maka gunakan tinta pigmen. Dan sangat bagus sekali jika menggunakan printer laser jjet jika memang ada.

Sablon Kaos dengan Sublimasi

Yang ini hampir sama dengan mesin sablon tipe transfer paper,  yaitu menggunakan sistem transfer. Adapun langkah kerjanya yaitu pertama design gambar dibuat terlebih dahulu dalam sebuah media beda yang biasanya berbentuk kertas paper, kemduain kertas tersebut digulung dengan minimal 200o C di atas bahan yang akan di-sublim. Akan tetapi, peroses ini juga bisa dilakukan dengan langkah hot press, namun langkah pertama jauh lebih cepat. Dan kurangnya sistem hot press yaitu dimensi gambar hanya terbatas pada mesin pressnya.

Selain itu langkah sublim ini jauh lebih maksimum, namun ini tidak boleh jika menggunakan bahan cotton. Dan perlu diingat lagu bahwa di sublim ini hanya bisa di atas bahan dasar putih dan bahan dasar color light. Mesin yang digunakan adalah komputer, printer dengan tinta sublim dan mesin hot press.

Sablon Kaos dengan Cara Cutting

Tipe yang ini menghasilkan gambar yang muncul, karena menutup pori-pori yang ada pada kaos. Dalam proses penyablonan, tidak menggunakan printer, akan tetapi menggunakan mesin pemotong, misalnya saja plotter atau mesin cutting sticker kemudian dilakukan proses press dengan menggunakan hot press. Lebih tepatnya langkah ini menggunakan cutting bahan design den kemudian di letakkan di atas mesia kaos.

Sablon Kaos dengan Cara DTG

Sablon kaos ini menggunakan cara DTG atau dengan mentransfer tinta spesial DTG ke media kaos. Sebenarnya ini seperti prenter yang ada pada umumnya hanya saja ini menggunakan printer sablon kaos.

Adapun cara kerjanya sangat mudah, yaitu gambar akan dibuat melalui aplikasi yang ada di komputer yang mana juga dibaut di atas media kaos.

Itulah beberapa tipe mesin sablon kaos digital, kesemua tipe di atas tentunya di dukung oleh mesin-mesin yang sangat populer, seperti:

  • Komputer
  • Printer inkjet
  • Printer DTG
  • Mesin cutting sticker
  • Mesin hot press

Itulah beberapa informasi penting tentang mesin sablon kaos digital dengan beberapa macam tipenya, semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait:

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *