Last Update: May 17th, 2024 at 5:33 pm

Tas Polyester: Ketahui Detail dan Karakteristik Bahannya!

Tas bahan polyester telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang karena sifatnya yang serbaguna dan tahan lama. Bahan ini menawarkan kombinasi keunggulan yang unik dan cocok untuk produk fashion, terutama tas harian. Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang bahan tas polyester, karakteristiknya, jenis-jenis yang ada, serta kelebihan dan kekurangannya.

Mengenal Tas Dengan Bahan Polyester

Tas dari bahan polyester adalah jenis kain sintetis yang terbuat dari polimer, dan telah menjadi pilihan favorit bagi banyak orang karena sejumlah keunggulannya. Salah satu alasan utama pemilihan polyester adalah sifatnya yang tahan lama dan ringan, menjadikannya ideal untuk penggunaan sehari-hari. Kain polyester juga menawarkan fleksibilitas dalam desain, dengan beragam pilihan warna dan motif yang dapat disesuaikan dengan preferensi Anda.

Selain itu, polyester hadir dalam berbagai tingkat ketebalan dan kekuatan, memungkinkan pembuatan tas dengan berbagai bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan. Bahan ini juga tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, air, dan bahan kimia tertentu. Oleh karena itu, tas berbahan polyester cocok untuk berbagai aktivitas dan keperluan, mulai dari tas sekolah, kerja, hingga tas perjalanan.

Polyester juga terkenal karena sifatnya yang cepat kering dan mudah dibersihkan, menjadikannya pilihan praktis bagi pengguna yang sibuk. Berkat daya tahan yang baik dan kemampuan menahan paparan cuaca atau bahan kimia, tas dengan bahan ini sering dianggap sebagai investasi cerdas yang dapat melindungi barang bawaan Anda dalam berbagai situasi.

Baca juga: Rahasia Bahan Kain Viscose: Semua yang Perlu Anda Ketahui!

Karakteristik Tas Dengan Bahan Polyester

contoh tas bahan polyester berbentuk sepatu

Polyester memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya menjadi bahan pilihan yang populer:

  • Bahan Utama

Serat polimer adalah bahan utama untuk kain polyester, yang memberikan tas daya tahan dan kekuatan yang tinggi.

  • Kain Tipis

Polyester dikenal dengan kainnya yang tipis, membuatnya ringan dan mudah dibawa ke mana-mana.

  • Tahan Terhadap Air

Salah satu keunggulan bahan ini adalah sifat tahan air, cocok untuk digunakan dalam perjalanan atau cuaca hujan.

  • Lentur

Bahan ini memiliki fleksibilitas yang baik, sehingga mudah dilipat atau digulung saat tidak digunakan.

  • Anti Bakteri

Tas dari bahan polyester memiliki daya tahan yang baik terhadap bakteri dan kuman, sehingga tas lebih tahan lama dan higienis.

Baca juga: Polo Shirt Bahan Cotton Pique: Dari Kerah dan Keunggulannya!

Jenis-Jenis Tas Dengan Bahan Polyester

Contoh tas bahan polyester berbentuk bola

Ada beberapa jenis bahan tas yang digunakan dari kain polyester, di antaranya:

  • Heavy Taslan

Bahan heavy taslan memiliki tekstur kasar, namun tetap fleksibel. Tas dari bahan ini tahan terhadap goresan dan mudah dibersihkan, meski sedikit lebih berat dibandingkan jenis lainnya.

@tshirtbarid

Ini dia beberapa pilihan tas lipat di Tshirtbar yang bisa kamu custom bentuk pocket-nya! Tas lipat murah dan multifungsi ini, bisa jadi salah satu opsi kamu untuk mengurangi plastik, karena produknya yang praktis, beda, dan estetik. #customtas #taslipat #customsatuan #fyp

♬ orijinal ses – caner

  • Kain Despo

Kain despo adalah jenis polyester dengan permukaan halus dan tidak terlalu mengkilap. Keunggulan kain ini adalah sifatnya yang breathable, sehingga tas terasa nyaman digunakan meski berada di bawah sinar matahari.

Baca juga: Kenali Bahan Rayon Twill dan Penjelasannya

Kelebihan Bahan Tas Dengan Bahan Polyester

Tas berbahan polyester memiliki banyak kelebihan yang membuatnya pilihan yang menarik:

  • Daya Tahan

Tas berbahan polyester memiliki daya tahan tinggi, menjadikannya pilihan tepat untuk tas harian. Bahan ini juga tahan terhadap bakteri dan kuman, sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang.

  • Mudah Dirawat

Bahan polyester mudah dirawat dan dicuci. Anda dapat mencuci tas dengan tangan menggunakan detergen biasa, atau menggunakan metode dry clean jika diperlukan.

  • Bisa Di-Custom

Polyester mudah dikustomisasi dengan berbagai warna dan corak. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki tas yang sesuai dengan gaya dan preferensi pribadi.

  • Ringan

Bahan polyester lebih ringan dibandingkan dengan bahan lain seperti kulit atau kanvas, sehingga mudah dibawa ke mana pun tanpa menambah beban berat.

  • Tahan Air

Polyester memiliki sifat tahan air, sehingga cocok untuk kegiatan yang melibatkan air atau dilakukan dalam cuaca hujan.

  • Harga Terjangkau

Tas berbahan ini umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan tas berbahan kulit atau kanvas, sehingga menjadi pilihan yang ekonomis.

Kekurangan Tas Dengan Bahan Polyester

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tas berbahan ini juga memiliki beberapa kekurangan:

  • Kurang Awet

Meskipun tahan lama, bahan polyester mungkin tidak sekuat kulit atau kanvas dalam hal daya tahan.

  • Kurang Ramah Lingkungan

Bahan polyester membutuhkan waktu yang lama untuk terdegradasi dan tidak dapat terurai secara alami. Oleh karena itu, diperlukan pengolahan limbah yang tepat.

  • Mudah Kusut

Karena sifatnya yang ringan dan tipis, bahan polyester mudah kusut jika dilipat atau digulung dalam waktu lama.

  • Kurang Breathable

Tas berbahan ini memiliki sirkulasi udara yang kurang baik, sehingga dapat menyebabkan bau apek jika terkena zat tertentu atau kondisi lembab.

  • Mudah Terbakar

Polyester dapat mudah terbakar jika terkena suhu panas atau api. Oleh karena itu, perlu hati-hati saat menyetrika tas dengan bahan ini.

Kesimpulan

Bahan tas ini menawarkan kombinasi kelebihan dan kekurangan yang membuatnya pilihan menarik bagi banyak orang. Sifatnya yang tahan lama, ringan, dan mudah dirawat membuatnya cocok untuk tas harian dan beragam aktivitas. 

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan bahan ini sebelum memutuskan untuk membeli tas berbahan ini. Pastikan untuk mengetahui kebutuhan dan prioritas Anda saat memilih tas dengan bahan ini, dan manfaatkan berbagai ragam pilihan yang tersedia.

Tshirtbar: Penyedia Tas Bahan Polyester Berkualitas

Jika Anda sedang mencari tas berkualitas tinggi dari bahan polyester, Tshirtbar adalah tempat yang tepat. Hubungi kami melalui WhatsApp sekarang untuk mendapatkan tas dengan desain dan kualitas unggul sesuai kebutuhan Anda!

CTA Whatsapp

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224