Tak Hanya Simple, Kaos Juga Punya Perhatian Khusus

Berpakaian memang menjadi kebutuhan penting saat ini, dimana semuanya berlomba-lomba untuk terlihat lebih menawan dan gaya. Berbicara tentang produk fashion, salah satu barang yang tak bisa lepas untuk dilewatkan tentunya adalah kaos atau t-shirt. Kaos atau t-shirt merupakan pilihan produk yang sederhana; mudah diperoleh dimana saja dan cocok digunakan oleh siapa saja. Keajaiban dari kaos memang membuat barang ini selalu digandrungi walaupun zaman semakin berkembang. Hal ini bukan alasan, karena kenyamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. 

 

Berawal dari terciptanya kaos yang telah hadir mulai tahun 1913, penggunaan kaos awalnya merupakan bahan dalaman wajib di Angkatan Laut Amerika Serikat. Sejak saat itu, kaos semakin berkembang pesat dan jenisnya pun kian beragam. Karena pakaian ini sangat fungsional dan fleksibel, tentunya pemilihan ukuran juga menjadi perhatian awal saat kalian akan beli. Pasalnya, kenyamanan adalah kunci utama untuk memudahkan kita dalam beraktifitas. Dalam artikel ini, kami akan membahas kaos dari segi ukurannya.

 

Bagaimana dengan sizing-nya kaos itu sendiri?

 

 

Lain dari itu, untuk urusan ukuran kaos juga tidak bisa dianggap sepele. Meski simple, produk satu ini juga perlu diperhatikan sizing-nya. Setiap kali kalian melihat kaos–secara online maupun berkunjung ke toko–poin ini menjadi tolak ukur ketika kita memutuskan untuk membeli produk. Mungkin hal ini bisa teratasi kalau ada fitting room di toko. Namun bagaimana bila kita hanya bisa mengetahui lewat kasat mata?

 

Semua orang memiliki keunikan bentuk tubuhnya masing-masing, begitupun dengan setiap brand yang punya standar ukuran produknya sendiri. Diantara kalian pasti pernah mengalami hal buruk karena kaos nya terlalu kecil ataupun kebesaran. Walaupun secara umum ukuran kaos terdiri dari S, M, L bahkan XXXL bukan berarti di setiap brand memiliki size chart yang sama. Contoh kasus: S di toko A terlihat seperti size M di toko lain. 

 

Baca juga: Panduan Lengkap Agar Kalian Menggunakan Kaos Dengan Tepat

 

Lain dari pilihan ukuran yang sudah disebutkan, ada lagi jenis ukuran yang banyak dijumpai di pasaran. Free size atau fit free merupakan salah satu pilihan ukuran yang dibuat dua kali lipat lebih besar dari ukuran biasanya. Parameter dari free size sendiri adalah produknya yang elastis (mudah diregangkan) serta bisa digunakan untuk berbagai bentuk tubuh pada umumnya.

 

Lalu bagaimana solusinya agar konsumen tidak bingung memilih ukuran kaos yang benar-benar pas? Tshirtbar punya beberapa tips supaya kalian tidak kecewa saat membeli kaos. Penggunaan meteran untuk mengukur tubuh tentunya wajib ada, jadi kalian tidak perlu ragu untuk memilih kaos supaya pas dan nyaman digunakan. 

 

Cara Menentukan Ukuran Kaos Kalian

 

1. Sesuaikan size chart dari kaos yang dikeluarkan dari berbagai merk

Kenyamanan saat berpakaian merupakan catatan penting bagi siapapun yang mengenakannya. Sudah semestinya langkah gerakmu lebih terasa leluasa dan juga tidak terlihat aneh dipakai. Biasanya di setiap brand mencantumkan ukuran kaos beserta ukuran angkanya (cm). Hal-hal yang perlu diukur supaya baju yang akan dibeli tidak salah adalah sebagai berikut:

 

Kerah

Posisi kerah harus berada tepat di atas tulang selangka (collarbone). Kerah pada kaos pun jangan terlalu longgar dan ketat, supaya tidak terlihat mencekik.

 

Bahu

Untuk bagian tubuh satu ini, kalian bisa melakukannya dengan melingkarkan meteran dari bagian dada atas hingga punggung, jangan sampai meterannya tidak simetris. Bila kalian mencoba di fitting room, perhatikan bagian dada kalian agar tidak terlalu menonjol dan sesak digunakan. Tambahan lagi, bagian dada harus lebih pas daripada bagian perut.

 

Lengan

Ukur bagian ini secara melingkar dan juga memanjang ke bawah. Pastikan bagian ketiak tidak terlalu merapat ke baju serta tangan kalian bisa leluasa bergerak. Bisa juga kalian memberikan space agar bagian lengan bisa digulung sebagai patokan ukuran kaos yang pas. Bila kalian mencoba kaos panjang, usahakan kaosnya lebih longgar kurang lebih 2-3 cm. Untuk lebih rincinya:

 

Kaos pendek: Panjang tangannya harus berada menggantung di atas  sikut (kecuali untuk slim fit)

Kaos panjang: Panjang tangannya terletak pas dengan sendi telapak tangan.

 

Cara lain yang bisa kalian lakukan agar mengetahui seberapa pas kaos kalian adalah dengan “memeluk” kedua tangan kalian.

 

Pinggang dan perut

Pastikan kedua bagian tubuh ini terlihat lebih longgar dari dada agar menyamarkan lekuk tubuh terlebih bila kalian memiliki perut buncit.

 

Panjang Kaos

Poin terakhir ini berlaku untuk kalian yang memilih kaos dengan cutting regular (ex: crop shirt). Jangan sampai bagian perut kalian terlihat jelas ketika kalian mengangkat tangan. Dengan kata lain, panjang kaosnya itu sendiri harus menutupi tulang pinggang dan tidak menutupi bagian pinggul. Jika kalian mencoba kaos nya secara langsung, kalian bisa coba tes dengan menjongkokkan badan. Pastikan bagian bawah punggung tertutup hingga celana.

 

Untuk memperjelas daftar yang sudah disampaikan di atas, kami berikan contoh size chart kaos dari XS hingga XXL:

 

size chart kaos

 

Toleransi jahitan sendiri adalah tolak ukur penambahan maupun pengurangan ukuran baju. Contoh size chart di atas merupakan batas jahit tepi sepanjang 1 – 1,5 cm. Untuk mengetahui size kaos, kalian bisa cek melalui tag atau label yang tersedia pada kaos. Jangan sampai salah dalam memilih ukuran ya!

2. Tentukan tipe fit yang akan kalian beli

Meskipun kaos adalah produk yang serbaguna, nyatanya barang satu ini punya berbagai macam fit dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Regular Fit, Slim Fit dan Fashion Fit merupakan contoh varian kaos yang kerap ditemui di pasaran. Lalu, apa yang membedakan ketiganya?

 

Regular fit atau yang bisa juga dibilang standar fit merupakan jenis ukuran kaos paling populer. Sesuai dengan namanya, kaos regular fit memiliki ukuran standar dan pilihan yang paling aman baik untuk pria maupun wanita. Karena general, reguler fit juga dinilai cocok untuk dipakai segala jenis bentuk tubuh. Karakteristik yang bisa dilihat adalah yang cenderung lurus, tanpa lekukan di samping badan.

 

Kebalikannya dari regular fit, slim fit merupakan jenis ukuran kaos yang didesain untuk menunjukkan lekuk tubuh kalian. Umumnya jenis ukuran kaos slim fit cenderung lebih kecil dan terasa lebih sempit. namun jahitan di samping bahunya lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan regular fit. Buat kalian yang ingin menunjukkan bisep atau bertubuh langsing, slim fit sangat pas digunakan. Dilihat dari segi bahan, kaos slim fit juga cenderung lebih elastis.

 

Sedangkan fashion fit merupakan jenis kaos yang fit-nya berada di tengah-tengah antara regular fit dan slim fit. Jadi, kaos fashion fit memang lebih membentuk tubuh dari regular fit namun tidak lebih kecil dari slim fit. Sama fungsinya dengan slim fit, fashion fit juga cocok digunakan jika ingin menunjukan bentuk tubuh namun tetap ingin terlihat santai karena polanya masih berbentuk kotak. 

 

Bukan cuma kedua jenis ukuran yang tadi disebutkan di atas, ternyata masih ada lagi pilihan fit yang bisa kalian coba. Oversized fit atau anti-fit style merupakan jenis fit yang umumnya dijumpai khususnya bagi para penggemar fashion streetwear. Tren baju oversized bermula jaya sejak animo hip-hop dan skateboard pada tahun 1980-an yang notabene menggunakan pakaian yang serba gombrang, dan sampai saat ini kaos oversized sudah diadaptasikan menjadi terlihat lebih modern, colorful dan trendy

Karena cutting-an nya membuat penggunanya terlihat lebih baggy alias berisi, sebaiknya kalian tidak memilih ukuran yang tidak jauh dari ukuran baju kalian yang biasanya.

 

Berikut adalah contoh penggunaan ketiga ukuran kaos baik regular fit, fashion fit, maupun oversized

 

@tshirtbarid

Mau style simple tapi kece? Tshirtbar solusinya! banyak tshirt kece disini dan bisa custom sesuai seleramu😊 IG: Tshirtbar #fyp #stylingideas #jaksel

♬ original sound – Tshirtbar – Tshirtbar

@tshirtbarid

oversize tshirt buat penampilan mu makin kece dan modis! cocok untuk pria dan wanita IG: tshirtbarid #fyp #oversize #oversizetshirt #20s

♬ sonido original – 🕴️

 

 

 

@tshirtbarid

New product nih! Fashion Fit yg bisa membentuk body-mu sehingga lebih keren! Order yuk! IG : tshirtbarid #fyp #bodygoal #fashionfit #tshirts #customers #bodyfit #fypso #fypsound #kaosdistro #shirts #fypシ #sound #fypso #bisacustom

♬ Feels – Simon Estrella on IG

 

Dari ketiga fit ini, mana yang jadi favorit kalian?

3. Bahan kain yang diproduksi juga menjadi perhatian utama

 

Kita tahu bahwa produk kaos umumnya terbuat dari bahan kain katun, namun apakah semua jenis katun itu sama? Jawabannya tentu adalah tidak, namun bahan kain satu ini dinilai sebagai bahan kaos yang paling aman. Kenapa bisa dibilang begitu?

Kain katun memiliki banyak keunggulan di antara kain lainnya; tidak mudah kusut, adem, mudah di sablon, daya serap keringat yang baik, tidak berbulu serta mudah didapatkan bahannya. Selain kain katun, bahan lainnya pun punya keunggulannya masing-masing. Misalnya: bahan jersey yang cocok digunakan untuk pakaian olahraga bola karena membantu penguapan keringat sehingga tidak lembab saat beraktivitas. 

Dari sekian banyaknya jenis kain sebagai bahan baku produksi pakaian (terutama kaos), beberapa jenis kain juga memiliki daya susut (shrinkage) yang tinggi saat kaos sudah melewati proses pencucian. Untuk mengetahui cara mencuci kaos, biasanya ada panduannya yang tertera di tag dalam kaos–tidak semua merk ada namun umumnya mereka menyediakan. 

3. Harga emang nggak bisa bohong

 

Diantara banyak seliweran komentar negatif yang tersebar di dunia maya terhadap produk merupakan bentuk kekecewaan konsumen atas apa yang ia dapatkan; dengan kata lain konsumen mungkin terkecoh dengan harga kaos yang murah. Namun, bukan berarti yang mahal pun punya kualitas yang sepadan. Meski harga kaos sangat variatif, pastikan kamu memperhatikan dengan detail bahan apa yang digunakan, sizing-nya seperti apa, reputasi tokonya dsb. Namun yang pasti, harga yang masuk akal dan ramah di kantong juga menjadi alasan para konsumen mengapa mereka membeli kaos. Sebagai produsen, mereka juga harus menghadirkan yang terbaik untuk konsumen untuk menjaga reputasi merk serta kepuasan konsumen sehingga memicu pembelian berulang (repeat order). 

Urusan harga sejatinya memang subjektif, tapi di sisi lain ketentuan harga yang dicantumkan jangan sampai buat kalian terlena. Sekali lagi, perhatikan detail barangnya apakah sesuai dengan harganya atau tidak agar tidak menyesal di kemudian hari.

 

Kesimpulan

 

Produk kaos adalah pilihan busana yang paling mendasar, semua orang menyukainya dan nyaman digunakan. Sebagai produk busana yang multifungsional dan memang dinilai senyaman itu, kaos juga tidak bisa diremehkan begitu saja. Pemilihan ukuran serta gaya yang tepat menjadi faktor utama bagaimana kaos ini menjadi efisien dan membantu kalian dalam menunjang beragam kegiatan. 

Beragam model kaos sesuai standarnya bisa kalian pilih sesuai kebutuhan, bahan utama yang diproduksi pun menjadi poin penting ketika kalian akan membeli kaos. Terakhir, urusan harga yang ditawarkan pun menjadi pertimbangan besar apakah produk tersebut sesuai dengan nominal atau tidak. Tujuannya sangat jelas, agar kalian tidak menyesal saat selesai membelinya dan selalu terpakai dalam berbagai kebutuhan atau kegiatan. 

Terima kasih untuk kalian yang telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan semoga bermanfaat!

Referensi:

  1. https://www.goodwear.com/blogs/news/how-to-choose-the-perfect-t-shirt-size
  2. https://www.qualitylogoproducts.com/blog/how-to-calculate-shirt-size/
  3. https://www.rushordertees.com/blog/how-a-t-shirt-should-fit/
  4. https://www.iconprinting.com/blog/t-shirt-fit-guide
Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat