Mengenal Sustainable Fashion dan Cara Menerapkannya

Sustainable fashion adalah sebuah konsep ritel yang sudah banyak digandrungi.  Bukan cuma sekedar bergaya, konsep ini juga mengedepankan rasa cinta terhadap lingkungan. Seperti kita tahu bahwa banyak sebab yang memiliki andil besar terhadap pencemaran alam. Limbah pakaian menumpuk jadi salah satu diantaranya.

Mengapa salah satu faktor terbesar pencemaran lingkungan adalah dari pakaian? Bagaimana tidak, proses produksi dari pabrik pun menghasilkan limbah yang mengotori lingkungan. Banyak pabrik-pabrik pakaian yang kurang mengolah pembuangan limbah dengan baik. Akibatnya terjadi pencemaran air hingga mengakibatkan kerusakan alam.

Nyatanya, sustainable fashion bisa jadi opsi tepat dalam urusan kebutuhan sandang. Di sini kami akan bahas lebih dalam tentang konsep ritel tersebut. Mulai dari pengertian, manfaat hingga bagaimana cara memulainya.

Apa Itu Sustainable Fashion?

Secara bahasa, sustainable memiliki arti berkelanjutan. Sedangkan fashion berarti pakaian. Jadi, pengertian sustainable fashion itu sendiri merupakan salah satu metode yang tidak dibuat untuk sekali pakaian. Praktik tersebut mengedepankan asas lingkungan dan kemanusiaan. Tidak cuma itu, sustainable fashion juga berlaku terhadap nilai ekonomi.

Materi yang digunakan pun tentunya memilih bahan eco-friendly. Berbanding terbalik dengan fast fashion yang berfokus pada kuantitas dan profit. Proses pengolahannya pun dirancang agar tidak merusak lingkungan serta mensejahterakan para pekerja yang terlibat. Fashion berkelanjutan dinilai relevan dengan isu lingkungan yang sudah semakin tercemar.

Di zaman serba modern ini, kita perlu menerapkan pola hidup yang lebih ramah lingkungan. Terlebih hidup sustainable sangat punya dampak besar terhadap alam sekitar. Bukan hanya para aktivis, kita semua pun bisa ikut andil untuk hidup sustainable.

Apa Saja Manfaat dari Hidup Sustainable?

manfaat dari hidup sustainable

Gaya hidup sustainable sudah selayaknya jadi kebiasaan banyak orang. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari hidup berkelanjutan. Secara tidak langsung pun kamu sudah punya kontribusi untuk kelestarian alam.

Bukan cuma soal lingkungan, adapun manfaat lainnya yang bisa kamu raih dengan gaya hidup sustain.

Baca Juga: Mengenal Istilah Fast Fashion, Dampak, dan Ciri-cirinya

1. Tidak Boros

Penggunaan fashion yang kurang berkualitas seringkali awet. Akibatnya, banyak pakaian yang tidak bisa digunakan dalam jangka panjang. Produk dari fashion yang sustain memiliki bahan terbaik dan bisa kamu pakai berulang kali. Setidaknya, pakaian bisa dikatakan sustain karena masih bisa diulang sebanyak 50 kali.

Fashion berkelanjutan juga menahan diri dari pola hidup konsumtif. Maka dari itu janganlah tergiur dengan produk murah. Sebenarnya sustainable fashion saat ini sudah banyak yang mematok harga terjangkau. Meski sudah dicuci berulang kali pun tetap saja kualitasnya sama dengan ketika pertama kali membeli.

2. Lebih Sehat

Produk fashion yang sustainable juga memiliki bahan yang rentan terhadap bakteri. Sehingga tidak terasa gatal maupun gerah saat dipakai. Karena bahan pakaian juga punya pengaruh terhadap kesehatan kulit.

Balik lagi, fashion tidak melulu soal seberapa kerennya kamu. Kenyamanan pun jadi faktor utama. Dimana kamu harus tetap memprioritaskan kesehatan selain dari penampilan saja. Contoh pakaian yang nyaman adalah bahan katun yang terbuat dari serat alami.

3. Hidup Ramah Lingkungan

Pada akhirnya semua balik lagi pada lingkungan. Dimana banyak sekali sumber daya alam yang berada di bumi. Lingkungan alam juga harus tetap kita jaga demi keberlangsungan hidup hingga generasi mendatang.

Tentunya kita sebagai manusia dituntut untuk lebih eco-friendly. Memilih pakaian berkualitas pun sama dengan meminimalisir sampah pakaian. Di samping itu juga perlu merawat baju supaya tetap tahan lama.

Pentingnya Menerapkan Sustainable Fashion

Fashion menjadi salah satu industri yang dapat menyumbang lebih dari 10% gas emisi rumah kaca yang dimana hal itu bisa merusak lingkungan. Maka dari itu, butuh adanya perubahan mulai dari membangun kesadaran yang lebih terhadap konsep sustainable fashion sampai turut berkontribusi aktif dalam melakukan inovasi.

Fesyen berkelanjutan merupakan salah satu alternatif cara dalam menolong bumi dari ancaman kepunahan serta kerusakan dari aktivitas produksi fashion yang terus berkembang setiap waktunya. Untuk itu, berikut ini beberapa poin yang menjelaskan pentingnya menerapkan sustainable fashion bagi kelangsungan kehidupan.

1. Limbah yang Dihasilkan Lebih Sedikit

Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya terdapat satu truk sampah berisi limbah industri fashion yang dibuang atau dibakar setiap detiknya. Maka dari itu, fesyen berkelanjutan hadir untuk menciptakan pakaian yang lebih berkualitas serta dibuat dari bahan tahan lama. Sehingga bisa dikatakan sustainable fashion ini tidak akan mengikuti fast fashion.

2. Memastikan Keadilan dan Kelayakan Bagi Para Buruh Industri Fashion

Dapat dibilang bahwa sustainable fashion, akan lebih memperhatikan kondisi pekerja secara adil. Fesyen berkelanjutan juga akan memprioritaskan upah dengan layak serta menciptakan lingkungan kerja yang aman.

3. Mengurangi Emisi CO2 dan Gas Berbahaya Lainnya

Sustainable fashion tentunya lebih mengutamakan penggunaan bahan tekstil yang bisa terurai secara mudah, seperti kain serat alami atau daur ulang. Bahan baku pembuatan pakaian tersebut juga jarang membutuhkan perawatan kimia, lebih hemat energi, lebih hemat air, sehingga gas emisi yang dihasilakan pun sangat sedikit.

4. Penggunaan Air Lebih Sedikit

Saat ini industri fashion merupakan salah satu pengguna air terbesar di dunia. Air tersebut tak hanya dipakai untuk mencuci pakaian namun juga digunakan dalam proses manufaktur seperti pewarnaan serta finishing.

Oleh sebab itu, konsep sustainable fashion menerapkan pembatasan penggunaan air. Lalu, konsep ini juga mengutamakan bahan pakaian yang terbuat dari tekstil organik seperti linen, kapas organik, dan rami.

Bagaimana Cara Menerapkan Hidup Sustainable Fashion?

cara menerapkan hidup sustainable fashion

Gerakan hidup sustainable bisa dilakukan dengan cara sederhana. Di luar pangan dan papan, sandang akan selalu jadi kebutuhan primer. Berikut contoh-contohnya yang bisa kamu terapkan dalam konsep sustainable fashion adalah sebagai berikut:

1. Beli Pakaian Berkualitas

Bahan yang punya mutu tinggi memiliki pengaruh terhadap ketahanan produk itu sendiri. Seperti halnya fashion sustainable yang fokus terhadap kualitas dan juga lingkungan.

Produk fashion dengan bahan alami dinilai awet. Kenali tempat jual produk fashion pun bisa kamu lakukan. Pilihlah toko yang sudah terjamin. Baik dari segi bahan maupun cara produksinya.

Baca Juga: Tips Bagaimana Membuat Desain Baju untuk Pemula di Dunia Fashion

2. Merawat Pakaian

Dengan merawat pakaian, kamu sama saja dengan menjaga barang yang kamu miliki. Perawatan baju juga dapat mengurangi risiko kerusakan pakaian. Sehingga kamu tidak perlu sering membeli barang baru.

Memelihara pakaian pun harus dilakukan secara berkala. Supaya tidak bau dan cepat menyusut. Hal ini juga berdampak langsung pada kesehatan kulit. Contohnya: segera cuci ketika terkena noda supaya tidak berbekas.

3. Pilih Model Pakaian yang Serbaguna

Banyak jenis pakaian yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya kaos dengan eco cotton. Kaos eco cotton terbuat dari 100% kain organik. Bisa dipakai baik untuk dalaman maupun tunggal.

Pakaian serbaguna pun dirancang untuk bisa digunakan berkali-kali. Ada beberapa opsi warna netral. Seperti contoh: abu-abu, hitam, dan putih.

@tshirtbarid

Kalau kamu borong semua warna dari Essential Tshirt Eco Cotton, udah gak ada lagi deh alasan gak punya baju di lemari. Dengan bahannya yang berkualitas, dijamin nyaman dipakai!! #fypシ #xyzbca #foryou #lokal

♬ original sound – ✨Just Vibe✨

4. Belanja Sesuai Kebutuhan

Pola hidup konsumtif tidak buat kamu hemat. Tanamkan mindset bahwa pakaian pun adalah sebuah investasi jangka panjang. Dengan begitu kamu tidak perlu terlalu banyak membeli pakaian baru.

Salah satu caranya adalah dengan membeli apa yang dibutuhkan. Bukan beli karena hanya atas dasar keinginan. Ingat bahwa menabung juga perlu untuk masa depan.

Contoh Bahan Pakaian yang Ramah Lingkungan

bahan pakaian ramah lingkungan

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara menerapkan hidup sustainable fashion, hal berikutnya yang masih berkaitan adalah contoh bahan pakaian yang ramah lingkungan. Berikut ini terdapat beberapa bahan kain yang bisa kamu pilih, diantaranya:

1. Linen 

Linen adalah jenis kain paling ramah lingkungan. Kain ini umum digunakan untuk bahan kemeja, celana, hingga rok. Terbuat dari serat rami, kain linen cocok digunakan pada saat musim panas sebab teksturnya ringan, lembut, serta daya serapnya yang baik. Lebih hebatnya lagi, kain ini juga gampang terurai sehingga tidak akan mencemari lingkungan.

2. Katun Organik

Walaupun semua jenis katun terbuat dari serat kapas alami, namun tak seluruhnya kain katun ramah lingkungan lho. Serat katun biasa cenderung lebih banyak memakai pestisida dan juga air dalam produksinya. Sedangkan dalam katun organik bahan kimia yang digunakan jauh lebih sedikit, sehingga lebih aman dari segi kesehatan maupun lingkungan.

3. Wol 

Kemudian ada kain wol yang berasal dari bulu domba dan merupakan kain ramah terhadap lingkungan setelah linen dan katun organik. Kain ini dapat diproduksi tanpa menggunakan bahan kimia serta dalam jumlah besar. Memiliki ciri khas yang hangat dan tebal, kain wol sangat pas digunakan saat musim dingin. Jenis bahan ini juga terkenal tahan lama dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: 4 Ciri-ciri Serat Kapas, Kelebihan, Serta Kekurangannya

Dari sini sudah jelas bila sustainable fashion adalah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Bagaimana kita memilih pakaian berkualitas untuk bisa dipakai berkali-kali. Bicara soal pakaian yang sustainable, kamu bisa cek Tshirtbar. Disini banyak opsi model pakaian serbaguna dan bisa kamu custom. Ada kaos, kemeja, jaket dan merchandise lainnya.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *