6 Referensi Style Kantoran Wanita Hijab

Style kantoran wanita hijab seringkali membosankan. Penggunaan baju dan hijab yang biasa memang tidak salah. Tapi coba eksplorasi gaya yang unik bisa buat tampilan jadi lebih stand out dan meningkatkan rasa percaya diri.

Kantor memang punya aturan khusus. Dimana terdapat tata cara penggunaan baju supaya tetap rapi dan sopan. Maka dari itu, lewat artikel ini kami akan berikan banyak tips dan opsi tentang penggunaan outfit yang cocok untuk anak kantoran. Khususnya dengan hijab bagi para wanita muslimah.

Bagaimana Tips Memilih Style Kantoran Wanita Hijab?

tips memilih style kantoran wanita hijab

Apabila masih ragu apakah perpaduan yang dipilih sudah tepat, bisa coba menggunakan beberapa tips. Misalkan dengan memanfaat color wheel. Tapi agar lebih detail, silahkan cek tips berikut:

1. Pilih Pakaian yang Nyaman

Pertama, kamu harus bisa gerak bebas tanpa kendala. Baju dengan bahan bagus buat nyaman seharian. Dan yang terpenting juga kainnya tidak mudah lecek. Bahan yang kurang baik juga bisa menimbulkan hal-ha yang tidak diinginkan.

Selain baju kusut, bahan yang kurang baik juga bisa terasa gerah. Tubuh yang terasa gerah bisa jadi lembab sehingga timbul rasa gatal bahkan alergi. Jadi, utamakan kenyamanan ya.

2. Gunakan Diagram Warna

Teori diagram warna adalah ilmu yang dapat menolong kamu dalam mencari paduan warna yang tepat. Terlebih lagi bisa menyelamat kamu dari hasil kombinasi warna yang bentrok. Hal ini juga berlaku dalam ranah fashion.

Ada beragam rumus diagram warna yang paling sering digunakan. Contohnya seperti kelompok warna triadik, analog, komplemen, dan split komplemen.

3. Perhatikan Ukuran

Memilih ukuran bagi para wanita hijab ada perbedaan dengan orang pada umumnya. Jika badanmu lebih berisi, bisa coba pilih ukuran dengan satu tingkat lebih kecil dari biasanya. Tujuannya supaya lekuk tubuh lebih tersamarkan. Sehingga penampilan terlihat lebih langsing.

Hal yang paling penting adalah perhatikan size chart-nya lebih detail. Terutama jika akan belanja hoodie secara online.

4. Hindari Penggunaan Jaket

Jaket memang punya lengan panjang. Tapi sayangnya jika kamu adalah karyawan korporat tidak bisa memakai luaran atau ini. Alasannya karena dirasa kurang sopan dan terlalu santai.

Alternatif lain kamu bisa pakai luaran seperti blazer, kimono atau outer lainnya. Paling penting tetap bisa kasual tapi formal juga.

5. Jangan Takut untuk Eksplor

Tidak salah jika ingin melihat referensi OOTD dari para influencer atau selebriti. Setiap orang pasti senang mencoba eksplorasi dengan hal baru. Sama seperti ketika kita akan coba mix and match pakaian. 

Jadi, Berbagai inspirasi bisa jadi acuan untuk kamu tampil segila mungkin. Namun yang pasti harus tetap menyesuaikan dengan kondisi ya. Supaya kamu tidak mengundang komentar orang lain.

Baca Juga: 4 Tips OOTD Hijab Kaos Oversized Agar Terlihat Keren

Referensi Style Kantoran Wanita Hijab

referensi style kantoran wanita hijab

Bila masih bingung style outfit apa yang tepat untuk pergi ke kantor, tidak perlu khawatir. Daftar rekomendasi berikut ini bisa bantu agar tampil elegan dan mahal. Berikut daftarnya:

1. Smart Casual look

Polo shirt adalah baju terbaik jika ingin ada sisi kasual. Meski begitu juga nyatanya cocok bila akan digunakan oleh para wanita hijab. Gunakan manset sebagai penutup aurat.

Baju ini juga bisa dikombinasikan dengan berbagai produk busana lain. Misalnya dengan celana bahan atau rok span. Hijab berwarna netral bisa jadi penyeimbang bagi outfit warna apapun.

2. Gaya ala Cewek Kue

Istilah cewek kue sebenarnya sudah marak sejak TikTok mulai banyak digandrungi. Dimana secara umum, cewek kue didefinisikan sebagai kiblat fashion yang memakai warna serba cerah. Atau bisa juga dengan outfit serba warna pastel.

Kamu bisa gunakan kaos warna lilac. Lalu pilih outer dengan warna senada baik blazer atau kimono. Dijamin look kamu makin terlihat ceria dan fresh sepanjang hari.

3. Outfit Serba Hitam

Outfit serba hitam tidak selalu identik dengan anak metal. Belakangan ini juga ada tren cewek mamba. Dimana mereka tampil dengan busana warna gelap. Salah satunya adalah dengan outfit serba hitam.

Pilih hijab warna hitam dengan model pashmina. Kemudian gunakan kaos panjang dengan warna yang sama. Untuk sedikit memberi kesan formal, bisa tambah rompi panjang.

Baca Juga: 5 Inspirasi OOTD Hoodie Hitam Hijab dan Tips Memilihnya

4. Paduan Earth Tone

Earth tone adalah sekumpulan warna yang jadi representasi alam sekitar. Ada banyak warna yang masuk ke dalam kelompok earth tone. Contohnya adalah coklat, sand, dan hijau army. Dengan memakai warna berikut, fashion kamu masuk ke dalam kategori “cewek bumi”.

5. Formal Look

Jika tidak ingin tampil dengan kasual, mungkin formal look bisa jadi opsi. Gunakan blazer dan kaos polos sebagai dalaman. Kemudian pilih bawahan yang memang biasa untuk jadi baju formal. Ada rok panjang, celana kulot bahan, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya pilihan ini memang sangat cocok bagi pekerja kantoran. Khususnya bagi pekerja di perusahaan korporat atau instansi. Dimana para pekerja harus tampil sopan dan rapi.

6. Tampil Lebih Feminim

Terakhir, ada tunik dress bagi kamu si pecinta fashion feminim. Tunik merupakan salah satu jenis pakaian yang punya rupa seperti gaun, namun lebih kasual. Meski begitu tetap bisa saja dipakai untuk pergi ke kantor.

Menggunakan jeans warna hitam bisa jadi alternatif bawahan. Gunakan sandal flat agar tampil lebih anggun dan kasual.

Baca Juga: 7 Rekomendasi OOTD Jaket Oversized Hijab dan Tips Memilihnya

Nah, itu dia cara dan referensi style kantoran wanita hijab untuk harian. Semoga bisa menginspirasi kamu saat akan pergi kerja tanpa takut terlihat mencolok. Paling penting adalah bisa cermat dalam pilih warna. Dapatkan pilihan artikel fashion untuk wanita hijab di Tshirtbar.

CTA BANNER FASHIONWEAR

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *