Pengertian Style Edgy dan Rekomendasi OOTD

Style edgy adalah salah satu konsep busana yang kian digandrungi. Semakin banyak para wanita dan pria yang menerapkan konsep ini untuk outfit mereka. Dengan gaya yang nyeleneh dan anti mainstream, semua orang bisa tampil memukau. Tidak hanya sekedar gaya namun juga bisa menampilkan karakter pribadi yang lebih asli.

Bila kamu masih bingung dengan cara mengimplementasikan gaya ini untuk outfit, yuk simak artikel ini sampai habis. Kami akan kupas lebih dalam.

Apa Itu Style Edgy?

Secara definisi, edgy merupakan sebuah konsep atau gaya hidup yang menampilkan kesan berani, kontemporer, dan tidak umum. Biasanya, style edgy tampil dengan penggunaan material yang tidak biasa, pola pakaian yang unik, dan warna yang mencolok. 

Gaya ini sering digunakan oleh mereka yang ingin mengekspos dirinya secara bebas dan tidak terikat oleh norma sosial. Selain itu juga ada kaitan erat dengan gaya gothic, punk, atau streetwear. Maka tak heran bila gaya ini sangat mengundang pusat perhatian.

Perkembangan dari gaya edgy bisa ditelusuri kembali ke era punk pada tahun 1970-an. Di mana para penganutnya mulai pamer dengan cara yang tidak konvensional dan berani. Pada kala itu, anak punk mulai pakai baju dengan warna mencolok, bahan sederhana, dan aksen seperti rantai atau studs. Style edgy makin populer di kalangan anak muda yang ingin mengutarakan kebencian terhadap sistem dan norma sosial yang ada.

Style edgy mulai merambah menjadi sebuah subkultur yang masih ada sampai sekarang. Di industri fashion sendiri ada beberapa desainer busana yang punya andil besar terhadap gaya ini. Contohnya adalah Vivienne Westwood, Alexander McQueen, dan Rick Owens. Bisa di lihat dari hasil karya mereka yang menggabungkan banyak elemen yang tidak umum bagi produk busana.

Baca Juga: 7 Inspirasi Outfit Earth Tone Style Pria

Apa Saja Fashion Item untuk Style Edgy?

fashion item edgy style

Sudah kita bahas sebelumnya bahwa style edgy tidak terikat dengan aturan apapun. Namun, ada beberapa fashion item yang sering dijadikan patokan untuk gaya edgy. Antara lain:

  1. Baju oversized: Fashion item ini merupakan salah satu produk yang paling sering digunakan dalam gaya edgy. Dengan ukuran yang sengaja dibuat kebesaran, bisa buat tampilan lebih tidak biasa.
  2. Ripped jeans: Celana jeans yang rusak adalah salah satu bawahan yang sangat identik dengan gaya edgy.
  3. Topi: Memakai topi yang unik dan tidak biasa. Contohnya adalah topi fedora dan baseball cap.
  4. Kacamata hitam – Biasanya ada banyak frame kacamata yang unik. Contohnya bentuk kotak atau bulat kecil seperti karakter Boboho di film.
  5. Sepatu boots Ankle boots atau chelsea boots kerap ada di gaya edgy. Biasanya ada studs di atas nya atau polos saja.
  6. Aksesoris: Pilihan jenis aksesoris seperti rantai, gelang, atau cincin yang mencolok dan tidak biasa. Contohnya adalah cincin dengan batu-batu besar atau gelang dengan detail-detail mencolok seperti studs.
  7. Double layer long sleeve shirt: Jenis kaos ini sebenarnya lebih identik dengan budaya hip hop. Namun berkat Kurt Cobain, fashion item ini bisa terlihat lebih edgy.
  8. Hoodie: Menggunakan hoodie yang ukurannya lebih besar bisa buat tampilan makin stylish dan lebih keren.

Daftar di atas hanya beberapa contoh fashion item yang bisa diterapkan untuk tampil dengan gaya edgy. Namun begitu, kombinasi fashion item yang digunakan pun tidak harus terbatas pada produk yang disebutkan di atas. Balik lagi dengan preferensi gaya pribadi.

Baca Juga: 4 Style Baju Baseball yang Kece Buat Kamu

Rekomendasi OOTD Style Edgy

rekomendasi ootd style edgy

Setelah tahu mengenai produk apa saja yang bisa dipakai untuk menghasilkan gaya edgy, berikut adalah beberapa inspirasi outfit yang melekat dengan gaya edgy.

1. Serba Hitam

Outfit hitam aka fashion mamba sering pula jadi patokan untuk gaya edgy. Pada zaman era punk sedang berjaya, para penganutnya sering tampil dengan pakaian serba hitam. Namun seiring berjalannya waktu bisa diterapkan untuk gaya lebih modern.

Gunakan kaos hitam bersama blazer hitam. Kemudian tambahkan kalung choker dan celana jeans. Kamu bisa tampil percaya diri meski tidak tampil terlalu berlebihan. Cocok untuk pribadi yang lebih santai.

2. Athleisure

Bila kamu suka segala sesuatu yang lebih sporty, bisa coba gaya athleisure. Di satu sisi dapat karakter lebih tegas dan santai secara bersamaan. Referensi fashion dengan tema athleisure banyak tersebar dari kalangan selebriti papan atas sampai internet persona.

Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak terpaku dengan tren yang sedang panas. Kamu bisa saja menggabungkan tren dengan gaya khasmu, agar tidak melenceng dari karakter secara personal.

3. Teknik Layering

Bila didefinisikan, teknik layering adalah cara berpakaian dengan menggabungkan dua atau lebih lapis pakaian. Contoh paling sederhana adalah penggunaan kaos dan jaket. Kami punya cara yang bisa buat kamu jadi sedikit beda.

Gunakan jaket kulit sebagai luaran. Alternatif lain adalah dengan memilih kemeja flanel atau coat tebal. Ini akan menampilkan kesan keren dan semakin terlihat edgy. Patut dicoba di kemudian hari.

4. Street Style

Selanjutnya ada gaya jalanan yang melekat dengan nuansa urban. Tidak ada aturan khusus bagaimana kamu berpakaian. Hal ini sudah mulai diterapkan hampir di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri ada Citayam Fashion Week, yang sempat meramaikan jagat sosial media di tahun 2022.

Mengekspresikan diri memang sah saja. Namun perlu diingat adalah bisa menyesuaikan dengan cuaca dan situasi.

5. Monokrom

Menggabungkan warna primer dengan turunannya adalah hal yang biasa. Namun, berkat gaya edgy kamu bisa terlihat lebih keren. Kuncinya adalah bisa cermat dalam memilih produk pakaian dan pemilihan tone yang tepat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Fashion ala Grunge Style

Sejatinya style edgy adalah tentang bagaimana kamu bisa leluasa dalam berpenampilan. Hal yang harus kamu ingat adalah bisa menempatkan situasi atau menyesuaikan dengan lingkungan. Tshirtbar sebagai penyedia produk fashion dan aksesoris siap membantu kamu untuk tampil maksimal. 

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217