5 Style Casual Formal Pria dan Inspirasinya

Style casual formal pria sering kali terlihat di kota besar. Banyak orang kantoran sampai pergi ke mall pun sering menerapkan gaya busana tersebut. Ini adalah sebuah terobosan baru dimana para pria bisa tampil lebih dewasa dan maskulin.

Maka dari itu, kami akan beberkan segudang tips dan penjelasan lengkap tentang outfit dengan gaya casual sekaligus formal, terlebih bagi para pria.

Apa itu Style Casual Formal Pria?

apa itu style casual formal pria

Salah satu cara berpakaian yang biasa disebut sebagai gaya busana casual formal, yaitu memadukan berbagai unsur dari gaya kasual dan formal. Gaya ini biasanya digunakan pada acara yang perlu tampil lebih formal, namun tetap tidak terlalu kaku.

Dalam gaya berpakaian ini, atasan yang digunakan cenderung lebih santai dan nyaman. Kemudian memakai aksesori atau pakaian luar yang lebih formal seperti jam tangan, kemeja atau kacamata dengan frame tipis.

Lewat setelan gaya busana casual formal, kamu dapat tetap tampil santai, namun di saat yang sama juga bisa tetap terlihat rapi dan sopan.

Baca Juga: 5 Style Casual Pria dan Inspirasi Outfitnya

Apa Saja Fashion Item Style Casual Formal Pria?

fashion item style casual formal pria

Gaya berbusana khususnya casual formal tidak membatasi produk apa saja yang boleh digunakan. Namun beberapa list ini bisa jadi referensi kedepannya:

1. Kemeja Pendek

Pakaian ini terdapat kerah dan saku di bagian depannya. Kemeja pendek bisa dipasangkan dengan celana panjang, serta sepatu yang kasual seperti oxford shoes.

2. Polo Shirt

Dikenalkan pertama kali sebagai pakaian untuk tenis dan golf, kini polo shirt sudah bisa dipakai dalam kegiatan casual maupun formal.

3. Kaos T-Shirt

T-Shirt adalah baju basic yang fleksibel. Sebab bisa dijadikan sebagai pakaian tunggal dan dalaman untuk blazer.

4. Celana Panjang

Poin penting dari gaya casual formal adalah tetap sopan. Celana panjang tidak memperlihatkan aurat sehingga sah digunakan untuk kegiatan resmi atau outdoor.

Bagaimana Tips Memadukan Style Casual Formal Pria?

rekomendasi style casual formal pria

Berikut adalah penjelasan mengapa para pria perlu memperhatikan aspek di bawah ini agar bisa tampil casual formal dengan maksimal:

1. Mengetahui Alasan Berpakaian

Pertama, kita perlu tahu tujuan dari berpakaian. Terkadang kamu mesti hadir ke suatu acara yang butuh dress code tertentu. Sebagai bentuk hormat terhadap pemilik acara. kamu harus berusaha tampil sebaik mungkin. 

Untuk acara formal, sangat direkomendasikan untuk pilih pakaian dengan warna netral. Di sini kita juga bisa coba padukan berbagai warna yang lebih cerah seperti merah dan hijau neon untuk menciptakan kesan lebih fresh pada penampilan kita. Namun tetap ada warna netral sebagai penyeimbang dari item yang berwarna cerah.

@tshirtbarid

Buat kalian para tetua yang punya komunitas dan mau buat kaos barengan pakai desain yang kalian mau.. Tshirtbar tempatnya! Gak cuma anak muda loh yang mau tampil eksis dan narsis. 😎 #fypシ #kaoskomunitas #tshirtbar #foryou #xyzbca

♬ original sound – Tshirtbar – Tshirtbar

Keduanya bisa jadi tips penting yang perlu dipahami agar kita bisa tampil dengan tepat dan sesuai dengan acara yang kita hadiri.

2. Menyesuaikan Dengan Body Shape

Tubuh manusia terdiri dari jenis bentuk yang berbeda. Ada yang punya tubuh kurus, dan ada juga yang berisi. Hal ini jadi penting bagi kamu untuk memilih ukuran pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh.

Bagi kamu yang punya tubuh kurus, disarankan untuk pakai ukuran baju yang sesuai dengan ukuran tubuh agar terlihat pas saat dikenakan. Lain halnya jika tubuhmu sedikit berisi, lebih baik pilih ukuran yang satu tingkat lebih besar untuk menambah kenyamanan dan menyamarkan lekuk tubuh, apalagi di bagian perut.

3. Cermat Saat Memilih Bahan

Melihat detail pada bahan pakaian tentu jadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Lebih baik untuk memilih pakaian yang dibuat dari bahan berkualitas tinggi untuk menghindari risiko penyakit dan bisa jadi tidak awet dalam waktu lama.

Bahan pakaian juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan. Beberapa bahan mungkin tidak cocok dipakai saat musim dingin karena permukaan kain yang cukup tipis.

Baca Juga: 7 Style Sporty Casual untuk Berbagai Acara dan Inspirasinya

4. Coba Gaya yang Berbeda

Memang pada dasarnya setiap orang punya ciri khas yang berbeda. Namun, sah saja bila ingin coba untuk memadukan aksen yang belum pernah dipakai sebelumnya. Contohnya seperti pemilihan item, warna, dan desain pakaian.

Kemudian mix and match dengan pakaian yang sesuai dengan gaya pribadi agar tetap merasa percaya diri saat mengenakannya.

Rekomendasi Style Casual Formal Pria dari Tshirtbar

Kini saatnya kamu coba menerapkan gaya casual formal dengan mengikuti opsi gaya di bawah ini:

1. Polo Shirt dan Baggy Pants

Polo shirt tidak pernah salah jadi opsi utama. Baju ini sangat pas jadi pilihan gaya casual formal, sebab bahannya seperti kaos tapi ada kerah di bagian leher.

Beda halnya dengan baggy pants yang lebih kasual. Jadi memadukan keduanya tentu sah saja, malah terlihat keren.

2. Kemeja Pendek dan Folded Pants

Kemeja pendek dan celana lipat adalah pilihan lain yang sangat pas untuk tampilan casual formal

Alasannya, kemeja pendek bisa memberi kesan formal namun tetap adem, sedangkan folded pants lebih memberikan kesan kasual dan tetap rapi dan elegan.

3. Pocket Shirt dan Celana Jeans

Bila merasa bosan dengan kemeja, maka sudah saatnya pakai pocket shirt. Seperti namanya, dilengkapi dengan saku seperti layaknya kemeja. Bahan kaos sudah dikenal adem dan cocok disatukan dengan celana jeans.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Smart Casual Outfit untuk Sehari-hari

4. Blazer dan Jogger Pants

Opsi lainnya adalah paduan blazer dan jogger pants dalam gaya kasual sekaligus formal. Blazer merupakan luaran formal sangat cocok dengan jogger pants yang lebih santai. Pastikan untuk memilih blazer yang sesuai dengan warna jogger pants yang digunakan.

5. Kaos Regular Fit dan Celana Bahan

Terakhir, kamu bisa coba kaos T-Shirt dengan potongan regular fit. Padukan dengan celana bahan berwarna netral supaya bisa lebih maskulin dan lebih santai.

Demikian tadi cara memakai style casual formal pria dalam kegiatan sehari-hari. Jangan lupa untuk selalu pantau Tshirtbar sebagai penyedia jasa custom produk baju dan merchandise terpercaya.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224