Last Update: June 26th, 2021 at 11:38 pm

Sticker Oracal Adalah

Sticker oracal adalah sticker decal yang dibuat olah perusahaan manufaktur bahan sticker ternama yaitu Oracal. Oracal adalah anak perusahaan dari Orafol atau perusahaan penyedia bahan grafis seperti sticker decal, printable sticker, wrapping mobil dan lain-lain.

 

Dalam dunia sticker, merk Oracal adalah salah satu sticker terbaik yang ada di pasaran. Sebab sticker ini terkenal terhadap keawetannya dan warnanya yang bagus. Sticker biar nama yang sangat umum tapi dipasaran banyak memiliki ragam jenis merk dan kualitas. Mulai dari BGS, Ritrama, LG Hauss, Oracal dan lain-lain. Maka penting untuk memilih vendor sticker yang menggunakan sticker berkualitas agar hasilnya memuaskan.

 

Sticker pada dasarnya adalah sebuah bahan yang terbuat dari plastik PVC atau vinyl yang memiliki warna dasar atau warna polos dengan lapisan perekat di bagian bawahnya sehingga bisa menempel ke segala permukaan dengan baik.

 

Bentuk sticker yang kita sering lihat setelah ditempel didapet dengan cara menggunakan mesin potong (cutter plotter) khusus yang melakukan pemotongan pada permukaan vinyl agar membentuk menjadi desain yang kita inginkan. Sebelumnya, warna vinyl yang diinginkan juga harus ditentukan. Kita tidak bisa memiliki warna persis dengan yang ada didesain kita, sebab warna vinyl yang tersedia umumnya bersifat terbatas.

 

Desain yang diinginkan harus dibuat dalam bentuk vector atau garis-garis yang membentuk polygon yang akhirnya membentuk gambar. Software desain yang diperlukan biasanya menggunakan Adobe Illustrator atau Coreldraw. Kedua sama-sama bisa membuat desain dalma format vector seperti .pdf, .ai, .eps dan .cdr.

 

Setelah mesin cutter melakukan proses pemotongan, bagian-bagian gambar yang tidak diperlukan harus dibuang dengan cara dikelet atau proses weeder. Sehingga gambar yang diinginkan terlihat jelas dengan baik.

 

Setelah proses weeder, sticker direkatkan ke kertas transfer transparan yang mengangkat memindahkan gambar ke film transparan untuk sementar sebelum akhirnya di tempel secara permanen ke permukaan yang diinginkan.

 

Oracal sendiri memiliki banyak jenis seri yang dimiliki, mulai dari yang khusus untuk wrapping mobil, untuk signage sticker transaparan, untuk menghias tembok, jendela dan lain-lain. Namun jenis yang paling umum dipakai adalah seri 651 yang bisa dibilang cukup serbaguna untuk berbagai aplikasi seperti untuk jendela mobil, sticker promosi, motor, indoor dan outdoor.

 

Selain oracal yang menggunakan bahan vinyl berwarna, ada juga sticker oracal yang membutuhkan cetakan tinta untuk menghasilkan gambar atau biasa disebut orajet. Berbeda dengan oracal yang sudah memilikin warna dasar, orajet memiliki warna dasar putih dan mampu menyerap tinta dengan baik.

Mesin print yang dipakai biasanya adalah printer khusus dengan tinta solvent yang dapat menghasilkan gambar yang tajam dan awet biarpun terkena air. Setelah proses printing, biasanya sticker juga seringkali dilapisi oleh laminating transparan yang melindungi permukaan sticker dari faktor eksternal yang dapat menurunkan kualitas gambar tersebut.

 

Proses print sticker orajet dilakukan secara digital yang mengolah gambar langsung dari PC sehingga memungkinkan agar gambar full colour tercetak dengan baik diatas sticker.

Kamu bisa memesan sticker bermerk Oracal sesuai keinginan kamu di Tshirtbar dengan mengunjungi halaman https://tshirtbar.id/jasa-print-stiker/

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *