Mengenal Sportswear dan Bedanya dengan Activewear

Sportswear adalah satu dari jenis model pakaian dengan bahan tertentu, guna memudahkan olahraga. Berbagai macam pakaian sampai aksesorisnya pun dibuat untuk memenuhi kenyamanan dan berdampak pada sisi kesehatan. Di sini kami akan jelaskan secara detail tentang sportswear lebih dalam.

Apa Itu Sportswear?

Sportswear merujuk pada pakaian, sepatu, dan aksesoris yang secara khusus dirancang untuk digunakan saat berolahraga. Produk ini harus memenuhi persyaratan tertentu seperti fungsi yang sesuai, sifat termal, kenyamanan, keberlanjutan, berat kain yang tepat, dan berbagai sifat lain yang sesuai dengan jenis olahraga yang berbeda. 

Banyak sportswear juga memiliki kemampuan tahan air, sementara yang lain menggunakan spandeks agar dapat melar sesuai dengan bentuk tubuh. Selain itu, beberapa pakaian olahraga juga memiliki sifat termal untuk menjaga atlet tetap hangat dalam kondisi dingin dan mendinginkan mereka dalam kondisi panas. 

Oleh karena itu, kelenturan, gaya, dan bahan yang digunakan dalam pakaian olahraga memiliki variasi yang lebih luas daripada pakaian biasa.

Bagaimana Ciri-ciri Sportswear?

ciri ciri sportswear

Hal yang paling berbeda dari sportswear adalah tekstur bahan. Selain itu, ada juga aspek lain yang jadi pembeda. Antara lain sebagai berikut:

1. Bahan Elastis

Bahan kain pada sportswear punya kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan bentuk dan gerakan tubuh penggunanya dengan sangat baik. Selain itu, sportswear juga tidak mudah robek dan punya kualitas baik..

2. Dirancang Secara Khusus

Karakteristik bahan yang berbeda menjadikan sportswear terasa istimewa. Karena akan digunakan untuk bergerak aktif, maka desain saja berbeda dari bahan kaos atau celana biasa.

3. Sifat Breathable

Dengan bahan berkualitas yang digunakan, sportswear punya kemampuan untuk menyerap dan mengeluarkan keringat dari tubuh. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat merasa lebih nyaman dan tidak cepat lelah saat melakukan berbagai aktivitas.

Baca Juga: Mari Ketahui Tips Memilih Pakaian Olahraga Yang Tepat dan Nyaman

4. Permukaan Kain Licin

Tekstur kain lebih licin dan mengkilap. Selain itu terdapat rongga yang memungkinkan keringat akan menguap dengan sendirinya.

5. Gampang Di-Custom Sendiri

Sportswear bisa dihiasi dengan tulisan, logo, atau bordir sesuai keinginan. Pengguna atau pelanggan memiliki kebebasan untuk memilih desain, warna, dan ukuran yang diinginkan untuk produk kustom mereka. Namun, penting untuk memilih penyedia jasa custom baju olahraga yang punya reputasi yang baik agar hasilnya memuaskan.

Apa Saja Fashion Item Sportswear?

Banyak sekali jenis produk sportswear, mulai dari baju sampai aksesoris penunjang lainnya. Antara lain:

1. Kaos Jersey

Baju satu ini seringkali digunakan untuk olahraga yang sifatnya berat, seperti sepak bola dan badminton. Jersey punya fleksibilitas tinggi serta tidak mudah luntur, yang dimana bisa ditambahkan bordir, nama pemain dan nomor pemain. 

2. Fitness bag

Dirancang khusus untuk menyimpan perlengkapan olahraga saat pergi ke pusat kebugaran atau gym. Fitness bag umumnya memiliki beberapa bagian yang dirancang dengan baik untuk menyimpan sepatu olahraga, pakaian ganti, handuk, botol air, alat kebugaran, dan perlengkapan lainnya yang diperlukan untuk kegiatan olahraga. Bentuknya kurang lebih mirip dengan travel bag.

Baca Juga: 5 Bahan Baju Olahraga yang Menyerap Keringat dan Tips Memilihnya

3. Celana olahraga

Celana olahraga memiliki kemampuan mendukung berbagai kegiatan olahraga yang beragam. Oleh karena itu, tidak heran jika bahan dryfit pada celana olahraga sangat elastis dan breathable. Celana olahraga bisa dibuat pendek maupun panjang seperti jogger pants.

4. Cagoule

Terinspirasi dari model jaket Cagoule atau jaket Anorak yang punya sambungan jahitan antara bagian atas dan bawah. Hal ini memungkinkan penggabungan dua kain dengan warna yang berbeda menjadi satu.

5. Windbreaker

Windbreaker merujuk pada produk fashion yang dirancang khusus untuk melindungi dari angin, tetesan air hujan ringan, atau gerimis. Biasanya, desain dari windbreaker cenderung sederhana dan berfokus pada fungsionalitas serta kenyamanan. Dalam pembuatan windbreaker, bahan yang sering digunakan adalah microfiber yang terbuat dari 100% kain polyester, yang cocok dipakai untuk olahraga luar ruangan.

6. Baseball Cap

Baseball cap dirancang secara khusus untuk pemain baseball. Topi ini memiliki visor kaku dan melengkung di bagian depan sebagai ciri khas utamanya. Pengencang pada topi baseball dilengkapi dengan gesper besi yang dapat disesuaikan dengan mudah sesuai dengan ukuran kepala pemakainya.

7. Rompi Sepeda

DIrancang untuk melindungi para pesepeda dari angin kencang saat berkendara. Rompi sepeda terdiri dari bahan parasut tebal dan bisa di-custom warna.

Baca Juga: 6 Style Jersey Bola dan Tips Memadukannya

8. Polo Shirt Dry Fit

Polo shirt terbilang semi formal. Tapi, saat ini ada polo shirt dengan bahan dry fit untuk bisa dipakai saat aktif berolahraga, namun tetap menunjukkan kesan stylish bagi pemakai.

@tshirtbarid

@tshirtbarid mensponsori kegiatan @jakarta_boxing_open pada 11 Maret 2023! Dengan pakai baju olahraga dengan desain yang sama, kamu dan komunitas mu akan makin kompak!! Produk: Singlet Nike Dry Fit (Sportswear Set) #CapCut #fypシ #foryou #xyzbca #event #bulungan

♬ original sound – Tshirtbar – Tshirtbar

 

9. Singlet

Sangat ideal untuk kegiatan olahraga yang memiliki intensitas tinggi seperti cabang olahraga tinju.

Apa Saja Perbedaan Sportswear dan Activewear?

perbedaan sportswear dan activewear

Konsep busana sportswear dan activewear sering dikaitkan dalam konteks olahraga dan aktivitas fisik. Walaupun begitu, nyatanya mereka ada perbedaan yang cukup signifikan, diantaranya:

1. Sportswear

  • Lebih berfokus pada kegiatan olahraga: Didesain secara khusus untuk dipakai saat sedang berolahraga atau berpartisipasi dalam kegiatan olahraga spesifik.
  • Performa dan fungsi: Tujuan utama sportswear adalah untuk meningkatkan performa olahraga, sehingga memiliki teknologi khusus seperti sistem pengatur kelembaban, anti-penyusutan, dan peningkatan sirkulasi udara.
  • Tergantung cabang olahraga: Dirancang khusus untuk olahraga tertentu seperti sepak bola, tenis dll, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan olahraga tersebut.

2. Activewear

  • Lebih fokus pada gaya hidup aktif: Digunakan dalam berbagai aktivitas fisik seperti olahraga, yoga, gym, atau kegiatan sehari-hari yang butuh gerakan dan kenyamanan.
  • Memadukan mode dan fungsi: Selain bahan yang  nyaman, elastis, activewear memiliki gaya dan desain yang trendy.
  • Fleksibel: Selain kegiatan olahraga, bisa juga sebagai pakaian harian yang nyaman dan praktis.

Jadi, sportswear adalah salah satu pilar utama demi menjaga pola hidup sehat. Bisa juga kamu buat untuk digunakan bersama komunitas maupun anak kantor. Pastinya custom sportswear dan kebutuhan lainnya di Tshirtbar.

CTA Banner Sportswear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 205