Last Update: November 3rd, 2022 at 9:21 am

Penjelasan Simbol Laundry dan Maknanya yang Perlu Diketahui

Simbol laundry umumnya kita temui pada produk pakaian. Mungkin diantara kamu sudah sering melihat simbol tertentu yang terselip di baju. Entah di label bagian leher, atau berada di bagian pinggang. Tak jarang juga orang tidak sadar akan keberadaan simbol-simbol tersebut. Atau bisa jadi banyak yang tidak tahu apa fungsinya dari simbol tersebut. Khususnya simbol laundry.

Padahal, simbol ini sangat penting untuk kamu ketahui. Maka dari itu, kami akan bahas lebih dalam tentang makna dari label kecil yang selalu menempel pada baju. Silakan di simak:

Apa Itu Simbol Laundry?

Simbol laundry merupakan petunjuk dari pabrik tentang bagaimana cara merawat baju. Secara umum, simbol ini terdapat pada label baju. Tujuannya untuk menunjukkan cara terbaik pada saat membersihkan pakaian tertentu. Supaya tidak merusak pakaian dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

Tidak semua simbol tersebut punya instruksi yang sama. Semuanya balik lagi pada jenis bahan pakaian. Lebih lanjut lagi, biasanya terdapat instruksi gambar maupun deskripsi tertulis. Bukan cuma cara mencuci,  adapun instruksi tersebut punya makna cara mengeringkan, menyetrika, penggunaan bleaching dsb. Bahkan ada juga instruksi bagaimana cara dry cleaning dan warning khusus bagi pakaian tertentu.

Baca Juga: Begini Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Awet

Pada awalnya, simbol-simbol ini telah pertama kali dikenalkan pada tahun 1963 oleh asosiasi internasional asal Paris yang baru dibentuk bernama GINETIX (Groupement Internationale d’Étiquetage pour l’Entretien des Textiles). Seiring waktu berjalan, akhirnya simbol perawatan baju sudah dijadikan standar oleh International Standard Organization (ISO). Standar dari ISO pun mulai berlaku di seluruh dunia. 

Standar ini dibuat karena berangkat dari bangkitnya teknologi manufaktur. Dimana semua sektor bisnis (termasuk tekstil) mulai menghadirkan tekstil dari serat kimia. Perkembangan ini pun datang bersamaan dengan inovasi mesin cuci yang muncul ke publik. Sehingga butuh petunjuk khusus terkait cara merawat baju

Apa Saja Makna dari Jenis-jenis Simbol Laundry?

Mencuci semua jenis pakaian tidaklah sama. Semua tergantung dari bahan kain yang digunakan. Ada banyak tata cara perawatan baik dari suhu air, penggunaan mesin cuci, pengering dan sebagainya.

Itulah sebabnya bila cara mencuci pakaian harus kamu cermati dengan jeli. Agar tidak menimbulkan kerusakan pada pakaian. Ada banyak sekali petunjuk laundry yang sering kali ada ada pakaian. Berikut simbol-simbolnya:

1. Suhu atau Temperatur Air

 

suhu atau tempratur air

Pada gambar ini menunjukkan rekomendasi suhu air ketika akan dicuci. Faktor utamanya karena tidak semua bahan bisa dicuci dengan suhu air yang sama. Ada beberapa jenis bahan yang tidak bisa menggunakan air hangat. Seperti yang bisa kamu lihat di gambar, semakin banyak titik di dalam ember maka semakin hangat juga suhu airnya. Bisa juga menggunakan angka pada dalam ember.

Baca Juga: Cara Merawat Jaket Kulit agar Tetap Awet

2. Mencuci Pakaian

 

mencuci pakaian

Belum banyak orang yang tahu bahwa jenis siklus pencucian dan suhu air membuat perbedaan besar dalam hal merawat pakaian. Adapun instruksi yang ada pada label baju adalah acuan yang direkomendasikan. Misalnya baju kamu bisa dicuci dengan mesin cuci dan hand wash. Bahkan ada pula simbol yang memiliki makna untuk tidak dicuci sama sekali. 

Simbol lainnya juga menunjukkan washing wash permanent press. yang artinya mengacu pada siklus mesin cuci atau pengering yang dapat membantu menghilangkan atau mengurangi kerutan. Ada juga bahan baju yang menggunakan mesin cuci dengan putaran air yang keras (gentle) dan pelan (delicate). Seperti pada gambar tengah.

3. Penggunaan Bleaching

penggunaan bleaching

Simbol bleaching adalah bentuk segitiga. Biasanya simbol ini muncul pada produk kaos atau baju lainnya yang berwarna putih. Memang benar bahwa cairan bleaching atau pemutih bisa buat baju jadi lebih putih. Tapi bisa terkena risiko pakaian jadi cepat rusak.

Secara umum ada 4 kategori simbol bleaching. Pada gambar pertama dari kiri, punya arti bahwa baju bisa menggunakan pemutih. Selanjutnya ada tanda X pada segitiga yang menunjukkan bahwa baju tidak bisa diberi pemutih. Adapun simbol ketiga dan keempat dengan artian bahwa baju tersebut hanya bisa di-bleaching dengan pemutih non klorin.

4. Dry Clean

dry clean

Selanjutnya ada tata cara penggunaan dry clean. Bagi yang belum tahu, dry clean adalah sebuah metode cuci baju dengan air yang sangat sedikit. Tentunya membutuhkan teknologi mesin. Dry clean bisa dilakukan untuk menghilangkan noda yang sedikit.

Untuk pembahasan lebih jauh, berikut makna-maknanya dari gambar di atas:

  • Dryclean: baju tersebut bisa dicuci dengan metode dry cleaning pada umumnya.
  • Any solvent: bisa di dry clean dengan solvent apa saja.
  • Do not dryclean: berarti baju tersebut tidak direkomendasikan untuk di dry clean.

4. Mengeringkan Pakaian

mengeringkan pakaian

Setelah proses cuci, tentu pakaian harus dikeringkan. Biasanya pakaian dijemur di bawah sinar matahari langsung. Namun bagi yang butuh cepat, menggunakan drying machine bisa jadi solusi.

Simbol di gambar paling kiri menunjukkan bahwa baju bisa dikeringkan dengan alat pengering. Selanjutnya, titik di dalam lingkaran bisa dikersimbol laundryingkan baik dengan suhu rendah (low), sedang (medium), dan tinggi (high).

5. Setrika Baju

setrika laundry

Menyetrika adalah langkah paling krusial ketika baju sudah dicuci. Fungsinya supaya rapih dan enak dilihat. Apalagi kalau misalkan datang ke acara formal, tentu kita lebih dituntut lebih rapi. 

Tidak semua bahan bisa tahan dengan suhu tertentu. Nah, simbol ini punya tujuan sebagai acuan menyetrika. Kamu tidak mau kan kalau alat setrika jadi buat baju gosong?

  • Iron: bisa disetrika dengan sesuka hati.
  • Do not iron: tidak bisa disetrika sama sekali.
  • No steam: tidak bisa memakai setrika uap.
  • Low temperature: suhu setrika hanya kuat dengan maksimum 110 derajat celcius.
  • Medium temperature: suhu setrika hanya kuat di sekitar 150 derajat celcius.
  • High temperature: suhu setrika maksimum di 200 derajat celcius.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Serat Kain yang Rusak dengan Mudah

Sekarang kamu sudah tidak usah bingung lagi dengan ikon laundry pada label pakaian. Bahwasannya simbol laundry adalah sebuah petunjuk untuk memudahkan dalam perawatan. Tshirtbar sebagai jasa baju custom bisa menyediakan label dengan varian simbol laundry. Bisa dicetak dengan metode printing dengan mutu terjamin.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *