Sejarah Perkembangan Sajadah, Fungsi, dan Tips Merawatnya

Sajadah adalah salah satu perlengkapan ibadah yang kerap ditemui. Terutama bagi kaum Muslim  yang menunaikan ibadah sholat. Piranti ini punya fungsi sebagai alas ketika beribadah. Tujuannya supaya area tetap bersih. Sebab karena tempat bersih adalah salah satu syarat sah ketika akan melaksanakan sholat.

Banyak sekali variasi model dan desain dari sajadah itu sendiri. Barang ini juga sering kali dijadikan souvenir apalagi saat hari raya Lebaran. Selain itu juga bahan utamanya variatif. Dari bentuknya pun kurang lebih sama seperti permadani, tetapi tak seluas karpet pada umumnya.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal. Bahwasannya sajadah memang diperuntukkan sebagai alas beribadah supaya kebersihan tetap terjaga. Terlebih negara Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di Indonesia. Jadi peminat akan sajadah pun otomatis tinggi.

Apa Itu Sajadah?

Menurut KBBI, sajadah diartikan sebagai alas yang digunakan untuk salat, berupa karpet dan sebagainya berukuran kecil, kurang lebih 80 x 120 cm. Namun, menurut bahasa Arab sajadah diambil dari kata “sajada” yang berarti masjid dan sujud.

Hal yang paling mencolok dari sajadah adalah desainnya. Tidak seperti karpet lain, sajadah terdapat corak atau motif yang bernuansa Islam. Misalnya seperti kubah masjid dan kabah.

Bagaimana Sejarah Perkembangan Sajadah?

Tidak ada yang tahu pasti mengenai tahun berapa sajadah ditemukan. Namun, sejarah Islam mengatakan bahwa pada awalnya Rasulullah SAW selalu shalat dengan beralaskan khumrah, sejenis karpet yang terbuat dari daun palem.

Kemunculan sajadah pun pada mulanya memiliki desain yang terlihat seperti pintu ke surga. Sajadah punya bentuk persegi panjang vertikal dengan ceruk hias di dinding masjid, yang menunjukkan arah kiblat, Kabah dan Mekah. Kalau di Indonesia sendiri, arah kiblat menghadap ke barat. 

Baca Juga: 3 Jenis Kain untuk Celemek

Saat ini sajadah sudah semakin variatif. Banyak pengrajin juga sudah menyesuaikan desain dengan nilai seni budaya negara yang berbeda. Seperti contoh sajadah Indonesia yang mencampurkan unsur batik pada sajadah.

Tak hanya di dalam negeri, sajadah juga sudah menjadi barang eksklusif. Faktor utamanya tergantung dari bahan apa yang digunakan. Bahkan harganya pun sudah dibanderol dengan nilai yang fantastis,

Versi lainnya datang dari negara Mesir. Di abad pertengahan sering kali ditemukan warga-warga pinggiran sudah pakai alas yang terbuat dari pohon pisang. Dari situlah muncul sajadah yang banyak rupanya. 

Apa Saja Fungsi Lain dari Sajadah?

sajadah-sebagai-perangkat-sholat

Berterima kasihlah atas penemuan sajadah di dunia ini. Sebab banyak sekali kegunaan positif dari barang satu ini. Bukan melulu soal terjaga dari kebersihan, namun ada efek lainnya. 

Mungkin saja diantara kamu masih belum ada yang tahu. Ada banyak hal yang bisa kamu hindari karena penggunaan sajadah.

1. Terhindar dari kotoran

Dalam hukum Islam, shalat dikatakan sah bila tempatnya bersh. Sajadah bisa memberi batasan, atau menghindari dari hal-hal yang termasuk ke dalam golongan najis. Sebab bila terkena najis, shalat pun jadi batal. Perlu diperhatikan juga bahwa sajadah tidak boleh diletakkan pada ruangan kotor.

Baca Juga: Inspirasi Motif Sajadah yang Bisa Kamu Custom Di Sini

2. Memberi rasa nyaman

Kelebihan lain dari sajadah adalah memberi kenyamanan ekstra saat beribadah, Tekstur bahan sajadah lebih empuk sehingga tidak menimbulkan rasa sakit, apalagi saat sedang sujud. Sebetulnya sajadah bukan syarat wajib shalat. Tapi piranti ini sungguh sangat dianjurkan untuk dipakai. 

3. Sebagai merchandise

Mungkin disini ada yang bosan untuk menghadirkan merchandise yang itu-itu saja. Kamu bisa coba dengan memilih sajadah. Sebab barang ini sering digunakan setiap hari bagi kaum Muslim. Atau mungkin bisa dijadikan hampers untuk hari lebaran. Supaya lebih terasa personal, kamu bisa coba custom desain sajadah sendiri kepada vendor terpercaya.

4. Untuk dikoleksi

Sebab saat ini banyak sekali desain sajadah yang sangat indah dan rupawan. Agar bisa dijadikan cadangan, kamu juga bisa mengoleksi sajadah dari berbagai negara. Selain untuk di rumah, bisa juga mengoleksi sajadah lipat agar mudah dibawa travelling.

5. Ibadah lebih berkonsentrasi

Selain bersih, hal yang perlu dilakukan agar shalatnya sah adalah khusyu. Dengan menggunakan sajadah, tentunya kamu akan merasa nyaman. Akan sangat terasa sekali perbedaan ketika pakai sajadah atau tidak sama sekali. Jadi, kamu bisa lebih fokus tanpa hambatan.

Baca Juga: Mengenal 11 Jenis Kain yang Nyaman Dipakai Sehari-hari

Bagaimana Tips Merawat Sajadah?

sajadah-custom-lipat

Sajadah adalah piranti penting bagi kaum Muslim. Sudah selayaknya sajadah pun harus dihormati, karena urusannya pun sudah ibadah. Pentingnya dalam merawat sesuatupun agar tetap awet digunakan. Begitu pun dengan sajadah, yang sering digunakan sehari-hari.

Sama seperti produk berbahan kain, tentu sajadah pun lama-lama bisa kotor. Ikuti langkah-langkah berikut supaya sajadah tetap bersih. 

  • Sebelum menginjak sajadah, pastikan kalau telapak kaki sudah kering. Permukaan kain basah akan menjadi lembab sehingga rentan terhadap bakteri. Sehingga jamur dengan mudah bisa berkembang biak. 
  • Letakkan sajadah pada tempat sejuk dan kering. Jangan diletakkan begitu saja ketika sudah digunakan. 
  • Lipat sajadah dengan rapi supaya tidak terkena debu.
  • Kalau terkena noda sedikit, lebih baik cuci saja dengan metode spot cleaning. Noda harus langsung dicuci supaya tidak sulit dihilangkan.
  • Lakukan juga perawatan deep cleaning secara berkala. Hal ini juga dilakukan agar sajadah tidak bau apek dan bersih.
  • Hindari jemur dengan sinar matahari langsung. Sebab sajadah akan mudah luntur dan kurang kuat.
  • Jangan dikeringkan dengan mesin pengering. Sah-sah saja bila ingin mencuci dengan mesin.

Sajadah adalah produk esensial yang menyempurnakan kaum Muslim ketika shalat. Kalau kamu butuh opsi sajadah menarik, Tshirtbar adalah pilihan tepat. Kami menyediakan sajadah lipat dengan bahan Verlando. Bahan ini bisa kamu custom dengan fullprint. Selain itu juga sangat ringan dan tidak mudah kusut. Sajadah yang kami jual juga lengkap dengan tasnya supaya bisa kamu bawa travelling.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *