Last Update: July 5th, 2021 at 3:53 am

Kelebihan dan Kekurangan Sablon Sublim

Dalam dunia cetak sablon, cukup banyak teknik yang dapat digunakan untuk menghasilkan produk yang menarik. Mulai dari DTF, DTG, Polyflex, Plastisol dan yang terakhir adalah Sublim. Bagi pecinta dunia percetakan dan sablon pasti sudah tidak asing dengan sablon sublim yang akan dibahas saat ini. 

Teknik percetakan atau sablon Sublim ini sendiri adalah sebuah metode percetakan dari gambar digital (berupa file) dan dapat langsung dicetak ke berbagai media, pada umumnya disebut transfer printing atau pemindahan desain dari kertas ke kain yang menggunakan sebuah mesin printer dan tinta yang khusus. Tinta yang digunakan pun berbeda dengan tinta yang digunakan pada mesin printer lainnya. Printing sublim ini juga menjadi inovasi sablon digital yang sudah selangkah lebih maju dari sablon manual karena detail warnanya yang lebih colorful dan juga tajam.

Cara kerja sablon sublim

Melakukan teknik penyablonan sublim bisa di bilang mudah. Ingin tau proses kerja teknik printing sublim seperti apa? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

1. Siapkan file design

Langkah pertama, sudah tentu kita harus menyiapkan file design yang ingin digunakan, bentuk file bisa berupa PDF, PNG, atau AI. Setelah file sudah diterima, akan disesuaikan dengan pola sesuai ukuran yang sudah di request.

2. Cetak pada kertas khusus

Setelah semua file siap dan sudah masukan ke pola yang ada, langkah kedua yaitu mencetak atau print file tersebut ke kertas khusus untuk sublim.

3. Press kertas pada bahan yang di siapkan

Jika sudah selesai dicetak, yang dilakukan selanjutnya adalah mem-press kertas yang sudah di print tadi untuk transfer printing atau pemindahan desain dari kertas ke kain yang sudah disiapkan. Kain yang cocok untuk teknik percetakan sublim ini hanya bisa menggunakan bahan dasar polyester. 

4. Finishing

Seusainya transfer printing dengan cara di-press, yang dilakukan selanjutnya adalah memisahkan bahan sesuai polanya lalu bahan-bahan tersebut akan diberikan kepada penjahit. Setelah dijahit, produk yang kamu inginkan sudah selesai. Jadi menjahit adalah langkah terakhir untuk proses kerja percetakan sublim.

Kelebihan dan kekurangan sablon sublim

Dari seluruh teknik sablon tentunya tidak sempurna, seperti yang dijelaskan mengenai teknik percetakan sublim ini tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah Kelebihan dan Kekurangan dari teknik percetakan sublim:

Kelebihan sablon sublim

  • Tinta menyerap ke bahan atau kain dengan sangat sempurna sehingga tidak terasa handfeel,
  • Warna yang diperoleh lebih banyak dan bervariatif,
  • Kualitas detail gambar sangat tajam
  • Dapat digunakan untuk seluruh bagian baju / full print
  • Proses pengeringan yang cepat
  • Dapat mencetak dalam jumlah yang banyak dengan desain yang berbeda-beda.

Kekurangan sablon sublim

  • Prosesnya  lama karena harus melewati proses jahit
  • Hanya bisa diproses di bahan dasar polyester
  • Harga cenderung lebih tinggi karena biaya tinta dan kertas cukup tinggi

Setelah kamu memahami tentang teknik cetak sablon dengan sublim? Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa contoh produk dari hasil cetak sublim.

contoh produk dengan teknik sablon sublim

 

Setelah melihat hasil dari produk sublim, kamu pasti tertarik untuk membuatnya juga bukan? Jangan khawatir karena Tshirtbar bisa memenuhi keinginanmu! Kamu bisa order custom produk dari Tshirtbar yang menggunakan proses teknik sublim, custom sesuai dengan desain yang kamu inginkan dan pesan tanpa minimum order. Produk sublim yang tersedia dari Tshirtbar yaitu ada Kaos Jersey Olahraga, Hoodie, Jaket lipat parka, Kemeja, Masker, Tas Belanja Lipat, Tote Bag, Lanyard, Sarung Bantal, Mug, Sajadah dan juga Hijab.

Tunggu apa lagi? Kamu bisa langsung pesan produk apapun yang kamu mau dengan sablon sublim dari Tshirtbar untuk keperluan pribadi kamu, hadiah untuk kerabat atau keluarga melalui sales kami di nomor 0818-0839-2323 atau kamu bisa langsung melihat dan menyentuh produk fisiknya di store Tshirtbar di Jalan Abdul Majid Raya No. 6A, Cipete Utara, Jakarta Selatan. 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *