Sablon Kaos: Pengertian, Jenis dan Harganya

Sablon kaos merupakan salah satu teknik pencetakan yang paling umum digunakan untuk menghasilkan gambar atau desain langsung pada permukaan kaos. Dalam dunia fashion dan industri percetakan, sablon kaos memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan kaos dengan desain yang unik dan menarik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian, jenis, dan harganya, sehingga Anda dapat memahami lebih dalam tentang teknik pencetakan yang satu ini.

Apa Itu Sablon Kaos?

alat sablon kaos

Sablon pada kaos adalah proses pencetakan di mana gambar atau desain dicetak langsung pada permukaan kaos menggunakan berbagai jenis metode dan bahan pencetak. Proses ini melibatkan aplikasi tinta pada layar yang diperlengkapi dengan gambar atau desain yang diinginkan, kemudian tinta ditekan melalui layar tersebut untuk mencetak gambar pada kaos. Teknik ini memungkinkan untuk mencetak gambar dengan warna yang cerah dan tajam, serta menciptakan hasil akhir yang tahan lama dan berkualitas tinggi.

 Baca juga: 5 Kelebihan Desain Sablon Baju Sendiri Serta Tipsnya

Apa Saja Kelebihan dari Kaos Sablon?

Keunggulan sablon adalah kemampuannya untuk mencetak pada berbagai jenis bahan kaos. Yakni mulai dari katun hingga polyester, sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam menciptakan berbagai jenis desain kaos. Selain itu, sablon kaos juga dapat menghasilkan gambar dengan detail yang lebih halus. Jadi sangat cocok untuk mencetak desain-desain yang kompleks dan rumit.

Dalam industri fashion, sablon sering digunakan untuk menciptakan kaos dengan desain khusus. Untuk kebutuhan seperti promosi, acara, atau sebagai produk fashion yang dijual secara komersial. Dengan berbagai teknik dan jenis sablon yang tersedia, Anda dapat mencetak gambar dengan berbagai efek dan tekstur yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi desain Anda.

Selain itu, sablon pada kaos juga menjadi pilihan yang populer bagi para pengusaha kecil maupun besar yang ingin memproduksi kaos dengan desain khusus. Dengan biaya produksi yang relatif terjangkau dan kemampuannya untuk mencetak dalam jumlah besar dengan kualitas yang tetap terjaga, sablon pada kaos menjadi solusi yang efektif untuk menciptakan kaos dengan branding yang kuat dan menarik perhatian konsumen.

Apa Saja Jenis Sablon Kaos?

Berbagai jenis sablon kaos hadir dengan karakteristik dan keunggulan masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis sablon yang umum digunakan:

Metode DTF (Direct Transfer Film)

Metode DTF merupakan salah satu teknik pencetakan yang menggabungkan tinta pigment dengan bubuk hotmelt untuk menciptakan gambar langsung pada kaos. Keunggulan utamanya adalah kemampuannya untuk mengcustom kaos sesuai keinginan tanpa memerlukan media dasar seperti pada polyflex. Hasilnya adalah tekstur yang lebih lembut dan detail yang lebih halus tanpa garis tepi yang sering terjadi pada polyflex.

Metode DTG (Direct To Garment)

DTG merupakan metode pencetakan sablon digital yang menghasilkan gambar langsung pada kaos tanpa memerlukan media transfer apapun. Tinta yang digunakan dirancang khusus untuk pakaian dan mampu mencetak pada bahan dasar berwarna hitam dengan menggunakan tinta putih sebagai underbase. Keunggulan utamanya adalah tekstur yang lembut dan kemampuan untuk mencetak efek halftone dan gradasi yang sangat halus.

Metode Print Sublim

Proses sublimasi merupakan metode pencetakan yang kompleks. Desain dicetak terlebih dahulu pada kertas sublimasi, kemudian dipanaskan dan ditekan ke kain. Gas dari tinta sublimasi mengalihkan warna dan menyerap sepenuhnya ke dalam serat kain, menciptakan penggabungan 100%. Meskipun prosesnya memerlukan waktu yang lebih lama karena tahap pemotongan dan penjahitan bahan. Tetapi kelebihan utamanya adalah kemampuannya untuk mencetak di seluruh bagian pakaian tanpa meninggalkan efek perasaan pada permukaan dan memiliki daya tahan yang tinggi.

Metode Polyflex

Polyflex adalah bahan yang terbuat dari Polyurethane (PU) dengan lapisan perekat yang dapat menempel kuat pada permukaan kain. Berbeda dengan stiker vinyl yang terbuat dari PVC, polyurethane aman untuk digunakan manusia. Keunggulan utamanya adalah kemampuannya untuk menempel pada berbagai jenis kain, termasuk katun, polyester, dan spandex.

 Baca juga: Kenapa Cara Sablon Kaos Sendiri Harus Anda Ketahui?

Berapa Hargo Sablon Kaos?

harga sablon kaos tshirt bar

Berdasarkan harga yang tertera di Tokopedia Tshirtbar, Anda dapat memperkirakan biaya untuk mencetak sablon kaos sesuai dengan ukuran gambar yang diinginkan. Berikut adalah rincian harga untuk berbagai ukuran:

  • Ukuran Logo: Rp10.000
  • Ukuran A4: Rp35.000
  • Ukuran A3: Rp45.000
  • Ukuran A3+: Rp65.000

Namun, perlu dicatat bahwa harga-harga tersebut hanya untuk biaya pencetakan sablon saja dan belum termasuk biaya untuk kaos itu sendiri. Oleh karena itu, ketika Anda memesan sablon kaos, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya pembelian kaos yang akan dicetak.

Pastikan untuk hitung total biaya secara lengkap. Mulai dari biaya sablon dan biaya pembelian kaos, serta mempertimbangkan potensi diskon atau harga spesial yang mungkin ditawarkan oleh Tshirtbar untuk pesanan dalam jumlah besar. Anda dapat memesannya dengan biaya yang terjangkau dan sesuai dengan anggaran Anda.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Sablon di Baju dengan Mudah

Tshirtbar: Rekomendasi Sablon Kaos Terpercaya

Dengan memahami segala aspek yang telah dijelaskan secara menyeluruh. Anda dapat mencetak kaos dengan desain yang unik dan berkualitas tinggi sesuai dengan keinginan Anda.

Tshirtbar adalah salah satu tempat cetak print kaos terpercaya yang menyediakan layanan sablon dengan kualitas terbaik. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam industri percetakan, Tshirtbar dapat diandalkan untuk mencetak kaos dengan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan keinginan Anda. Jangan ragu untuk menghubungi Tshirtbar untuk memesan sablon untuk kaos Anda sekarang juga!

CTA Whatsapp

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222