Sablon Baju Keren dengan Cara-Cara Berikut Ini

Selain model, warna, dan potongan, sablon juga menjadi salah satu daya tarik sekaligus nilai jual dari sebuah baju, terutama kaos dan jaket. Sablon baju keren akan menjadi pusat perhatian dari pakaian yang dikenakan, sehingga wajar jika desain dan teknik pembuatannya pun perlu diperhatikan secara saksama.

Seiring dengan berkembangnya teknologi pun, cara membuat sablon baju keren juga semakin bermacam-macam. Hal ini sangat perlu diperhatikan bagi pemilik bisnis konveksi baju custom. Nah, buatmu yang ingin mencoba untuk memulai sendiri jenis printing baju ini, berikut beberapa cara mudahnya.

Cara Sablon Kaos Menggunakan Teknik DTG

Teknik DTG (Direct to Garment) adalah teknik sablon yang semakin banyak digunakan oleh bisnis konveksi kaos custom. Pasalnya, pengerjaan sablon DTG sangat sederhana dan cepat. Selain itu, hasil cetaknya merata, tajam, memiliki resolusi tinggi, dan meresap halus ke bahan kaos sehingga awet meski dicuci berkali-kali.

Untuk membuat sablon baju keren menggunakan DTG, kamu hanya perlu memasukkan kaos polos ke dalam mesin DTG. Setelah itu, mesin akan diatur melalui program komputer yang sudah tersedia, dan masukkan saja perintah untuk mencetak. Sangat gampang, bukan?

Banner DTGTeknik Sablon Manual

Cara sablon ini juga dikenal dengan sebutan screen printing. Boleh dibilang, teknik sablon manual merupakan teknik sablon paling tua dan masih banyak digunakan sampai saat ini kendati teknologi digital sudah merebak karena hasilnya apik serta biaya produksinya murah. 

Hanya saja, perlengkapan dan langkah-langkah yang dibutuhkan cukup panjang. Anda akan membutuhkan kaos yang akan disablon, tinta sablon berkualitas, rakel, busa, bingkai, kaca bening, foto emulsi, ruangan gelap, lampu 250 watt, dan sarung tangan lateks. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buat desain sablon dan lakukan pencetakan dengan kualitas tinggi.
  • Lakukan proses penyablonan di ruang gelap yang sudah tersedia.
  • Lapisi desain tersebut dengan emulsi foto pada bingkai.
  • Ratakan lapisan emulsi menggunakan rakel sehingga seluruh desain terlapisi.
  • Lepaskan lapisan gambar, lalu terangi menggunakan lampu bohlam yang sudah disediakan.
  • Letakkan bingkai berisi gambar dengan posisi terbalik di atas lapisan hitam.
  • Tempelkan bahan transparan pada bingkai.
  • Panaskan menggunakan bohlam sampai tinta meleleh.
  • Siram bingkai menggunakan air dingin. Periksa apakah ada kebocoran pada sablon.
  • Diamkan bingkai sampai kering dan tidak ada residu emulsi pada desain.
  • Tuangkan tinta pada bingkai, kembali ratakan dengan rakel dengan cara ditekan agar tinta menempel secara maksimal.
  • Selesai.

Baca juga: Kumpulan Kata-kata untuk Baju Sablon yang Unik

Teknik Transfer Paper

Cara ini terbilang cukup konvensional dan bisa menjadi alternatif buatmu yang ingin coba-coba dulu di rumah. Tentunya, biaya operasional untuk pembuatan sablon baju keren yang satu ini pun lebih murah. Hanya saja, hasil sablonnya memang tidak akan sebagus dan seawet DTG.

Langkah pertama untuk mengerjakan sablon ini adalah mencetak gambar desain pada kertas transfer atau transfer paper (bisa didapatkan di toko sablon digital) dan biarkan tinta meresap sampai kering. Setelah itu, setrikalah gambar tersebut pada kaos yang sudah disiapkan dengan memberi lapisan kertas teflon. Untuk hasil sablon maksimal, pastikan setrika diatur pada suhu sangat panas dan setrikalah secara perlahan tanpa terlalu menekannya. Lepaskanlah transfer paper setelah mendinginkan kaos beberapa saat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan sablon baju keren, baik secara manual di rumah maupun dengan teknik terkini. Jangan lupa, selain melakukan teknik penyablonan dengan tepat, desain sablonnya juga harus dibuat apik, ya!

Selamat mencoba!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *