Raincoat: Pengertian, Kelebihan dan Jenis-Jenisnya

Raincoat adalah fashion item yang tidak hanya sekadar pelindung tubuh saat hujan menjadi sebuah pernyataan gaya yang fashionable. Tidak hanya berfungsi sebagai penghalang terhadap hujan dan percikan air, raincoat kini telah menjadi bagian integral dari tren fashion di banyak negara Eropa, terutama selama musim dingin yang lembab. 

 

Dengan desain yang semakin modis dan trendy, raincoat telah bertransformasi dari pakaian biasa menjadi item mode yang menarik perhatian. 

 

Meskipun demikian, dibalik penampilannya yang modis, fungsi utamanya untuk melindungi pengguna dari basah tetap tidak tergantikan. 

 

Hal ini menegaskan bahwa raincoat tetap menjadi pilihan yang praktis, meskipun kini tampil dengan gaya yang lebih menarik.

 

Pengertian dari Raincoat

Raincoat adalah adalah pakaian yang tahan air atau tahan air yang dikenakan di bagian atas tubuh untuk melindungi pemakainya dari hujan. Istilah jaket hujan kadang-kadang digunakan untuk merujuk pada jas hujan dengan lengan panjang yang panjangnya sebatas pinggang.

 

Pakaian ini tidak hanya fungsional namun juga modis, yang telah menjadi kebutuhan bagi para pecinta mode. Dengan menggabungkan fungsi dan estetika, raincoat stylish menawarkan keseimbangan yang sempurna antara keindahan dan perlindungan. 

 

Bahan-Bahan Pada Raincoat

Ada berbagai jenis raincoat yang tersedia, yang terbuat dari berbagai bahan yang berbeda, sehingga memungkinkan setiap orang untuk menemukan raincoat yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan mereka.

 

Bahan yang digunakan untuk raincoat adalah jenis kain khusus yang tidak menyerap air. Salah satu pilihan utama untuk membuat jas hujan adalah plastik, tetapi ada juga bahan lain yang sering digunakan. Sebagai contoh:

  • PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC terbuat dari serat plastik yang mampu menahan air. Bahan ini memiliki berbagai varian warna dan dapat digunakan untuk membuat raincoat transparan. Dengan lapisan tebal, PVC bisa menciptakan jas hujan yang modern dan stylish, meskipun versi dengan lapisan tipis umumnya lebih cocok untuk dipakai sekali saja.

  • Polyester

Polyester merupakan bahan yang sering dipilih untuk membuat raincoat yang stylish. Serat polyester memiliki kemampuan menahan air sehingga tidak mudah merembes dan membuat pengguna basah. Selain itu, bahan polyester juga tahan lama, ringan, dan cepat kering ketika basah.

  • Poliamida

Poliamida adalah serat sintetis yang cocok untuk menciptakan raincoat yang stylish. Bahan ini kuat, tahan air, dan tidak mudah merembes ketika terkena air. Poliamida juga memiliki kemampuan menjaga kelembaban, sehingga nyaman digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

  • Gabardin

Gabardin adalah bahan yang jarang digunakan pada pakaian, tetapi cocok untuk raincoat karena teksturnya yang kuat dan tahan air. Mudah dirancang menjadi raincoat yang elegan dan klasik.

  • Gore-Tex

Gore-Tex merupakan bahan premium untuk raincoat yang nyaman dan tahan lama. Meskipun harganya lebih mahal, namun Gore-Tex mampu menjaga tubuh tetap kering bahkan di bawah hujan yang deras.

 

Seberapa Penting Raincoat Pada Kehidupan Sehari-hari

Ini dia segudang alasan mengapa rancoat begitu penting untuk Anda punya:

  • Sebagai Pelindung Tubuh

Raincoat memberikan perlindungan dari kebasahan saat hujan turun. Kondisi cuaca yang seringkali tidak menentu, terutama di negara seperti Indonesia, bisa menjadi hambatan dalam menyelesaikan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Dengan memiliki raincoat, kita dapat tetap menjalankan berbagai kegiatan, seperti pergi ke kantor, berbelanja kebutuhan sehari-hari, atau mengunjungi teman, tanpa harus khawatir basah kuyup oleh hujan yang tiba-tiba datang.

  • Memudahkan dalam Perjalanan

Selain itu, raincoat juga penting karena mobilitas kita yang tinggi setiap hari. Kita tidak bisa hanya mengandalkan cuaca yang baik untuk keluar rumah dan menyelesaikan tugas-tugas penting. Raincoat membantu kita tetap beraktivitas meskipun cuaca sedang tidak bersahabat. Dengan demikian, raincoat tidak hanya berfungsi sebagai perlindungan dari hujan, tetapi juga sebagai alat untuk menjaga produktivitas kita tetap berjalan lancar.

  • Sebagai Penunjang Fashion

Tidak hanya soal fungsionalitas, raincoat juga memiliki unsur fashion yang tidak bisa diabaikan. Di Indonesia, di mana curah hujan cukup tinggi, pilihan raincoat yang tepat tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga bagian dari gaya hidup yang modern dan profesional. Dengan memilih raincoat yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan, kita dapat tetap tampil stylish tanpa harus mengorbankan kenyamanan dan perlindungan dari cuaca buruk.

 

Jenis-Jenis Raincoat yang Direkomendasikan Oleh Tshirtbar

Berikut beberapa jenis raincoat yang bisa dijadikan referensi untuk tampil modis.

  • Raincoat Cape

Raincoat cape menjadi salah satu favorit banyak orang. Selain dapat memberikan perlindungan dari hujan, desainnya juga memberikan kesan keren. Cape ini memiliki bentuk seperti jubah dengan potongan yang longgar, memberikan efek melambai saat dikenakan. Biasanya terbuat dari bahan polyester atau nilon yang efektif melindungi dari air hujan.

  • Raincoat Transparan

Raincoat transparan adalah yang paling mudah ditemukan, bahkan sering dijual di toko-toko kecil untuk keperluan mendadak saat hujan turun. Namun, kelemahannya adalah biasanya hanya bisa digunakan sekali pakai. Cocok untuk situasi yang membutuhkan raincoat cepat dengan harga terjangkau.

  • Raincoat Motif

Bagi yang menyukai fashion penuh motif dan warna, raincoat dengan motif bisa menjadi pilihan tepat. Raincoat dengan motif bunga atau garis-garis akan memberikan kesan segar dan ceria. Biasanya terbuat dari bahan tebal seperti poliuretan atau PVC, sering ditemukan pada raincoat untuk anak-anak.

  • Raincoat Parka

Gaya parka juga termasuk salah satu yang populer dalam dunia raincoat. Cocok digunakan oleh siapa pun, baik pria maupun wanita, dengan ciri khas potongan longgar dan panjang yang mencapai bagian paha. 

  • Raincoat Trench Coat

Trench coat adalah raincoat yang terinspirasi dari gaya fashion klasik. Potongannya memberikan kesan elegan dan bisa menutupi tubuh mulai dari kepala hingga kaki. 

 

Itu tadi pengertian raincoat dan segudang manfaatnya. Untuk custom raincoat dengan hasil terbaik, langsung saja hubungi Tshirtbar.

 

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217