Last Update: May 17th, 2024 at 1:23 pm

Rahasia Bahan Kain Viscose: Semua yang Perlu Anda Ketahui!

Bahan kain viscose merupakan alternatif yang sangat menarik bagi sutra karena memiliki banyak kesamaan dengan bahan tersebut, seperti tekstur lembut dan kilau yang elegan. Kain viscose telah digunakan sebagai bahan utama pakaian dan produk tekstil lainnya selama bertahun-tahun, berkat daya tahan dan fleksibilitasnya. 

Selain itu, viscose juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain selain sandang, seperti produk kebutuhan rumah tangga. Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai bahan kain viscose, mulai dari definisi hingga cara merawatnya.

Penjelasan Tentang Bahan Kain Viscose

contoh bahan kain viscose

Viscose adalah bahan kain semi-sintetis yang terbuat dari serat selulosa atau pulp kayu. Kayu yang digunakan biasanya berasal dari pohon yang cepat tumbuh, seperti kayu putih dan bambu. Proses produksinya melibatkan pencampuran selulosa dengan larutan kimia untuk menghasilkan pasta kental, yang kemudian dipintal menjadi serat dan diolah menjadi benang.

Sifat kain viscose yang lembut dan mengkilap membuatnya mirip dengan sutra, sehingga viscose sering disebut sebagai “Sutra KW.” Meskipun menyerupai sutra, cara merawat kain viscose berbeda dengan bahan lainnya. Meski demikian, bahan viscose tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari kain tahan lama dengan harga terjangkau.

Baca juga: 6 Jenis Bahan Serat yang Bisa Dijadikan Kain: Alami dan Buatan

Ciri-Ciri Utama dari Bahan Kain Viscose

Viscose memiliki beberapa karakteristik unik yang membuatnya populer di dunia tekstil:

  • Kaya Akan Warna

Kain viscose mampu mempertahankan warna cerah dalam jangka waktu lama dan mudah menyerap warna. Oleh karena itu, bahan ini tersedia dalam berbagai warna, mulai dari yang lembut hingga yang gelap.

  • Mirip dengan Kain Sutra

Tekstur viscose hampir sama dengan sutra, memberikan tampilan elegan dan mewah. Ini membuatnya menjadi alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan sutra asli.

  • Bahan Mudah Mengkerut

Viscose cenderung mengkerut dan kusut saat dipakai, sehingga perlu dirawat dengan baik dan disetrika dengan suhu rendah.

  • Tidak Elastis

Bahan viscose relatif kaku dan kurang elastis, meskipun dapat dicampur dengan serat elastis untuk meningkatkan fleksibilitas.

  • Bahan Adem

Viscose memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga cocok digunakan saat cuaca panas.

Baca juga: Macam Macam Kain untuk Bahan Kaos Anda

Kelebihan dari Bahan Kain Viscose

salah satu contoh kain bahan viscose

Berikut adalah beberapa kelebihan kain viscose yang membuatnya digemari oleh produsen baju dan konsumen:

  • Punya Sifat Multifungsi

Kain viscose memiliki tingkat keversatilitasan yang tinggi dan dapat digunakan dalam berbagai model, baik digunakan secara tunggal atau digabungkan dengan kain lainnya. Viscose dapat digunakan sebagai bahan utama pakaian dan produk kebutuhan rumah tangga, seperti gorden, taplak meja, atau pelapis sofa.

  • Harganya Terjangkau

Sebagai alternatif dari sutra, viscose lebih ekonomis dan cocok untuk berbagai kalangan. Harganya yang terjangkau membuat kain ini menjadi pilihan populer untuk berbagai produk pakaian dan tekstil.

  • Tekstur Kain yang Lembut

Viscose memiliki kelembutan yang baik ketika disentuh. Bahan ini juga punya tekstur halus seperti sutra alami. Namun, perlu diingat bahwa bahan ini lebih rentan terhadap kerutan dan kusut.

  • Daya Serap Air yang Baik

Kain viscose memiliki kemampuan untuk menyerap air dengan baik. Oleh karena itu, pakaian yang terbuat dari bahan tersebut mudah menyerap keringat dengan efektif, sehingga pakaian pun jadi terasa nyaman. Meskipun demikian, viscose harus dirawat dengan baik untuk mempertahankan kualitasnya.

  • Kain Tidak Berat

Kelebihan lain dari kain viscose adalah bahannya yang ringan, sehingga sangat adem saat digunakan, terutama ketika cuaca panas.

Baca juga: Mengenal 15 Jenis Kain yang Nyaman Dipakai Sehari-hari

Tips Untuk Merawat Bahan Kain Viscose

Meskipun kain viscose mudah dirawat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Perhatikan Laundry Tag

Perhatikan instruksi perawatan pada label pakaian. Bahan viscose biasanya disarankan untuk dry-clean. Jika pakaian viscose dapat dicuci, lakukan pencucian dengan tangan dan hindari menggunakan mesin cuci.

  • Cuci Secara Manual

Sebaiknya cuci viscose secara manual untuk menghindari kerutan yang berlebihan. Hindari penggunaan air panas agar warna kain tidak cepat pudar.

  • Bersihkan Noda dengan Cepat

Segera bersihkan noda pada kain viscose dengan hati-hati agar kain tidak rusak. Jangan menggosok kain dengan kasar; cukup tepuk lembut atau bersihkan dengan kain bersih.

  • Hindari Peras Kain

Saat mencuci viscose, hindari memeras kain terlalu keras karena bisa menyebabkan kerutan yang berlebihan. Cukup peras dengan lembut untuk mengeluarkan air berlebih.

  • Jemur dengan Hati-Hati

Jemur viscose di tempat yang teduh atau ternaungi untuk mencegah warna kain memudar akibat paparan sinar matahari langsung.

  • Setrika dengan Suhu Rendah

Viscose cenderung sensitif terhadap suhu tinggi, jadi pastikan untuk menggunakan setrika dengan suhu rendah saat merapikan pakaian viscose. Hindari kontak langsung dengan setrika panas; gunakan kain pelapis untuk melindungi bahan.

  • Hindari Penyimpanan di Tempat Lembap

Saat menyimpan pakaian viscose, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang kering dan tidak lembap. Tempat lembap dapat menyebabkan kain berjamur atau berubah warna.

  • Jangan Gunakan Pemutih

Hindari penggunaan pemutih atau bahan kimia keras lainnya saat mencuci viscose karena dapat merusak serat kain dan menyebabkan warna pudar.

Bahan kain viscose adalah jenis kain yang cocok untuk berbagai produk pakaian dan tekstil lainnya. Dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik, viscose menjadi pilihan yang populer di kalangan produsen dan konsumen. Meski demikian, perawatan yang tepat diperlukan agar viscose tetap terlihat indah dan awet. Jika Anda membutuhkan bahan viscose untuk produk fashion dan merchandise, segera hubungi Tshirtbar.

CTA Whatsapp

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222