Last Update: June 6th, 2024 at 2:53 pm

Ketahui Apa Itu Print UV dan Contoh Produknya!

Print UV adalah istilah yang tengah mendapat popularitas di dunia percetakan saat ini. Namun, apa sebenarnya maksudnya? Bagaimana proses kerjanya? Dari namanya, sudah dapat ditebak bahwa print UV adalah jenis mesin cetak yang menggunakan teknologi ultraviolet (UV). Mesin ini umumnya menjadi pilihan utama bagi perusahaan percetakan yang besar dan profesional.

Penggunaan print UV telah menjadi standar dalam industri percetakan modern karena kemampuannya yang unggul dalam menghasilkan produk cetakan berkualitas tinggi dengan warna yang tajam dan detail yang presisi. Produk-produk yang dihasilkan dari mesin print UV juga memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar UV, sehingga cocok digunakan dalam berbagai aplikasi di luar ruangan.

Baca Juga: Perbedaan Sablon Manual dengan Sablon Printing Digital

Penjelasan Mengenai Apa Itu Print UV

Print UV telah membawa revolusi dalam dunia percetakan dengan memberikan kualitas cetakan yang superior, efisiensi produksi yang tinggi, dan berbagai kemungkinan kreatif dalam proses cetak.

Cara kerjanya melibatkan penggunaan sinar UV untuk mengeringkan tinta cetak secara instan pada permukaan berbagai media, termasuk kertas, plastik, dan bahan lainnya. Proses ini membuat tinta cepat mengeras dan menempel dengan baik pada media cetak, menghasilkan cetakan yang tahan lama dan berkualitas tinggi.

Keunggulan lainnya adalah kemampuannya dalam mencetak pada berbagai jenis media, termasuk media yang tidak bisa dicetak menggunakan teknologi konvensional. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk cetakan pada media berwarna gelap atau transparan.

Selain itu, print UV juga memiliki keuntungan dalam hal efisiensi produksi dan lingkungan. Mesin cetak UV mampu bekerja dengan cepat dan efisien, memungkinkan produksi dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. 

Karena proses pengeringan yang cepat menggunakan sinar UV, tidak diperlukan waktu lama untuk mengeringkan cetakan, sehingga mengurangi waktu penyelesaian dan meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: Kenali Berbagai Cetak Sablon dan Kelebihannya

Manfaat Print UV untuk Kebutuhan Bisnis

proses print UV

Lewat satu perangkat, beragam manfaat dapat diperoleh dalam proses pencetakan. Berikut adalah beberapa manfaat print UV dalam menghasilkan produk cetak:

  • Mencetak Pada Berbagai Media

Kemampuan mesin cetak ultraviolet untuk menempel pada berbagai jenis media adalah salah satu keunggulannya yang menarik. Tak hanya itu, mesin ini juga mampu menghasilkan cetakan pada media dengan ukuran yang luas, seperti banner. 

Daya rekatnya pada berbagai media dan bahan tidak mengubah kualitas cetakan, dengan warna yang tetap tajam dan cerah. Contoh produk yang sering menggunakan print UV antara lain banner, gelas, akrilik, kertas, dan aluminium.

  • Produksi dalam Jumlah Besar

Salah satu manfaat lainnya adalah kemampuan untuk mencetak produk dalam jumlah besar dengan cepat. Mesin ini dapat diaktifkan dan digunakan dengan cepat tanpa memerlukan waktu pemanasan yang lama seperti mesin cetak lainnya. 

Proses cetakan pada media juga berlangsung cepat, sehingga memungkinkan produksi dalam jumlah besar dalam satu waktu.

  • Warna Cerah dan Tahan Lama

Selain mempermudah proses produksi, print ultraviolet menjadi pilihan menarik dalam bisnis percetakan karena warna yang dihasilkan lebih cerah dan tahan lama. 

Dibandingkan dengan percetakan konvensional, print UV jauh lebih unggul dalam hal ini. Video pada tautan berikut memberikan contoh visual:

  • Hemat Biaya Operasional

Print ultraviolet yang menggunakan sinar LED memiliki konsumsi energi yang lebih rendah daripada menggunakan lampu merkuri, yang biasanya lebih mahal dalam hal biaya listrik. Dengan demikian, penggunaan lampu LED akan membantu mengurangi biaya listrik produksi. 

Selain hemat energi, bahan ultraviolet juga lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah seperti yang dihasilkan oleh bahan merkuri, yang memerlukan biaya tambahan untuk pengelolaan limbah. Oleh karena itu, penggunaan bahan ultraviolet tidak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga membantu menjaga lingkungan.

Baca Juga: 7 Jenis Jenis Printing Baju yang Perlu Kamu Tahu

Contoh Produk yang Bisa Digunakan Print UV

tumbler print UV

Ada banyak produk yang dapat dihasilkan menggunakan teknologi print UV. Dengan keleluasaan bahan yang tersedia, seperti akrilik, PVC, kayu, kaca, dan lainnya, variasi produk yang dapat dihasilkan pun beragam. Berikut beberapa contoh produk cetak UV yang banyak diminati saat ini:

  • Tumbler

Tumbler atau botol minum bisa diberikan motif menarik menggunakan teknologi print UV. Dengan mengaplikasikan teknologi ini, permukaan tumbler yang terbuat dari plastik atau kaca dapat diberikan desain yang unik. 

Belakangan ini, tumbler dengan desain kustom menjadi sangat populer. Hasil cetakan terlihat eksklusif dan bernilai tinggi. Selain tumbler, benda lain yang terbuat dari kaca atau plastik juga dapat dihias dengan desain menarik. Mesin cetak ultraviolet mampu merekatkan tinta khusus pada lapisan plastik atau kaca dengan kualitas cetakan yang baik dan tahan lama.

  • Kartu Identitas (ID Card)

Mesin cetak UV juga dapat digunakan untuk mencetak ID card dengan desain khusus. Hasil cetakannya lebih baik dibandingkan dengan menggunakan mesin cetak konvensional karena warnanya lebih tajam dan menarik. Selain itu, biayanya terjangkau dan dapat diproduksi dalam jumlah besar.

  • Kartu E-money

Print UV juga dapat digunakan untuk membuat kartu e-money dengan desain yang menarik sesuai dengan keinginan. Jika Anda bosan dengan desain kartu yang monoton, Anda dapat menggunakan jasa percetakan ultraviolet untuk menambahkan motif kreatif tanpa mengganggu fungsi kartu e-money tersebut.

  • Kartu USB (USB Card)

Kartu USB juga dapat diberikan desain khusus menggunakan teknologi print UV. Hasil desainnya dapat merekat dengan cepat dan memiliki daya tahan yang baik. Anda dapat menambahkan logo perusahaan atau tulisan apapun pada kartu USB tersebut.

Semoga penjelasan di atas dapat memberikan gambaran tentang apa itu print UV. Jika Anda ingin mencetak produk dengan hasil cetakan yang cerah dan tajam, maka dari itu bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Tshirtbar, sebagai jasa cetak custom print, menyediakan berbagai jenis printing, termasuk print UV yang menjadi andalan kami untuk keperluan merchandise.

CTA Whatsapp

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 225