Last Update: December 17th, 2020 at 11:46 am

Pilihan Nama Tim Basket Keren untuk Jersey Anda

Pujangga besar Shakespeare pernah berkata, apalah arti sebuah namanya. Baginya, nama adalah hal yang tidak istimewa dan biasa saja. Namun, sebagian orang menganggap nama adalah hal penting dan mampu memberikan semangat baru bagi sebuah tim olahraga, salah satunya adalah tim basket.  Bila Anda penggemar NBA, tentu Anda sudah tidak asing dengan berbagai nama yang digunakan oleh tim-tim disana, yang terbentuk dari nama kota mereka bermarkas dan ditambah dengan nama unik nan keren. Atau jika Anda juga penggemar IBL (Indonesia Basketball League) maka kota markas dari tim yang digabung dengan nama perushaan yang mensponsori tim tersebut akan sering Anda jumpai. Namun bagaimana dengan nama tim basket yang keren untuk jersey Anda?

Cara Memilih Nama Tim Basket Keren

Ada beberapa pilihan nama yang keren dan bisa digunakan untuk jersey Anda. Setidaknya, nama tim basket keren itu dapat diambil dari beberapa inspirasi berikut.

 

Memiliki Nilai Filosofis

Ya, pilihan yang penuh makna filosofis adalah sangat penting bagi sebuah tim. Tentu kurang pas rasanya jika memberikan nama tanpa makna filosofis di dalamnya. Sehingga, banyak orang atau tim lawan memandang rendah Anda dan terkesan asal-asalan ketika membuatnya.

 

Penamaan tim basket keren dan penuh makna filosofis ini bisa didasarkan dari mana saja dan apa saja. Misalnya saja nama seseorang yang mendirikan tim tersebut, kejadian-kejadian bermakna, atau hal lainnya seperti tahun berdirinya . Misalnya tim basket profesional Toronto Raptors. Mereka menyematkan kata ‘Raptors’ bukan tanpa alasan. Mereka menyematkan kata tersebut untuk menambah semangat juang para pemain ketika menghadapi lawan di lapangan dan menunjukan mereka adalah tim yang kompak layaknya kawanan velociraptor.

Baca juga: Ini Dia Desain Baju Basket Keren Ala Pemain NBA

Ambil Inspirasi Dari Nama Hewan

Selain penuh makna dan nilai filosofis, nama tim basket keren juga bisa dengan mengambil nama hewan yang unik dan berkarakter. Cara seperti ini memang lazim dilakukan oleh hampir sebagian besar klub basket di dunia.

 

Diharapkan dengan menggunakan nama hewan tersebut, pemain akan lebih berkarakter dan memiliki kekuatan seperti hewan yang digunakan sebagai nama. Contohnya dalam laga NBA, beberapa klub basket yang mengadopsi nama hewan seperti Chicago Bulls, Milwaukee Bucks, Atlanta Hawks, Minnesota Timberwolves, Dallas Mavericks, dan sebagainya.

 

Gunakan Nama yang Mudah Diucapkan

Tidak hanya mengandung makna saja, nama tim basket keren pun harus mudah diucapkan atau dilafalkan. Penting bagi Anda mempertimbangkan penggunaan nama yang sederhana dan memiliki pelafalan mudah.

 

Usahakan nama tim basket keren yang sudah dipilih mudah terbaca di atas jersey. Selain mampu memberikan kesan baik, nama yang mudah diucapkan dan dibaca dalam tulisan tentu akan mudah diingat. Terlebih lagi bila prestasi yang ditorehkan tim sangat baik. Tentu, akan menambah nilai jual dari nama tim itu sendiri.

 

Kreasikan baju baskte tim Anda

Tak Ada Salahnya Mengambil Dari Nama Daerah

Mengambil nama tim basket keren yang membawa nama daerah juga bisa menjadi pertimbangan Anda. Selain lebih mudah diingat, penamaan tim basket menggunakan nama daerah bisa membantu untuk memudahkan orang lain mengetahui dari mana tim basket Anda berasal, Anda juga bisa menggabungkannya dengan nama perusahaan jika mereka menjadi sponsor tim Anda. Bukankah hal itu sudah dilakukan oleh tim-tim besar di laga NBA?

 

Sebut saja nama seperti Miami Heat. Nama tim basket itu digunakan karena markas tim tersebut memang berada di daerah Miami, Florida, Amerika Serikat. Cara lainnya adalah menambahkan kata ‘Basketball Team’ di belakang nama wilayah tim Anda berasal. Sebagai ilustrasi, tim basket Anda memiliki markas atau tempat berlatih di sebuah Jalan Gatot Subroto. Nama yang bisa dipilih misalnya adalah Gatsu Basketball Team dan nama-nama lainnya.

 

Lakukan Evaluasi Bersama Tim

Nah, langkah terakhir saat memilih nama tim basket keren yang bisa digunakan untuk jersey Anda adalah dengan melakukan evaluasi bersama para pemain dan anggota tim lainnya. Evaluasi ini dilakukan apakah nama tim itu mudah diingat oleh sebagian besar orang dan cukup dikenal luas. Langkah ini juga penting dilakukan agar nama tersebut tidak disalahgunakan atau nantinya ada yang mengklaim nama itu, sehingga Anda harus berurusan dengan hak cipta.

 

Dalam melakukan evaluasi ini, libatkanlah semua anggota tim. Usulkan kepada anggota tersebut jika Anda memiliki beberapa nama tim basket alternatif yang sesuai dengan karakter tim yang ada saat ini. Tidak masalah sebenarnya bagi Anda untuk mengganti nama selama itu bernilai positif bagi tim dan memberikan motif yang keren pada jersey ketika pertandingan berlangsung.

Itulah beberapa langkah dan contoh pilihan nama tim basket yang keren untuk jersey yang bisa Anda terapkan. Jadi, bila tim Anda belum memiliki nama atau ingin mengganti nama, maka sekaranglah saat yang tepat. Khususnya bila Anda ingin membuat jersey di jasa custom baju basket terpercaya.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *