Last Update: September 22nd, 2020 at 2:01 pm

Pilihan Gaya Full Print Jersey Badminton Indonesia

Badminton barangkali jadi salah satu cabang olahraga paling populer di Nusantara. Sekaligus juga jadi salah satu cabang olahraga dengan prestasi paling memukau dari masa ke masa. Para barisan atlet dari cabang olahraga ini pun sudah sering berlaga di turnamen kelas dunia, bahkan berhasil membawa nama Indonesia semakin dikenal lebih luas lagi. 

 

Tidak heran kalau badminton jadi olahraga yang membumi di Nusantara, dimainkan di gang-gang kecil hingga di lapangan turnamen dunia. Wajar saja rasanya kalau kemudian jersey badminton jadi salah satu jersey yang dipantau oleh para penikmat olahraga yang satu ini. Karena kaos atau jersey badminton Indonesia yang selalu tampil dinamis dari masa ke masa. 

 

Satu ciri khas dari jersey badminton sendiri adalah gaya full print-nya yang lekat. lengkap dengan corak yang juga khas dan selalu berganti setiap tahunnya, saat timnas badminton Indonesia berlaga.

 

Gaya desain pola grafik

 

Salah satu gaya desain yang paling khas dan sering dipakai berulang pada jersey badminton Indonesia adalah pola grafik di salah satu bagian atau sisi jersey. Entah itu di punggung, bahu, bagian kiri, atau kanan bawah jersey. Pola grafik ini dibuat dengan spektrum warna-warna kontras satu sama lain yang membuat jersey badminton selalu berhasil tampil dinamis.

 

Desain dengan pola grafik yang khas ini pernah diterapkan salah satunya pada desain jersey badminton Indonesia di SEA Games 2019. Para atlet badminton Indonesia berlaga dengan jersey yang didominasi warna ungu gelap di bagian atas, lalu transisi warna merah di bagian bawahnya. Aksen pola grafik dalam garis terlihat melintas di bagian perut sebagai transisi antara warna gelap di atas dan terang di bawah.

 

Gaya desain pola gradasi

 

Selain menggunakan pola-pola grafik pada desain jersey badminton Indonesia, desain dengan pola gradasi juga jadi pilihan lain. Salah satu yang paling terkenal adalah jersey badminton Indonesia yang dikenakan oleh duet andalan, The Minions, saat beraksi di BWF World Tour Finals 2019 lalu. Kedua ganda putera Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya yang biasanya bermain dengan mengenakan jersey berwarna kuning, kini beralih desain dan nuansa penuh warna.

 

Di ajang turnamen dunia tersebut, The Minions mengenakan jersey dengan pola gradasi. Dengan warna dominan hitam, di bagian bawah jersey terdapat garis-garis dengan warna merah muda terang dan aksen gradasi. Memberi kesan kuat namun juga anggun di saat yang bersamaan. Jersey dengan pola gradasi dan sentuhan warna berbeda ini jadi salah satu jersey badminton Indonesia terbaik.

 

Gaya desain pola bentuk

 

Dalam perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung di Indonesia, timnas Badminton Nusantara mengenakan jersey badminton dengan menerapkan pola adaptasi bentuk. Aksen bentuk V yang dibentuk dari deretan garis-garis yang sekilas terlihat seperti sayap burung garuda. Para penggemar badminton juga mengartikan aksen ini adalah simbolis dari kata victory yang juga berarti kemenangan.

 

Termasuk gaya yang masih menerapkan prinsip grafik yang tadi dibahas, namun sekarang dimodifikasi dengan terapan bentuk pada desainnya. Ini juga jadi gaya khas lain yang diterapkan pada beberapa jersey badminton. Minimalis, namun praktikal dan memberi kesan berkelas terhadap jersey itu sendiri.

 

Baca juga: 5 Keunggulan Kaos Full Print Custom

 

Teknik full print sublimation

 

Hal lainnya yang perlu Anda ketahui adalah jersey badminton Indonesia ini kerap dibuat dengan teknik full print sublimation. Ini salah satu teknik yang kerap dipakai untuk membuat pakaian atau jersey, terutama yang menerapkan desain berpola, sehingga dapat membuat hasil yang optimal secara desain dan tidak mengecewakan.

 

Dengan teknik full print sublimation ini sendiri, desain jersey badminton dimungkinkan untuk dicetak di seluruh bagian pakaian tanpa membuat jersey itu sendiri terasa berat saat dikenakan. Sebaliknya, jersey justru akan terasa lebih ringan saat digunakan karena teknik penyatuan yang menggunakan gas untuk mentransfer desain itu sendiri. 

 

Sehingga, desain yang dihasilkan pun nyaman untuk dikenakan para atlet. Ini jadi poin penting dalam membuat jersey, yakni kenyamanannya saat dikenakan.

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *