6 Perbedaan Kain Katun dan Rayon, Mana yang Lebih Bagus?

Perbedaan kain katun dan rayon sering dicari karena dua bahan ini banyak menjadi dasar untuk menghasilkan pakaian. Keduanya sama-sama dikenal dengan teksturnya yang lembut. Akan tetapi, ternyata keduanya memiliki kualitas yang cukup berbeda, loh.

Perbedaan kualitas tersebut karena bahan dasar yang digunakan untuk menghasilkan kain katun dan rayon juga berbeda. Buat yang belum tahu perbedaannya, ini ulasan lengkapnya.

Apa Itu Kain Katun?

Katun adalah kain yang berbahan dasar dari kapas serat selulosa, baik diperoleh dari tumbuhan ataupun hewan. Karena berasal dari bahan alam, tidak heran jika kain ini memiliki kualitas yang baik dan harganya lebih mahal.

Namun, kain katun sendiri memiliki beragam jenis. Mulai dari katun linen, katun biasa, katun supernova, dan lainnya. Perbedaannya biasanya ditentukan dari kandungan serat selulosa pada masing-masing jenis.

Apa Itu Kain Rayon?

Rayon merupakan salah satu jenis kain yang menjadi favorit industri fashion yang dibuar dari serat tumbuhan dan digabungkan dengan serat sintetis. Harganya lebih murah membuat rayon sering dijadikan sebagai bahan untuk pakaian harian.

Rayon memiliki beberapa jenis berdasarkan perbandingan kandungan serat alami dan sintetisnya. Semakin banyak serat alami maka kualitas kain rayon akan semakin bagus.

Bagaimana Karakteristik Kain Katun?

karakteristik kain katun

Perbedaan kedua kain ini terletak pada karakteristiknya. Dengan melihat saja maka kamu bisa membedakan dua jenis bahan ini. Di pasaran bahan katun banyak digunakan untuk jenis pakaian khusus, seperti kemeja, dress dan lainnya.

1. Permukaan Halus dan Dingin

Karakteristik utama dari kain katun adalah memiliki permukaan yang dingin dan halus. Ini karena kain katun berasal dari serat alami seperti kapas yang membuatnya menjadi tidak mudah menyerap panas.

Akan tetapi, mungkin saja kamu menemukan beberapa jenis katun yang tidak benar-benar adem. Jika menemukan katun dengan jenis tersebut, berarti bahannya tidak seratus persen menggunakan katun.

2. Mudah Menyerap Keringat

Penggunaan serat alami pada katun tidak hanya membuat permukaan menjadi licin dan dingin. Tapi, juga membuat bahannya memiliki daya serat keringat yang baik.

Untuk wilayah Indonesia yang merupakan negara tropis maka bahan ini menjadi favorit banyak orang. Terlebih jika melakukan kegiatan di luar ruangan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bahan Kaos yang Menyerap Keringat

3. Kuat dan Warna Tahan Lama

Berbeda dengan rayon, warna pada kain katun memang tidak terlalu cerah. Namun, kelebihannya adalah memiliki ketahanan warna yang baik. Bahkan tidak luntur walaupun dicuci berulang kali.

Bagaimana Karakteristik Kain Rayon?

karakteristik kain rayon

Salah satu karakter bahan rayon yang mencolok adalah permukaan kain yang licin dan berwarna lebih alami. Walaupun terbuat dari bahan semi sintetis, tetapi kualitasnya tidak jauh berbeda dengan katun, loh. Berikut ini karakteristik selengkapnya.

1. Kain Lebih Tipis

Karakteristik kain rayon adalah memiliki dasar yang mengkilap, halus, dan bahkan hampir menyerupai sutra. Namun, karena menggunakan bahan semi sintetis sehingga membuat kain menjadi lebih tipis.

Selain itu, bahannya lebih mudah terbakar dan tidak begitu elastis. Oleh karena itu rayon cocok digunakan untuk pakaian harian di rumah.  

2. Warna Mudah Pudar

Kain rayon memiliki variasi warna yang banyak dan cukup mudah diberikan warna. Sayangnya, jika sudah dicuci acap kali maka akan membuat warna menjadi lebih cepat pudar.

3. Tidak Menyerap Keringat dengan Baik

Karakteristik berikutnya adalah bahan tidak mudah menyerap keringat sehingga akan terasa lebih panas jika dipakai pada kegiatan outdoor. Namun, rayon cocok digunakan saat sedang cuaca hujan.

Baca Juga: 7 Warna yang Menyerap Panas dan Jenis Kainnya

Apa Saja Perbedaan Kain Katun dan Rayon?

Masing bingung dengan perbedaan kain katun dan rayon? Ternyata selain perbedaan bahan, dua kain ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Mulai dari kualitas warna, kenyamanan, hingga proses perawatan. Biar lebih jelas, simak informasi berikut ini.

1. Ketahanan Warna

Perbedaan warna pada bahan kain katun dan rayon cukup mencolok karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada bahan katun tersedia jenis warna yang lebih terbatas dan warna tidak secarah rayon. Sementara rayon memiliki banyak variasi warna dan terlihat cerah.

Akan tetapi, warna pada katun ternyata lebih tahan lama walaupun sudah dicuci berulang kali. Berbeda dengan bahan rayon yang warnanya lebih mudah pudar.

2. Kualitas Bahan Dasar

Perbedaan katun dan rayon yang paling mencolok bisa dilihat dari kualitas bahan dasar. Pasalnya, katun adalah jenis kain yang terbuat dari serat alami dari tumbuhan dan hewan sehingga kualitasnya lebih terjamin.

Berbeda dengan bahan rayon dengan terbuat dari bahan alami dan bahan kimia sintetis sehingga kualitanya tentu tidak sebaik katun. Perbedaan kualitas ini juga yang membuat harga keduanya cukup berbeda.

3. Kenyamanan 

Untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan dan banyak mengeluarkan keringat sebaiknya memilih bahan katun. Katun lebih mudah menyerap keringat dan tidak menimbulkan bau.

Kebalikannya, bahan rayon tidak menyerap keringat sehingga jika digunakan diluar ruangan dalam kondisi panas akan terasa gerah dan menimbulkan bau.

4. Perawatan

Perawatan bahan katun lebih mudah karena benangnya lebih kuat dan warnanya tidak mudah pudar. Untuk perawatan rayon sebenarnya juga sama, hanya saja terdapat resiko warna memudar dan benang kusut jika tidak dicuci dengan cara yang benar.

5. Proses Produksi

Proses produk kain rayon terbilang lebih mudah dan dapat diproduksi dalam jumlah yang banyak. Sementara katun memiliki sumber daya yang lebih terbatas dan proses produksi lebih lama. Oleh karena itu rayon memiliki harga lebih murah daripada katun.

6. Uji Bakar

Untuk memastikan jenis kain yang kamu miliki dan membedakan antara kain katun dan kain rayon, maka kamu dapat melakukan uji pembakaran. Caranya, potonglah ujung kain tersebut dan bakarlah. Jika kain tersebut terbuat dari katun, serat kapasnya akan terbakar dengan lambat dan menghasilkan abu lembut berwarna terang yang mirip dengan bedak. Namun, jika kain tersebut terbuat dari rayon, pembakarannya akan lebih cepat dan menghasilkan abu yang berwarna lebih gelap.

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis-jenis Kain dan Sifatnya untuk Kaos

Nah, itulah informasi mengenai perbedaan kain katun dan rayon yang bisa menjadi referensi menentukan jenis bahan berkualitas. Sekarang kamu bisa menentukan jenis kain mana yang sekiranya dibutuhkan dan nyaman untuk produk fashion yang ingin dibuat. Produk fashion dengan kain berkualitas kamu cek melalui Tshirtbar sekarang juga.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217