Mengenal Perbedaan Gaya Fashion Korea dan Jepang

Perbedaan gaya fashion antara Korea dan Jepang telah menjadi topik menarik yang sering dibahas oleh para penggemar fashion di seluruh dunia. Dua negara Asia ini memiliki pengaruh yang kuat dalam industri fashion global dan masing-masing memiliki ciri khas unik yang membedakan gaya mereka. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan menarik antara fashion Korea dan Jepang, dari estetika hingga pendekatan dalam pemilihan pakaian.

Apa Itu Gaya Fashion Korean Style?

gaya fashion korean style

Dalam beberapa tahun terakhir, minat terhadap industri Korea telah meningkat pesat. Salah satunya dalam bidang fesyen yang saat ini semakin populer karena mampu menarik atensi seluruh dunia. Hal ini juga diperkuat dengan invasi K-Pop, dimana boyband dan girlband tampil dengan gaya unik.

Gaya busana Korean kerap terinspirasi oleh tren Barat karena adanya brand haute couture terkenal yang punya status tinggi di Korea Selatan. Meski begitu, Korean Style tetap punya ciri khasnya sendiri yang membuatnya unik dan disukai oleh para penggemar fashion, seperti teknik layering.

Tidak hanya itu, sebagian besar fesyen Korea mengikuti gaya street style di mana pria memilih pakai kemeja oversize. Kemudian, dipadukan dengan celana baggy atau celana pendek biasa.

Sebaliknya, wanita lebih cenderung memilih gaya lucu dengan nuansa warna pastel yang mencerminkan kesan “girl next door”. Salah satu hal yang umum dalam fashion Korea adalah kecenderungan wanita Korea untuk memilih pakaian yang berukuran oversize untuk menyembunyikan struktur tubuh mereka.

Baca Juga: 5 OOTD Korean Style Simple dan Rekomendasinya

Apa Itu Gaya Fashion Japanese Style?

gaya fashion japanese style

Gaya busana Jepang adalah contoh cara berpakaian yang beragam dan selalu berubah. Mereka punya perhatian pada detail, menggabungkan elemen tradisional dan modern, pemilihan warna dan motif mencolok, serta fokus pada teknik layering pada pakaian. 

Beberapa gaya busana Jepang yang paling populer antara lain Harajuku, Gyaru, Kawaii, dan Streetwear. Fashion Jepang menjadi sumber inspirasi yang luar biasa bagi banyak orang di seluruh dunia.

Seiring perkembangan teknologi dan pengaruh global, fashion Jepang terus mengalami evolusi dan menampilkan gaya yang unik dan eksentrik. Gaya “Kawaii” yang terkenal dengan ciri khasnya yang lucu menjadi sangat populer dengan pakaian dan aksesori yang menggemaskan. 

Tapi, negara Jepang juga punya tren gaya minimalis dengan penggunaan warna netral dan siluet yang sederhana, dan seringkali mengenakan potongan baju yang sedikit oversize. Seperti contoh: merek Uniqlo, Muji dan brand lainnya.

Baca Juga: 7 Inspirasi Jogger Pants Style Agar Semakin Keren

Apa Saja Perbedaan Gaya Fashion Korea dan Jepang?

Korea dan Jepang adalah dua nama negara yang dikenal karena kecintaan mereka terhadap inovasi dan kreativitas dalam dunia fashion. Meski begitu, kedua negara tersebut punya pendekatan yang berbeda saat mengekspresikan gaya. Berikut adalah penjelasannya:

1. Fashion Jepang Lebih Eksperimental

Fashion brand Jepang lebih punya sisi unik pada segi desain dan cenderung lebih berani. Desain tersebut melibatkan berbagai unsur budaya Jepang yang mencerminkan keberagaman subkultur di negara tersebut. 

Siluet yang tidak umum, penggunaan layering yang rumit, dan pemilihan detail unik telah jadi ciri khasnya.

Namun, berbeda dengan gaya fesyen Korea, fesyen ini lebih menitikberatkan pada karya seni yang tercetak di pakaian tanpa banyak melakukan perubahan pada gaya pakaian itu sendiri. Gaya fesyen Korea juga cenderung terlihat gemas dan lebih sederhana.

2. Pemilihan Warna

Soal warna, fesyen Korea lebih mengandalkan beragam warna netral, yang dikombinasikan dengan sentuhan rona warna pastel.

Namun, dalam fesyen Jepang, mereka cenderung lebih suka pilihan warna yang lebih mencolok dan berani. Selain itu fesyen Jepang kerap bereksperimen dengan berbagai macam pilihan warna berbeda.

3. Model Pakaian

Bila fashion Korea tidak berpaku pada gender, fashion Jepang punya penekanan pada perbedaan gender

Di Jepang, wanita masih lebih memilih memakai rok daripada celana, dan gaya fashion mereka lebih berfokus pada femininitas. Di sisi lain, fashion Korea semakin mengubah stigma masyarakat akan fashion, seperti contoh penggunaan warna pink pada pria. 

4. Pemilihan Aksesoris

Perbedaan dalam penggunaan aksesoris antara gaya fashion Korea dan Jepang mencerminkan preferensi estetika yang berbeda. Gaya Korea lebih condong pada desain aksesoris yang minimalis dan disesuaikan dengan outfit

Sementara Jepang lebih memilih untuk menampilkan aksesoris yang mencolok dan unik untuk memberikan sentuhan eksentrik pada penampilan mereka.

5. Gambar Pada Pakaian

Desain grafis seperti pola-pola geometris dan tipografi yang simpel sering menjadi ciri khas fashion Korea. Gaya ini menekankan pada kesederhanaan dan keselarasan dalam tampilan. 

Sebaliknya, dalam fashion Jepang sering kali menampilkan gambar yang lebih menonjol dan nyentrik. Misalkan karakter anime atau manga, atau ilustrasi kreatif yang menggambarkan rasa ceria dan semangat.

Baca Juga: Mengenal Artsy Style, Jenis, dan Karakteristiknya

6. Gaya Rambut

Bicara soal gaya rambut, orang Jepang seringkali mengadopsi gaya yang unik dan khas, dengan pemotongan yang kompleks dan tekstur yang menarik. Selain itu, mereka sering menggunakan warna terang, ombre, dan bahkan warna neon dalam gaya rambut mereka.

Di sisi lain, Korea memiliki pendekatan yang lebih natural dan elegan dalam gaya rambutnya. Gaya rambut yang panjang, lurus, dan sehat sangat dihargai dalam dunia fashion Korea. Selain itu, gaya rambut Korea sering menekankan tampilan yang segar dan muda.

Demikian tadi penjelasan detail mengenai perbedaan gaya fashion Korea dan Jepang yang perlu kamu ketahui. Dalam industri mode, kedua negara ini memang jadi barometer fesyen di seluruh dunia. Untuk itu, cermati keduanya dan pilih sesuai dengan apa yang kamu suka. 

Urusan fesye item apa yang pas, langsung percayakan saja pada Tshirtbar sekarang juga. Kamu juga bisa klik banner di bawah ini.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224