12 Perbedaan Clothing dan Apparel yang Perlu Diketahui

Perbedaan clothing dan apparel di industri mode bisa dibilang signifikan. Kita sering mendengar istilah fesyen yang baru tiap generasi. Seperti halnya “clothing” dan “apparel” yang kini merajai industri mode khususnya di Indonesia.

Lalu, bagaimana keduanya bisa merajai industri fesyen dalam waktu belakangan ini? Dan apa yang membedakan antara clothing dan apparel? Untuk menjawab persoalan tersebut, silahkan simak artikel ini sampai habis. 

Apa Itu Clothing?

apa itu clothing

Clothing atau lini pakaian adalah suatu unit bisnis yang menghasilkan pakaian dan merchandise melalui desain dan produksi, baik oleh individu maupun perusahaan. Lebih sederhana lagi, clothing mengacu pada berbagai jenis barang yang terbuat dari kain dan dipakai pada tubuh kita.

Ada banyak segmen di dalam clothing line, mulai dari luxury highend hingga pakaian daily wear yang lebih terjangkau. Beberapa produk yang dihadirkan juga dibuat untuk berbagai usia, termasuk anak-anak, pria, wanita, bayi, dan lainnya. Selain itu terdapat berbagai jenis pakaian seperti atasan, bawahan, pakaian luar dan aksesoris seperti topi.

Bisnis clothing akan membentuk tim yang terdiri dari beberapa divisi, seperti manajemen produksi, pemasaran, dan kreatif. Tim ini akan bekerja sama dari proses ide hingga  tahap produksi massal dan dijual ke pasar. Namun, ada saja bisnis clothing yang mengandalkan pihak ketiga dalam proses produksi, untuk meminimalisir modal.

Produk dari clothing line mudah ditemukan di berbagai tempat, seperti department store, butik, toko online, dan situs web clothing line itu sendiri. Individu atau perusahaan biasanya merekrut model untuk menjadi bahan pemasaran produk mereka, dengan tujuan untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang dijual.

Baca Juga: Clothing Line: Ini Pengertian dan Tips Memulainya untuk Pemula

Apa Itu Apparel?

apa itu apparel

Bisnis apparel jadi sangat populer karena kebutuhan masyarakat akan pakaian yang modis dan terkini terus meningkat. Istilah apparel sering digunakan pada segala hal yang terkait dengan pakaian dan garmen. Lebih dari itu, istilah ini juga mencakup barang lain yang dikenakan. Contohnya pada pakaian, aksesoris dan fashion item lainnya. 

Jenis pakaian pada industri apparel sudah dijahit, atau lebih tepatnya siap dipakai. Selain itu bahan utama pada apparel lebih luas. Jika kamu menemukan toko serba bahan kulit, itu sudah dipastikan masuk ke dalam kategori apparel.

Di dunia mode sendiri apparel diartikan sebagai koleksi pakaian yang dirancang dan diproduksi untuk dijual, baik secara offline atau toko online. Bahan yang digunakan biasanya berkualitas tinggi dan menggunakan teknologi mutakhir, dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. 

Apparel juga bisa menjadi wadah ekspresi diri dan gaya hidup seseorang, di mana pilihan pakaian dan aksesoris yang dipakai mencerminkan kepribadian, selera, dan preferensi pribadi. Hal ini tentu berpengaruh pada kehidupan sosial dan kultur.

Baca Juga: Apa Itu Distro? Pengertian, Ciri, dan Bedanya dengan Kaos Biasa

Apa Saja Perbedaan Clothing dan Apparel?

Serupa tapi tak sama, nyatanya istilah clothing dan apparel sendiri punya perbedaan yang mencolok. Keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak perlu lama lagi, ini dia perbedaannya yang perlu kamu tahu:

1. Skala Produksi

Clothing seringkali diproduksi secara massal oleh produsen besar untuk dijual di toko retail. Hal ini jadi pembeda dari apparel yang diproduksi oleh produsen kecil dan menengah dengan tujuan untuk dijual secara terbatas, bahkan bisa dibuat secara custom.

2. Jenis Produk

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, clothing lebih menekankan pada pakaian daily dengan bahan kain. Berbeda dengan apparel yang bisa memanfaatkan bahan lain yang sesuai dengan segmentasi pasar mereka. Jenis produk apparel bisa mencakup aksesoris serta fashion item lainnya.

3. Harga Produk

Sebenarnya soal harga itu juga tergantung dari brand image tiap jenis usaha. Namun kebanyakan clothing dipatok harga lebih murah daripada apparel yang lebih variatif.

4. Image

Clothing sejatinya lebih inklusif karena mereka lebih memproduksi produk fashion harian. Sedangkan apparel lebih ingin menunjukkan kesan eksklusif, karena produk apparel sifatnya lebih limited.

5. Desain Produk

Berbicara soal desain, clothing terbilang sangat minimalis dan sederhana. Lain lagi dengan apparel yang lebih bervariatif, modis dan up to date.

6. Tujuan Produk

Clothing line lebih mementingkan fungsi estetika dan nilai praktis. Tujuan dari apparel lebih luas lagi, yaitu menonjolkan gaya dan sebagai pelengkap pada outfit. Contohnya adalah gelang, kalung dan perhiasan lainnya.

7. Kualitas Produk

Apparel lebih unggul dari kualitas, sebab clothing line dibuat lebih masif sehingga membutuhkan proses fabrikasi dan nilainya pun jauh lebih rendah dari apparel.

Baca Juga: Garmen: Pengertian, Fungsi, dan Bedanya dengan Konveksi

8. Target Pasar

Apparel bisa mencuri pasar yang lebih luas karena mencakup berbagai jenis produk, sementara clothing lebih cocok untuk segmen pasar yang lebih spesifik.

9. Orientasi Produk

Karena clothing lebih mengedepankan sisi praktis, maka desain yang dihadirkan pun lebih simple. Jika kamu orang yang lebih suka fashion up to date, apparel bisa jadi solusi tepat untuk belanja pakaian modis.

10. Desain Produk

Apparel terbilang lebih keren dan beragam. Bisnis clothing memang tidak terlalu memikirkan akan desain yang sesuai dengan tren sekarang.

11. Harga Produk

Karena diproduksi massal otomatis harga pokok produksi (HPP) dari produk clothing jauh lebih rendah dibandingkan dengan apparel yang punya nilai tinggi.

12. Penggunaan Produk

Clothing banyak dibuat untuk kegiatan formal, apparel bisa lebih luas lagi tergantung dari jenis produk yang dihasilkan.

So, itu tadi perbedaan clothing dan apparel yang bisa kamu pertimbangkan dalam industri busana. Untuk memaksimalkan usaha bisnis pakaian dan merchandise-mu, langsung saja hubungi tim Tshirtbar untuk info lebih lanjut dengan klik banner di bawah ini!

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222