5 Penyebab Baju Hitam Luntur dan Cara Mengatasinya

Penyebab baju hitam luntur bisa terjadi karena beberapa faktor. Ada sekian banyak alasan mengapa warna pakaian hitam bisa luntur, tetapi penyebab yang paling umum adalah paparan sinar matahari, panas, bahan kimia, gesekan, dan penggunaan pewarna berkualitas rendah.

Baju hitam jadi salah satu elemen wajib dalam lemari pakaian, tetapi seiring berjalannya waktu, warnanya dapat memudar. Hal ini dapat menimbulkan rasa cemas, terutama jika kamu punya pakaian hitam favorit yang ingin tetap terlihat enak dipandang. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai faktor yang menyebabkan pakaian hitam memudar dan berikan tips untuk mencegahnya.

Apa Saja Penyebab Baju Hitam Luntur?

Pada umumnya, pemudaran terjadi ketika pakaian mengalami gesekan berlebihan, atau karena proses pencucian yang terlalu kasar. Di satu sisi, masih ada faktor yang menyebabkan baju hitam makin luntur. Ini penyebabnya:

1. Mencuci dengan Air Hangat

Menggunakan air yang lebih hangat dapat menghapus zat warna dari serat kain, bahkan memperburuk noda yang sudah ada sebelumnya. Disarankan untuk selalu menggunakan air dingin saat mencuci pakaian berwarna gelap.

Air yang panas akan secara konsisten memudarkan zat warna dan mengakibatkan zat warna lebih cepat luntur dibandingkan dengan penggunaan air dingin.

2. Sinar UV dari Matahari

Balikkan baju agar sisi dalamnya terkena sinar matahari saat dijemur. Menjemur pakaian gelap langsung di bawah sinar matahari dapat membuat warnanya cepat pudar. Sebaiknya jemur di dalam ruangan yang terlindungi dari sinar matahari langsung, atau gunakan mesin pengering.

3. Terlalu Sering Dicuci

Tidak semua pakaian berwarna hitam harus dicuci setiap habis digunakan. Sebaiknya kamu tahu cara yang tepat untuk memakai pakaian hitam sebelum mencucinya. Jika terlalu sering dicuci, baju akan mengalami penyusutan dan warna jadi cepat pudar.

4. Penggunaan Bleaching

Selalu hati-hati ketika akan mencuci pakaian bahkan hanya setitik noda. Produk bleaching memang bisa menghilangkan noda, namun benda ini juga bisa ‘memutihkan’ baju hitam sehingga warna baju tidak jadi sempurna seperti sedia kala.

5. Kualitas Pewarna Tidak Bagus

Produk pakaian hitam di pasaran mungkin menggunakan pewarna yang tidak tahan lama terhadap pencucian atau paparan sinar matahari. Pewarna yang tidak stabil cenderung mudah luntur, akibatnya warna hitam jadi cepat pudar.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bulu di Baju Hitam dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi Baju Hitam Luntur?

cara mengatasi baju hitam luntur

Baju luntur memang jadi hal menyebalkan bagi kita. Apalagi kalau yang pudar itu adalah baju kesayangan. Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi sendiri di rumah dengan cara berikut:

1. Gunakan Pewarna Tekstil

Memakai pewarna seperti Wantex bisa jadi cara paling mudah. Pewarna tersebut sangat mudah ditemui di setiap kota. Wantex adalah produk yang dirancang khusus untuk mengembalikan pigmen warna baju hitam yang pudar. 

Keunggulan dari produk ini adalah tidak akan merusak serat kain. Selain itu ada petunjuk penggunaan yang mudah diikuti, bahkan oleh para pemula.

2. Gunakan Kopi

Cek ke dapur apakah ada persediaan kopi. Jika kamu ingin cara alami, cara ini boleh dicoba. Kamu hanya perlu memasukkan 2-3 gelas kopi pada cucian baju gelap, lalu celupkan dan bilas tanpa air & deterjen.

Selain dengan kopi, kamu juga bisa pakai teh hitam, dengan cara yang sama seperti penggunaan kopi.

3. Gunakan Lemon

Selain kopi atau teh hitam, kamu juga bisa memanfaatkan lemon. Caranya adalah dengan merendam pakaian dalam larutan air lemon selama beberapa jam, kemudian cuci seperti biasa. Metode ini diyakini dapat membantu memperbaiki tingkat gelap warna hitam yang pudar pada pakaian.

4. Gunakan Cuka

Cairan ini juga boleh jadi alternatif. Namun, kamu jangan terlalu banyak pakai cuka. Campurkan air dan cuka dalam air rendaman baju. Lalu cuci seperti biasa dan jemur di tempat yang lebih teduh.

Baca Juga: 3 Cara Mengembalikan Warna Baju Hitam yang Pudar

Bagaimana Cara Merawat Baju Hitam Agar Tidak Luntur?

cara merawat baju hitam agar tidak luntur

Sebagai warna kesayangan semua orang perlu adanya perawatan terbaik pada baju hitam. Ikuti instruksi berikut untuk bisa mempertahankan warna hitam kesayangan:

1. Gunakan Deterjen yang Tepat

Proses mencuci baju pastinya tidak akan lepas dari penggunaan detergen. Gunakan detergen dengan jumlah yang minimal. Sebab penggunaan detergen yang berlebihan dapat menyebabkan warna pudar dan meninggalkan residu pada kain yang membuatnya terlihat kusam.

Lebih baik pakai detergen cair karena bisa mencegah partikel yang tidak larut menempel pada pakaian berwarna gelap, sehingga baju tetap hitam.

2. Jemur Di Tempat Teduh

Ketika kamu menggantungkan pakaian hitam di tali jemuran, pastikan agar pakaian tersebut tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) matahari tidak ideal untuk kain hitam dan dapat mengurangi kualitasnya.

3. Cek Laundry Tag

Biasanya di bagian dalam baju terdapat laundry tag/label. Ikuti cara pencucian yang tertera. Setiap bahan punya cara berbeda, ada yang tidak cocok dengan dry cleaning atau bahkan penggunaan air hangat.

4. Pisahkan Pakaian Hitam

Ketika mencuci, lebih baik pisahkan pakaian hitam dengan warna lainnya. Pigmen hitam lebih memudar dan mungkin bisa terkena warna lain, terutama baju berwarna putih. 

Baca Juga: Baju Hitam Apakah Terasa Lebih Panas Di Siang Hari? Ini Faktanya!

5. Jangan Selalu Dicuci

Mencuci pakaian hitam secara berlebihan dapat mengurangi daya tahan kain. Pakaian hitam akan mempertahankan warnanya jika jarang dicuci. Tak perlu lakukan hal sama dalam mencuci baju berwarna hitam, cukup cuci setelah dua kali pemakaian.

Ya, itu tadi alasan yang jadi penyebab baju hitam luntur dan tips mengatasinya. Selain dari pewarna, bahan baju juga bisa berdampak pada ketahanan warna dan produk. So, pastikan kamu cek Tshirtbar untuk produk baju hitam dengan kualitas terbaik di kelasnya.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224