Last Update: November 19th, 2020 at 3:33 pm

Pentingnya Kegunaan Masker Mulut dalam Pandemi

Selama pandemi kegunaan masker menjadi pusat perhatian banyak orang, semua orang yang hendak keluar rumah harus menggunakan masker mulut. Anjuran ini dikeluarkan oleh WHO dan dilanjutkan oleh semua negara termasuk Indonesia. 

Awalnya masker hanya digunakan untuk dokter atau tenaga medis. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat umum diwajibkan untuk menggunakannya. Mengapa? Karena kegunaan masker mulut ada banyak, berikut selengkapnya.

  1. Mencegah Droplet Menyebar

Saat Anda batuk atau bersin, entah karena ada infeksi Covid-19 atau flu biasa, cairan dari hidung akan keluar. Cairan itu bisa menempel di mana-mana dan terlempar ke orang lain. Kalau hal ini terus terjadi, virus akan menyebar ke mana-mana.

Masker mulut akan mencegah droplet keluar dari sela-sela atau pori masker. Selanjutnya, cairan yang keluar akan menempel di masker. Penyebaran akan berhenti di sana. 

  1. Mencegah Droplet Masuk Area Mulut

Saat berada di kerumunan, kita tidak tahu siapa yang sedang sakit dan sehat. Kalau orang lain batuk atau sekadar bicara, cairan dari mulutnya bisa keluar. Apalagi tidak menggunakan masker. Kemungkinan besar akan mudah terjadi penyebaran.

Droplet yang keluar akan tertahan oleh kain masker. Selama masker yang digunakan memiliki minimal 2 lapis, droplet tidak tembus. Jadi, meski agak dekat dengan orang lain, penularan bisa diminimalkan.

  1. Menghindari Virus di Udara

Kasus Covid-19 pertama yang terjadi di pesawat terbang masih diteliti sampai sekarang. Bagaimana mungkin orang yang duduk agak jauh tetap terkena virus. Kemungkinan besar sirkulasi udara di dalam pesawat membuat virus menyebar ke mana-mana.

Meski belum ada penelitian yang benar-benar bisa dipercaya, tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan masker mulut. Kalau ada virus di udara, kemungkinan masuk ke mulut dan hidung akan rendah. Jadi, virus tidak akan mudah masuk dan menginfeksi.

banner masker mulut kain

 

  1. Menyiasati Kebiasaan Menyentuh Area Mulut

Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan menyentuh area mulut dan hidung. Kalau tangan yang Anda miliki bersih, mungkin tidak akan ada masalah. Namun, kalau tangan habis menyentuh banyak hal, risiko membawa virus akan besar.

Itulah kenapa Anda disarankan untuk sering mencuci tangan. Kalau sewaktu-waktu menyentuh area wajah, risiko terkena virus akan rendah. Apalagi kalau menggunakan masker dan face shield, keamanan bisa lebih terjaga.

  1. Menekan Penyebaran Virus

Kalau semua orang menggunakan masker mulut dan juga pelindung wajah lain, penularan virus akan sulit terjadi. Meski ada yang sakit, dia akan sembuh tanpa harus terus menyebarkan virus ke banyak orang.

Virus bisa diatasi dengan beberapa cara, pertama kalau sudah banyak orang yang kebal, sulit mendapatkan inang, dan sudah ditemukan vaksin. Untuk saat ini, mencegah virus dapat inang baru adalah solusi yang bisa dilakukan.

Mengingat kegunaan masker mulut yang sangat besar, sudah seharusnya kita semua taat dengan aturan. Kalau tidak dimulai dari diri sendiri, kondisi pandemi akan sulit untuk dicegah dan akhirnya berdampak ke banyak orang saat memburuk.

Kalau Anda ingin menggunakan masker mulut yang tetap melindungi dan stylish, kenapa tidak pesan versi cetak saja. Saat ini ada banyak masker dengan desain full print menarik dan sesuai dengan keinginan.

Anda bisa melakukan desain pada masker mulut di Tshirtbar.id. Di sana, berbagai jenis masker mulut dengan desain full print bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Bahan yang digunakan juga berkualitas sehingga Anda bisa melindungi diri dan tampil gaya.

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *