Last Update: October 7th, 2019 at 1:30 pm

Apa itu Sablon? Apa saja Alat yang Digunakannya?

Apakah anda tahu apa itu sablon? Untuk anda yang tahu sablon tapi tidak mengetahui pengertian sablon, berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

 

Pengertian Sablon

Sablon adalah salah satu kata yang sangat familiar didengar dalam bisnis fashion. Hal ini disebabkan karena sablon memberikan variasi berbeda dalam hal pembuatan pakaian dan aksesorisnya. Lalu apa sebetulnya sablon? Sablon adalah sebuah kata serapan dari bahasa Belanda. sablon pada awalnya berasal dari dari kata sjabloon. Dalam bahasa Belanda kata ini memiliki arti template atau templat.

Berdasarkan kata ini pengertian sablon juga bisa didapatkan. jika diambil dari arti serapan tersebut kata sablon memiliki arti hasil cetak yang dibuat dengan menggunakan template. Template ini mengacu pada alat yang digunakan dalam pencetakan yaitu layar atau screen dalam penyablonan.

 

Kegiatan Sablon

Jika dilihat dari pengertian sablon yang sudah disebutkan sebelumnya, kita bisa ketahui bahwa sablon adalah kegiatan mencetak objek dalam bentuk gambar atau tulisan yang dilakukan dengan menggunakan screen atau template di permukaan yang datar dengan media apa saja. media yang biasanya digunakan dalam sablon ini bisa media yang memiliki daya serap tinggi seperti kain, daya serap menengah seperti spanduk dan daya serap minimal seperti plastik.

Dalam sablon, penggunaan media juga mempengaruhi keseluruhan proses penyablonan. Terutama dalam pembuatan screen. Lalu bagaimana dengan cara menyablon ini? untuk menyablon anda bisa melakukannya dengan menggunakan 2 cara, yaitu sablon manual atau dengan menggunakan mesin (sablon digital). Kedua cara ini hingga kini masih sangat populer untuk digunakan.

 

Alat yang Digunakan untuk Melakukan Sablon

Dari pengertian sablon yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa alat yang sudah disebutkan dalam proses menyablon. Ia adalah screen. Screen merupakan alat yang digunakan sebagai cetakan. Dalam proses atau aktivitas sablon, screen ini disebut juga dengan monyl. Monyl adalah salah satu hal yang sangat dipengaruhi dalam penggunaan media cetak. Beda medianya beda juga monyl yang digunakan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, monyl ada 3 jenisnya yaitu monyl kasar, monyl halus dan juga monyl sedang. Monyl kasar adalah monyl yang digunakan untuk mencetak di media yang memiliki daya serap tinggi seperti kain dan kaos, sedangkan monyl sedang biasanya digunakan untuk mencetak diatas media serapan menengah seperti spanduk. Monyl kecil adalah jenis monyl yang terakhir. Biasanya digunakan untuk mencetak pada media yang tidak memiliki serapan atau memiliki serapan minim seperti plastik.

 

Selain membutuhkan monyl, dalam menyablon anda juga akan membutuhkan perlengkapan lainnya seperti :

  • Meja untuk sablon
  • Pelapis tinta
  • Engsel catok agar monyl tidak bergoyang
  • Bingkai monyl
  • Tinta atau rakel
  • dan yang terakhir adalah rak untuk jemur

 

Kelebihan Sablon

Lalu apa saja kelebihan yang dimiliki oleh cara cetak dengan menggunakan sablon ini? kelebihannya antara lain adalah :

 

1. Hasil Konsisten

ketika melakukan pencetakan dengan menggunakan sablon, maka hasil yang bisa didapatkan dapat memiliki bentuk yang konsisten dibandingkan dengan melakukan pelukisan sendiri. Selain itu karena menggunakan screen, maka jumlah cetak yang dihasilkan dapat lebih banyak jumlahnya.

 

2. Harga Lebih Murah

Selain lebih cepat dan juga lebih konsisten hasilnya, dari segi harga sablon juga memiliki harga yang cukup murah. apalagi jika dibandingkan dengan cara cetak massal lainnya.

 

3. Hasil Memuaskan

Selain kelebihan yang disebutkan sebelumnya, menggunakan teknik sablon juga memberikan kepuasan lain karena pembuatannya dapat di variasi seperti pembuatan cetakan glow in the dark, cetakan timbul dan lainnya.

 

Jenis Sablonan

Ada beberapa jenis sablon yang banyak digunakan, diantaranya:

  1. Sablon DTG (Direct To Garment)
  2. Sablon Rubber
  3. Sablon Plastisol
  4. Sablon Discharge
  5. Glow In The Dark

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis sablon di atas silahkan baca pada artikel beragam jenis sablonan.

 

Demikian artikel mengenai pengertian sablon. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat.

 

Artikel Terkait:

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *