Last Update: December 21st, 2020 at 3:16 pm

Pengertian Merchandise dalam Dunia Bisnis

Anda sudah pasti sering menjumpai sebuah benda yang biasanya diberikan secara percuma atau dijual oleh perusahaan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Menurut Anda, benda ini disebut apa sih? Dan kira-kira apa fungsinya bagi perusahaan dalam memproduksi benda ini?

Pengertian Merchandise

Benda di atas lebih dikenal dengan nama merchandise, pengertian dari benda ini adalah “barang untuk dijual” atau “aktivitas mempromosikan produk secara langsung di toko”, tetapi pengertian merchandise perusahaan lebih dari itu. Istilah ini merujuk pada berbagai barang yang diberi logo dan nama perusahaan. Logo tersebut bisa hadir sebagai unsur visual utama, atau sebagai pendukung (misalnya dicetak dalam ukuran kecil untuk menemani ilustrasi lain).

Berbagai Jenis Merchandise

Merchandise memiliki berbagai macam jenis bentuk, beberapa jenis dan contoh merchandise adalah Gantungan kunci, Custom touchless fingere, Money cards, Kaos oblong/t-shirt, Stickers, USB, Mousepad, Kipas tangan, Powerbank, Jam dinding, Jam meja, Jam promosi, Mugs, Tumblers, Topi, Kotak tisu, Smartphone Cases, Pop Socket, ID Cards dan Lanyards. Perusahaan akan sangat sering memproduksi barang-barang ini. Terutama jika ada event perusahaan.

Tujuan Merchandise?

Merchandise berlogo biasanya diberikan pada pelanggan, kolega, atau klien sebagai bentuk tanda terima kasih atas kehadiran di suatu acara atau bentuk apresiasi kepercayaan konsumen. Perusahaan juga biasanya menyimpan barang-barang berlogo sebagai bagian dari stok kantor yang bisa digunakan karyawan. Pertanyaannya: seberapa penting produk ini untuk kesuksesan perusahaan? Dan apa tujuan merchandise lainnya selain tanda apresiasi?

Manfaat atau Fungsi Merchandise Bisnis

Pengertian merchandise bisnis di atas menyiratkan berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh jika memesannya. Siapa sangka dengan memesan merchandise Anda akan bisa mendapatkan keuntungan Inilah beberapa contoh dari manfaat dan fungsi merchandise:

Strategi Media Promosi yang Efektif dan Lebih Murah

Memesan merchandise dalam jumlah besar lebih murah sebagai media promosi karena Anda mendapat harga borongan (bulk price). Hal ini sama dengan memangkas biaya iklan, karena biaya memesan merchandise bisa lebih murah dari beriklan di media besar, misalnya, terutama karena setiap proyek iklan membutuhkan biaya sendiri. Biaya yang lebih murah inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa merchandise menjadi media promosi yang efektif dan bisa membantu kegiatan promosi perusahaan.

Merek/Logo Lebih Dikenal

Mencetak merek atau menampilkan logo perusahaan pada benda-benda fungsional membuat nama bisnis lebih dikenal, terutama jika pemakainya menggunakan benda tersebut setiap hari. Hal ini menekankan unsur pengenalan merek (brand recognition) dan membuat bisnis Anda semakin mudah dikenali. Oleh karena itu, salah satu fungsi merchandise adalah sebagai media untuk menampilkan logo Anda, sangat efektif untuk branding produk atau perusahaan. Merchandise yang unik dan tidak biasa busa menjadi media pembeda dengan perusahaan lainnya.

Lebih Efektif dari Kartu Nama

Banyak orang kurang suka menerima kartu nama atau tidak menganggapnya berguna. Sebaliknya, mencetak identitas perusahaan pada merchandise biasanya lebih bisa diterima karena ada unsur fungsionalnya. Seperti di gantungan kunci.

Memberikan merchandise unik pada pelanggan dan kolega bisa memberi kesan positif. Akan tetapi, pastikan memilih produk yang sesuai dengan identitas perusahaan Anda.

Penarik Perhatian

Merchandise bisa dijadikan magnet sebagai cara potensial untuk mendapatkan kenaikan pengunjung yang akan berkumpul dan mampir ke stand pameran/boot yang sedang dibuka. Terlebih jika dilakukan dalam event perusahaan dan menjadi media promosi.

Strategi Memilih Merchandise Bisnis Secara Tepat

Merchandise yang tidak sesuai dengan identitas atau semangat bisnis Anda bisa menimbulkan kesan janggal bahkan negatif. Hindari hal tersebut dengan mempertimbangkan strategi pemilihan merchandise berikut ini:

Perlakukan Merchandise sebagai Kartu Nama

Merchandise bisnis bukan sekadar hadiah, tetapi juga identitas bisnis. Mereka berfungsi sebagai kartu nama, jadi Anda harus merancangnya sedemikian rupa sehingga fungsinya mirip. Pastikan tidak hanya menyelipkan logo dan nama perusahaan, tetapi juga lokasi, alamat, dan nomor telepon serta alamat email. Bila di desain dengan baik, ini akan membantu membangun citra brand atau citra produk di mata konsumen.

Tentukan Identitas Perusahaan

Sebelum memilih barang, pertimbangkan rincian identitas perusahaan. Kesan apa yang diusung bisnis Anda dalam pemasaran? Apakah ceria, tepercaya, serius, berteknologi tinggi, atau menimbulkan rasa aman? Hal ini bisa membantu dalam menentukan produk yang sesuai dengan gambaran perusahaan. Pastikan juga Anda bisa menampilkan logo perusahaan dalam merchandise. Logo atau merek adalah hal wajib yang harus Anda perhatikan.

Pertimbangkan Demografi Pelanggan

Jika Anda berencana membagikan atau menjual merchandise pada sebanyak mungkin orang, tentukan target pasar potensial dan demografi utamanya. Berapa kisaran usia mereka? Apa latar belakang pendidikan dan ekonomi mereka? Apa yang membuat pelanggan mencari produk Anda? Di mana mereka tinggal? Bagaimana sebuah produk di mata konsumen? Hal ini akan membantu perusahaan menentukan produk paling tepat untuk calon penerimanya.

Buat Penerimanya Merasa “Istimewa”

Ketika memberikan atau mengirimkan merchandise, pastikan penerimanya merasa diistimewakan. Sampaikan pesan bahwa produk tersebut merupakan bentuk penghargaan, misalnya bagi pelanggan/nasabah pertama, hadiah untuk pelanggan loyal, bentuk perayaan ulang tahun perusahaan, dan sebagainya. Hal ini menimbulkan kesan positif ke perusahaan atau merek bisnis Anda.

Baca juga: Pilihan Desain Unik Merchandise untuk Kantor

Pesan Merchandise pada Jasa Lokal Tepercaya

Percayakan pembuatan berbagai jenis merchandise bisnis pada penyedia jasa yang menggunakan metode cetak modern serta bereputasi baik. Jasa cetak seperti Tshirt Bar, misalnya, menghadirkan teknologi UV printing dan cetak sublimasi. Keduanya menghasilkan hasil cetak yang tajam, cemerlang, tidak mudah pudar, dan mulus tanpa pinggiran sehingga tidak terlihat murahan dan bisa menarik perhatian. Salah satu jenis yang paling sering di buat adalah gantungan kunci atau benda menarik yang bisa diletakkan di meja sebgai pernak-pernik.

Setelah memahami pengertian merchandise bisnis, pastikan Anda memilih produk yang tepat. Jadikan merchandise sebagai identitas bisnis sekaligus cara menghargai pelanggan atau klien. Kini Anda bisa langsung membuat merchandise dengan desain custom khusus untuk Anda tanpa minimum order apalagi jika Anda ingin disablon dengan logo perusahaan, ayo buat merhandise khusus untuk Anda sekarang!

banner promo merchandise unik tumbler dan lanyard tali ID card

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *