Pengertian Merchandise dalam Dunia Bisnis

Istilah pengertian merchandise bermakna “barang untuk dijual” atau “aktivitas mempromosikan produk secara langsung di toko”, tetapi pengertian merchandise perusahaan lebih dari itu. Istilah ini merujuk pada berbagai barang yang diberi logo dan nama perusahaan. Logo tersebut bisa hadir sebagai unsur visual utama, atau sebagai pendukung (misalnya dicetak dalam ukuran kecil untuk menemani ilustrasi lain).

 

Merchandise berlogo biasanya diberikan pada pelanggan, kolega, atau klien sebagai bentuk apreasiasi. Perusahaan juga biasanya menyimpan barang-barang berlogo sebagai bagian dari stok kantor yang bisa digunakan karyawan. Pertanyaannya: seberapa penting produk ini untuk kesuksesan perusahaan?

 

Manfaat Memesan Merchandise Bisnis

Pengertian merchandise bisnis di atas menyiratkan berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh jika memesannya. Inilah beberapa contohnya:

 

 

  • Strategi Promosi yang Lebih Murah

 

Memesan merchandise dalam jumlah besar lebih murah karena Anda mendapat harga borongan (bulk price). Hal ini sama dengan memangkas biaya iklan, karena biaya memesan merchandise bisa lebih murah dari beriklan di media besar, misalnya, terutama karena setiap proyek iklan membutuhkan biaya sendiri.

 

 

  • Merek/Logo Lebih Dikenal

 

Mencetak merek atau logo perusahaan pada benda-benda fungsional membuat nama bisnis lebih dikenal, terutama jika pemakainya menggunakan benda tersebut setiap hari. Hal ini menekankan unsur pengenalan merek (brand recognition) dan membuat bisnis Anda semakin mudah dikenali.

 

 

  • Lebih Efektif dari Kartu Nama

 

Banyak orang kurang suka menerima kartu nama atau tidak menganggapnya berguna. Sebaliknya, mencetak identitas perusahaan pada merchandise biasanya lebih bisa diterima karena ada unsur fungsionalnya.

 

Memberikan merchandise unik pada pelanggan dan kolega bisa memberi kesan positif. Akan tetapi, pastikan memilih produk yang sesuai dengan identitas perusahaan Anda.

 

Strategi Memilih Merchandise Bisnis Secara Tepat

Merchandise yang tidak sesuai dengan identitas atau semangat bisnis Anda bisa menimbulkan kesan janggal bahkan negatif. Hindari hal tersebut dengan mempertimbangkan strategi pemilihan merchandise berikut ini:

 

 

  • Perlakukan Merchandise sebagai Kartu Nama

 

Merchandise bisnis bukan sekadar hadiah, tetapi juga identitas bisnis. Mereka berfungsi sebagai kartu nama, jadi Anda harus merancangnya sedemikian rupa sehingga fungsinya mirip. Pastikan tidak hanya menyelipkan logo dan nama perusahaan, tetapi juga lokasi, alamat, dan nomor telepon serta alamat email.

 

 

  • Tentukan Identitas Perusahaan

 

Sebelum memilih barang, pertimbangkan rincian identitas perusahaan. Kesan apa yang diusung bisnis Anda dalam pemasaran? Apakah ceria, tepercaya, serius, berteknologi tinggi, atau menimbulkan rasa aman? Hal ini bisa membantu dalam menentukan produk yang sesuai dengan gambaran perusahaan.

 

 

  • Pertimbangkan Demografi Pelanggan

 

Jika Anda berencana membagikan atau menjual merchandise pada sebanyak mungkin orang, tentukan demografi utamanya. Berapa kisaran usia mereka? Apa latar belakang pendidikan dan ekonomi mereka? Apa yang membuat pelanggan mencari produk Anda? Di mana mereka tinggal? Hal ini akan membantu perusahaan menentukan produk paling tepat untuk calon penerimanya.

 

 

  • Buat Penerimanya Merasa “Istimewa”

 

Ketika memberikan atau mengirimkan merchandise, pastikan penerimanya merasa diistimewakan. Sampaikan pesan bahwa produk tersebut merupakan bentuk penghargaan, misalnya bagi pelanggan/nasabah pertama, hadiah untuk pelanggan loyal, bentuk perayaan ulang tahun perusahaan, dan sebagainya. Hal ini menimbulkan kesan positif ke perusahaan atau merek bisnis Anda.

 

 

  • Pesan Merchandise pada Jasa Lokal Tepercaya

 

Percayakan pembuatan merchandise bisnis pada penyedia jasa yang menggunakan metode cetak modern serta bereputasi baik. Jasa cetak seperti Tshirt Bar, misalnya, menghadirkan teknologi UV printing dan cetak sublimasi. Keduanya menghasilkan hasil cetak yang tajam, cemerlang, tidak mudah pudar, dan mulus tanpa pinggiran sehingga tidak terlihat murahan.

Setelah memahami pengertian merchandise bisnis, pastikan Anda memilih produk yang tepat. Jadikan merchandise sebagai identitas bisnis sekaligus cara menghargai pelanggan atau klien. Kini Anda bisa langsung membuat merchandise khusus untuk Anda tanpa minimum order, ayo buat merhandise khusus untuk Anda sekarang!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *